Share Everything

Cara Mengenali Kematangan Karakter

Cara mengenali kematangan karakter - Dalam perkembangannya karakter (kepribadian) berkembang secara dinamis, artinya selama individu masih bertambah pengetahuannya dan mau belajar serta menambah pengalaman, ia akan memiliki kematangan karakter (kepribadian)


Cara Mengenali Kematangan Karakter


Berdasarkan pengertian dari Gordon (ahli psikologis) menunjukkan corak perilaku individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan akan berbeda-beda.

Contohnya: Perilaku siswa sekolah dasar dalam mengisi waktu luang atau saat tidak ada guru menunjukkan seperti apa kepribadiannya. Ada siswa yang bermain, ada siswa yang mengobrol, ada siswa yang makan, membaca, ingin segera pulang dan lain sebagainya.

Semua perilaku diatas bersifat khas. artinya hanya dimiliki oleh setiap individu masing-masing. Meskipun orang lain memiliki perilaku yang sama akan tetapi pemaknaannya akan berbeda atau mungkin serupa, tetapi pasti ada nilai perbedaannya dalam setiap individu.

Cara Mengenali Kematangan Karakter

Contohnya: Ada orang yang makan karena belum sarapan, ada yang makan karena kesal menunggu teman yang tak kunjung datang, ada yang makan karena ikut teman dalam rangka menghargai saja atau makan hanya untuk mengisi waktu saja.

Dengan demikian dapat dimaknai bahwa karakter (kepribadian) adalah ciri, karakteristik, gaya atau sifat-sifat yang khas dalam setiap individu.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi terbentuknya karakter (kepribadian) dapat terbentuk dari apa yang diterima setiap individu yang berasal dari lingkungannya.
Contohnya: Terbentuk dari keluarga pada masa kecil atau bawaan dari lahir. Jadi, karakter (kepribadian) adalah campuran dari hal-hal yang bersifat fisiologis, psikologis, kejiwaan dan juga yang bersifat fisik.

Karakter (kepribadian): Dapat juga terbentuk atau diwarnai oleh keluarga, maksudnya keluarga dalam hal ini bisa berupa kebiasaan kalimat atau kata-kata yang sering diucapkan oleh orang tuanya. Pujian yang sering didengar, makian sebagai hukuman, merupakan hal yang berkaitan erat dengan terbentuknya karakter (kepribadian) anak dirumah maupun diluar rumah. Motivasi dan contoh yang diperlihatkan keluarganya juga ikut mewarnai terbentuknya karakter (kepribadian) anak tersebut.

Baca juga: Cara Memahami Karakter dari Bentuk & Warna Muka

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda dan setiap jenis karakter juga mempunya kelebihan dan kekurangan. Selain perbedaan tersebut ada beberapa alasan mengapa kita perlu mengenal karakter diri kita maupun orang lain, diantaranya:


Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri

Kita mampu mengetahui kekurangan sehingga mampu menambal dan menyulamnya agar kita dapat meningkatkan secara lebih baik.


Mampu Memposisikan Diri

Dapat menempatkan diri dalam menjalin relasi dengan orang lain, sehingga dapat membantu kesuksesan kita, baik dalam hubungan pertemanan, hubungan pekerjaan maupun hubungan pribadi.


Membantu Berkompromi Dengan Diri Sendiri

Mengenal karakter dapat membantu kita untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi.


Memberikan Kekuatan Jiwa

Mengenal karakter sendiri dapat membantu kita menerima dengan iklas segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita, sekaligus menerima dan bertoleransi terhadap kekurangan dan kelebihan orang lain.

Nah, beberapa alasan diatas menjadi pijakan betapa pentingnya kita mengenali sebuah karakter (kepribadian) Tujuannya adalah untuk menciptakan komunikasi antara dua personal, mampu meredam konflik dan menciptakan interaksi yang baik.

Semoga bermanfaat dan saya ucapakan terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Cara Mengenali Kematangan Karakter

0 komentar:

Post a Comment