Share Everything

Pengertian Blogger dan Media Sosial Pribadi

Blogger dan media sosial pribadi - Pada bulan Januari 1994, Justin Hall seorang siswa Swarthmore, Amerika Serikat(AS) dia adalah orang yang pertama kali memulai blog. Setelah itu, blog kemudian mewabah dan menjadi sesuatu yang menarik.


Istilah blog sendiri merupakan singkatan dari kata web dan log, yang maknanya adalah web yang berisi informasi atau rentetan peristiwa yang terus berlangsung. Oleh sebab itu blog selalu identik dengan konten yang bersifat pribadi.

Weblog sendiri memiliki banyak link, baik link internal maupun eksternal. Link-link ini ditampilkan dalam sebuah list yang berdasarkan urutan kronologis ataupun berdasarkan kategori.

Kata blog sendiri dipopulerkan oleh Peter Merholtz pada bulan April 1998. Peter Merholtz sendiri adalah founder dari open diary yang merupakan diary online dari para penulis seluruh dunia.

Pada awalnya, weblog terdiri dari beberapa komponen manual seperti halnya website pada umumya. Dengan perkembangannya, terdapat beberapa penambahan fitur-fitur baru yang berbeda dengan website.

Misalnya artikel-artikel web yang diposting secara reverse (dari artikel baru hingga artikel lama). Selain itu, adanya thread yang ditujukan untuk mendiskusikan suatu postingan artikel, dan publikasi artikel pun menjadi sangat mudah tanpa harus menggunakan skill khusus.



Pengertian Blogger dan Media Sosial Pribadi


Pengertian Blogger dan Media Sosial Pribadi


Blogger

Adalah seorang penulis (author/writer) bukan hanya pemilik blog saja, melainkan orang yang aktif mengisi blog tersebut dengan karya tulisnya atau yang disebut artikel. Bahkan belum tentu seorang blogger memiliki blog, akan tetapi dia tetaplah seorang blogger walaupun menulis untuk blog orang lain. Begitupun sebaliknya, jika dia memiliki blog tetapi tidak pernah menulis dia bukanlah seorang blogger.




Blogging

Adalah aktivitas menulis, baik di blog maupun menulis komentar pada topik atau artikel tertentu. Sedangkan blogger.com adalah situs layanan gratis pertama kali pada tahun 1999 yang memberikan fasilitas pembuatan jurnal pribadi atau blog. 




Google

Pada tahun 2003 perusahaan google membelinya, dan pada saat itulah blogging menjadi sebuah aktivitas yang banyak peminatnya sehingga bertambah pula jumlah blogger di dunia.Hal ini  berdampak pada semakin pesatnya arus informasi dan luas, serta menjadikan publikasi informasi tersebut menjadi sangat cepat.




Blog

Menjadi alat untuk menyampaikan informasi dengan cara yang mudah dan simple, sehingga memudahkan orang-orang untuk mendapatkan informasi yang singkat dan jelas. Kebanyakan orang yang mencari informasi diblog jarang untuk membaca sepenuhnya, mereka hanya mencari sub poin tertentu yang mereka cari, jika tidak ada mereka akan mencari yang lain. 

Sebagian para blogger menjadi terkenal karena banyaknya penggemar artikel mereka, bahkan hingga keseluruh dunia. Hal ini membuat para perusahaan berminat untuk mempromosikan produk mereka, baik berupa iklan maupun tulisan yang ditampilkan.

Dengan demikian banyak blogger yang mendapatkan uang melimpah dari blogging dan menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan. Adakalanya pendapatan tidak hanya dari iklan, melainkan dengan mengisi acara, misalnya seminar, program bisnis online, dan sebagainya.

Ada pula yang mengatakan, melakukan aktivitas blogging adalah sebuah hobi, karena blogging adalah sarana untuk ekspresi dan komunikasi yang efektif yang mudah untuk menyebar keseluruh dunia. Dengan demikian banyak pula yang terkenal dari mereka dan menjadi buah bibir dalam berbagai forum seminar.

Itulah sedikit pengertian Blogger dan media sosial pribadi, semoga bermanfaat.


Sumber: Cara mudah mengenal & membaca karakter seseorang lewat media sosial

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Pengertian Blogger dan Media Sosial Pribadi

0 komentar:

Post a Comment