Share Everything

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca - Keperluan akan flashdisk memang cukuplah penting bagi beberapa orang. Masalahnya, flashdisk dapat di jadikan area untuk menyimpan data serta file sesaat buat mereka yang memerlukan. Kadang, flashdisk akan begitu bermanfaat untuk jadikan tempat backup untuk file-file penting.

Akan tetapi, ada saatnya dimana flashdisk alami kerusakan hingga tidak terbaca pada laptop atau PC Anda. Oleh karena itu, kesempatan ini saya akan memberikan trik dan tips untuk Anda dalam menangani flashdisk yang tidak bisa dibaca di PC / laptop dengan gampang serta praktis.

Berikut penjelasannya, silahkan baca sampai akhir ya.


5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca


1. Cek Port USB pada PC/Laptop

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Pertama, untuk langkah menangani flashdisk yang tidak bisa dibaca yaitu dengan mengecek keadaan port USB yang akan dipakai. Ada peluang, port USB pada laptop mengalami kerusakan hingga tidak bisa membaca flashdisk Anda.

Untuk mengeceknya begitu gampang, Anda dapat mencolokan flashdisk ke port USB yang berada di laptop lainnya. Bila memang flashdisk dapat bisa dibaca di port USB laptop yang lain, karena itu kemungkinan besar port USB yang berada di laptop Anda memiliki masalah.


2. Cek Flashdisk Anda

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Tidak hanya port USB, Anda juga butuh antisipasi rusaknya yang ada di flashdisk. Anda dapat mengecek keadaan flashdisk yang sekarang tengah Anda gunakan, apa flashdisknya masih tetap bagus atau sudah rusak. Masalahnya bila flashdisk Anda memang alami kerusakan, dengan automatis flashdisk akan tidak dapat dibaca di laptop Anda.

Langkah mengecheck flashdisknya, Anda dapat mencolokan flashdisk lainnya ke port USB yang berada di laptop Anda. Bila flashdisk lainnya sukses dibaca oleh laptop Anda, bermakna memang flashdisk Anda alami crash atau rusak. Jadi, benar-benar sangat lumrah bila flashdisk Anda tidak dapat dibaca oleh laptop, kan?


3. Cek Flashdisk dengan Feature yang Berada di Windows

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Sebetulnya, Windows mempunyai feature untuk lakukan scanning flashdisk. Pemindaian pada flashdisk ini dapat juga melakukan perbaikan atau menangani flashdisk yang memang benar memiliki masalah. Bila ditemukan ada kerusakan, karena itu dengan automatis Windows akan melakukan perbaikan flashdisk kita.

Biasanya, yang mengakibatkan kerusakan flashdisk ialah kedatangan virus. Karena itu, Anda dapat ikuti langkah ini untuk lakukan scanning menjadi salah satu langkah menangani flashdisk yang tidak bisa dibaca. Di bawah ini beberapa langkah praktisnya:

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

  • Colokan flashdisk pada port USB di laptop atau PC Anda.
  • Lalu, Anda dapat click kanan pada lambang Windows serta pilih Disk Management.
  • Lantas, pilih Disk Flashdisk Anda. Disini, Disk yang ada di Flashdisk ada di (E) karena itu kami click kanan pada (E).
  • Sesudah Anda mengeklik kanan, pilih properties serta akan automatis muncul Windows baru.
5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca
  • Lantas, Anda dapat click tools serta pilih feature cek.
5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca
  • Paling akhir, Anda dapat click scan and repair drive serta tunggu sesaat sampai tuntas.

Nah, sesudah Anda lakukan scanning karena itu Anda dapat coba lagi dengan mencabut flashdisk serta mencolokannya lagi ke port USB. Sekarang, flashdisk Anda telah sukses bisa dibaca di laptop kan?


4. Format Flashdisk dengan CMD

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Jika sudah melakukan cara diatas,, tetapi flashdisk masih tidak bisa dibaca. Tenang saja, Saya masih punya cara untuk menangani flashdisk yang tidak bisa dibaca, yaitu lewat cara meniadakan alias lakukan format pada flashdisk Anda.

Ya, memang langkah yang satu ini termasuk berlebihan ditambah lagi Anda mempunyai banyak file terpenting di flashdisk. Akan tetapi, langkah tersebut dapat juga dimaksud langkah yang efisien, karena bisa jadi didalam flashdisk Anda menyebar virus yang membuatnya tidak terbaca di PC atau laptop.

Lantas, bagaimana triknya lakukan format bila flashdisknya saja tidak terbaca? Gampang kok, karena Windows miliki feature CMD yang dapat menolong Anda untuk lakukan format lagi pada flashdisk. Ingin mencoba langkah ini? Silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, colokan flashdisk pada port USB yang berada di PC.
  • Bila telah terpasang, Anda dapat click Windows serta langsung tulis Sesudahnya, akan muncul Windows CMD dengan automatis.
  • Saat ini, Anda dapat ketikan FORMAT F: /FS:FAT pada CMD itu. Perlu untuk diketahui, jika huruf  F yang ada dibagian pertama formatnya memberikan tempat flashdisk. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya dengan tempat flashdisk masing-masing, karena tempat flashdisk dapat berlainan. Ada yang di F, E, atau D.
  • Diakhir, Anda sekarang cuma butuh mengeklik enter. Dengan automatis, flashdisk Anda akan diformat oleh Windows serta meniadakan semua file yang berada di flashdisk itu.



5. Format Flashdisk dengan Disk Management

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Disk Management dapat juga jadi salah satunya jalan keluar untuk Anda yang alami permasalahan flashdisk tidak bisa dibaca. Ya, langkah tersebut akan meniadakan atau lakukan format untuk semua file yang ada di flashdisk Anda.

Pada langkah awal mulanya, Disk Management ini dapat untuk lakukan scanning and repair drive. Akan tetapi, kesempatan ini saya akan membahas langkah melakukan format flashdisk di Disk Management. Berikut langkah yang perlu Anda ikuti:
  • Seperti biasa, Anda mesti menempatkan flashdisk ke laptop atau PC Anda.
  • Lalu, click menu windows serta langsung ketikan msc. Dengan automatis, akan langsung muncul jendela program compmgmt.
  • Kemudian, Anda langsung bisa click menu Disk Management.
  • Jika sudah, maka secara automatis akan muncul jendela Disk Management dengan beberapa info tentang semua partisi yang berada di laptop / PC Anda, termasuk juga flashdisk.
  • Nah, sekarang Anda cuma butuh pilih sisi partisi flashdisk, baik itu di E, F, D, atau yang lain. Yakinkan Anda pilih tempat flashdisk bukan tempat hardisk, ya. Bila salah pilih tempat flashdisk, nanti malah akan mem-format partisi hardisk.
  • Sesudah Anda meyakini dengan tempat flashdisknya, sekarang Anda dapat click kanan serta pilih feature format.
  • Terkahir, tunggu sampai proses penghilangan serta format tuntas. Sekarang, flashdisk Anda telah sukses diformat. Gampang, kan?

Demikianlah cara-cara menangani flashdisk yang tidak bisa dibaca di laptop atau PC dengan mudah. Anda dapat mencoba salah satu trik diatas. Akan tetapi, bila Anda memiliki cara yang lain, silahkan share di kotak komentar, ya. Mudah-mudahan bermanfaat, terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter

0 komentar:

Post a Comment