Share Everything

Arti Kedutan Menurut Sudut Pandang Ilmiah

Arti Kedutan Menurut Sudut Pandang Ilmiah - Apakah kamu pernah mengalami kedutan? Kelihatannya hampir semua orang mengalami kedutan. Tahukah kamu, jika kedutan itu memiliki arti, atau makna buat orang yang merasakannya? Konon kedutan yaitu suatu "sinyal" atau tanda dari badan yang diperuntukkan untuk memberikan teguran pada pemilik badan akan datangnya "suatu hal baik atau buruk". Apakah benar demikian?

Umumnya kedutan yang sering kita alami dibagian mata dan berlangsung hanya dalam hitungan detik saja, alias tidak terlalu lama. Akan tetapi banyak yang meyakini ini adalah tanda-tanda datangnya rezeki atau juga bisa mendapatkan bencana atau permasalahan.

Namun berbeda lagi jika kita melihat arti kedutan dari sudut pandang ilmiah, lalu apa artinya? Nah kesempatan ini kami akan mengupas lebih jauh mengenai makna kedutan dari pemikiran ilmiah. 


Arti Kedutan Menurut Sudut Pandang Ilmiah

Arti Kedutan Menurut Sudut Pandang Ilmiah

Kedutan di sekitar mata secara medis dikenal dengan arti Blepharospasm dipersingkat Beb, adalah satu kontraksi otot yang tidak termonitor yang mengakibatkan kontraksi syaraf di sekitar mata.

Biasanya kedutan akan hilang dengan sendirinya, umumnya hanya berlangsung beberapa kali dalam satu hari, serta periode waktunya tidak terlalu lama, beberapa menit, atau beberapa waktu saja.

Akan tetapi jika kedutan berlangsung dengan terus menerus (tanpa henti) dan berlangusng lumayan lama, ini bisa jadi adalah masalah syaraf.


Pemicu Kedutan 

Menurut beberapa pakar medis, kedutan bukan suatu penyakit atau masalah yang serius, alias tidak terlalu beresiko, mereka setuju jika kedutan ialah bentuk protes anggota badan dikarenakan terlalu capek atau stress.

Untuk menghilangkan kedutan kita cuma butuh mengistirahatkan badan saja. Nah untuk lebih jelasnya kita kupas yuk, apa saja sih pemicu kedutan menurut pakar medis;


1. Kelelahan / Kecapekan 

Badan yang sangat lelah adalah salah satunya pemicu kedutan yang seringkali didapati, waktu seseorang melakukan banyak pekerjaan yang menguras tenaga, jadi kemungkinan besar dia akan alami kedutan.

Perihal ini dipicu oleh syaraf-syaraf pada tubuh yang sebetulnya perlu di istirahatkan akan tetapi dipaksa untuk bekerja.


2. Stress 

Penyebab kedutan yang selanjutnya adalah aspek psikologi, seseorang yang mempunyai banyak pikiran umumnya akan merasa stress, di tempat ini beban pikiran bertambah, serta menyebabkan syaraf bereaksi.

Biasanya mereka yang tengah banyak permasalahan seringkali alami kedutan, baik itu di seputar mata, maupun di dekat bibir.


3. Mengkonsumsi Cafein yang Berlebih 

Cafein umumnya banyak ditemukan di minuman kopi, konsumsi kopi terlalu berlebih menjadi salah satunya pemicu timbulnya kedutan, terutama kedutan di sekitar mata, baik dikelopak mata sisi bawah ataupun atas.

Perihal ini karena disebabkan waktu kita konsumsi cafein yang berlebih, menyebabkan desakan pembuluh darah akan bertambah.


4. Iritasi 

Anggota tubuh yang sering alami kedutan dapat juga karena disebabkan iritasi, baik pada mata, kulit wajah, pipi, ataupun hidung. Waktu benda 'aneh' mengenai kulit badan, umumnya badan akan bereaksi, salah satu bentuk reaksinya adalah syaraf-syaraf di bawah kulit yang berkedut-kedut.


5. Kurang Tidur (istirahat) 

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan kedutan ialah minimnya waktu untuk istirahat (tidur), tiap-tiap organ tubuh kita perlu waktu istirahat untuk melakukan proses pergantian otot serta syaraf.

Jika kita memotong atau kurangi waktu istirahat menyebabkan proses pemulihan jadi kurang prima, perihal ini bisa menyebabkan munculnya kedutan di beberapa bagian tubuh.


6. Nutrisi yang Tidak Seimbang 

Mengkonsumi makanan yang tidak seimbang menjadi salah satunya penyebab timbulnya kedutan, misalnya saja kedutan di seputar mata, biasanya waktu mata sangat capek, kita mesti banyak beristirahat, atau konsumsi nutrisi untuk mengimbanginya. Jika salah satunya saja tidak tercukupi, ada kemungkinan membuat seseorang alami kedutan.

Dari rincian di atas bisa kita simpulkan bahwa kedutan adalah bentuk reaksi tubuh atas suatu hal yang tidak seimbang. Misalnya; kurang istirahat, kecapekan, stress dan nutrisi yang tidak seimbang.

Itulah arti kedutan menurut sudut pandang ilmiah. Jika kamu suka dengan artikel ini silahkan share ke media sosial kamu lewat tombol dibawah ini. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Arti Kedutan Menurut Sudut Pandang Ilmiah

0 komentar:

Post a Comment