Jenis-jenis Rom Xiaomi yang Beredar di Pasar Indonesia

Jenis Rom Xiaomi yang Beredar di Pasar Indonesia - Buat anda yang telah lama mengenal piranti computer kelihatannya tidak asing dengan arti ROM, tidak jauh dengan computer piranti mobile juga ada arti ROM yang pengertiannya hampir sama.

ROM di piranti mobile ialah kependekan dari Read Only Memory atau piranti keras yang berperan menjadi ruang penyimpanan yang cuma bisa dibaca oleh piranti di mana didalamnya tersimpan firmware atau sistem operasi.

"Untuk permasalahan ROM di ponsel xiaomi tidak hanya rom resmi ada juga xiaomi dengan rom palsu". Salah satu sebabnya karena xiaomi yang tersebar di market indonesia tidak semua dihadirkan melalui jalan resmi, beberapa ada yang dihadirkan melalui jalan tidak resmi/black market, tidak tahu untuk arah hindari pajak atau karena xiaomi yang dipasarkan tidak mempunyai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dan lain-lain.

Hadirnya xiaomi yang hadir melalui jalan tidak resmi membuat ROM ponsel xiaomi banyak dimodifikasi oleh distributor nakal untuk mencari keuntungan, hingga sering sistem xiaomi yang tersebar di market indonesia mempunyai berbagai macam ROM, ada ROM original serta Rom abal-abal hasil modifikasi.

Buat anda pengagum gadget yang akan memilih membeli ponsel xiaomi, pengetahuan mengenai type ROM xiaomi mesti betul-betul anda pahami, karena bila tidak anda bisa jadi memperoleh xiaomi dengan ROM yang tidak original yang mempunyai banyak masalah.


Beberapa Jenis ROM Xiaomi yang Beredar di Pasar Indonesia

Jenis-jenis Rom Xiaomi yang Beredar di Pasar Indonesia

Ada banyak type ROM xiaomi yang beredar di market indonesia, yang bisa digolongkan seperti berikut:


A. ROM Xiaomi Resmi / Original

Type rom xiaomi yang pertama ialah ROM official atau ROM resmi dari xiaomi, ROM type ini adalah ROM original dari xiaomi serta begitu recomended untuk dimiliki.

Jadi buat anda yang akan membeli ponsel xiaomi, yakinkan ponsel xiaomi anda tidak hanya mempunyai garansi resmi tetapi juga mempunyai ROM resmi, karena xiaomi dengan ROM resmi performnya akan begitu optimal serta terjamin.

ROM Resmi xiaomi terbagi dalam beberapa macam salah satunya:


1. ROM Cina Official

ROM official cina adalah salah satunya ROM resmi dari xiaomi, ROM type ini banyak disematkan pada piranti xiaomi yang di pasarkan di negara cina.

Ciri - ciri xiaomi dengan ROM Official Cina resmi ialah seperti berikut:
  • Cuma ada pilihan bahasa Cina serta Inggris.
  • Umumnya di dalamnya belum terinstal google play-store serta belum terpasang aplikasi standard google yang lain, jadi sebagai gantinya hanya menyediakan mi store.
  • Pada informasi kode miui version / versi miui di halaman pengaturan memiliki kandungan 3 titik serta ada kode CN.

Jadi buat anda pemakai ponsel xiaomi yang di pengaturannya cuma ada pilihan bahasa Cina serta Inggris saja, kemungkinan ponsel xiaomi anda memakai ROM Cina.


2. ROM Global Official

Type ROM xiaomi original ke-2 ialah xiaomi dengan ROM global official, xiaomi type ini adalah xiaomi dengan ROM resmi yang ditujukan untuk market dunia, xiaomi dengan ROM global official begitu direferensikan buat anda pilih untuk pemakai Indonesia.

Ciri - ciri ROM Global Official ialah seperti berikut:
  • Pada pengaturan bahasa ada pilihan semua bahasa dunia termasuk juga indonesia.
  • Biasanya di dalamnya telah ter-instal aplikasi google play-store serta aplikasi standard dari google yang lain untuk piranti android.
  • Pada informasi kode miui version / versi miui di halaman pengaturan memiliki kandungan 3 titik.

3. ROM Cina Developer

Type ROM xiaomi resmi ke-3 ialah ROM Cina developer, sama seperti dengan ROM Cina Official, akan tetapi ROM type ini ditujukan untuk pengujian sistem xiaomi untuk arah peningkatan sistem xiaomi.

Ciri  -ciri xiaomi dengan ROM Cina Developer seperti berikut:
  • Cuma ada pilihan bahasa Cina serta Inggris.
  • Umumya di dalamnya belum ter-instal google play-store serta belumlah terpasang aplikasi standard google yang lain, sebagai gantinya hanya menyediakan mi store.
  • Pada informasi kode miui version / versi miui ada tulisan BETA
  • Memperoleh jadwal up-date aplikasi serta jadwal up-date sistem miui bertambah cepat bila dibanding dengan ROM Cina Official atau ROM Global Official.

4. ROM Global Developer

Type ROM resmi xiaomi yang ke-4 ialah ROM Global Developer, ROM type ini hampir sama dengan ROM Global Official serta ada bahasa Indonesia nya, akan tetapi ROM type ini ditujukan untuk arah pegujian untuk peningkatan sistem xiaomi, ROM type ini dapat jadi salah satunya pilihan anda.

Ciri - ciri ROM Global Developer seperti berikut:
  • Pada pengaturan bahasa ada pilihan semua bahasa dunia termasuk juga indonesia.
  • Biasanya di dalamnya telah ter-instal aplikasi google play-store serta aplikasi standard dari google yang lain untuk piranti android.
  • Pada informasi kode miui version / versi miui di halaman pengaturan ada tulisan BETA
  • Memperoleh jadwal up-date aplikasi serta jadwal up-date sistem miui bertambah cepat bila dibanding dengan ROM Cina Official maupun ROM Global Official.

B. ROM Xiaomi Palsu / Abal-abal

ROM xiaomi jenis ke dua ialah ROM xiaomi palsu atau ROM abal-abal, ROM type ini seringkali juga dimaksud sebagai ROM sampah, ya mungkin karena sangat banyak masalah di dalamnya.

Xiaomi dengan ROM type ini sebetulnya awalnya adalah xiaomi yang mempunyai ROM resmi, akan tetapi karena ROM resmi dimodifikasi oleh pihak distributor membuat ROM type ini menjadi ROM yang sangat banyak mempunyai kekurangan hingga tidak original lagi.

ROM xiaomi palsu kadang tidak hanya dimodifikasi, ada juga yang di injek kode iklan untuk arah memperoleh keuntungan buat pihak distributor.

Akan tetapi tidak semua ROM distributor di injek kode iklan ada pula yang performnya seperti xiaomi ROM resmi biasanya, akan tetapi sistem xiaomi telah alami beberapa modifikasi.

ROM xiaomi type ini mestinya jangan dibeli, karena di dalamnya umumnya mempunyai banyak bug serta kekurangan yang lain.


Ciri - ciri ROM Xiaomi Palsu adalah seperti berikut:

  • Pada kode versi MIUI di halaman pengaturan about memiliki kandungan 4 titik.
  • Di kode miui memiliki kandungan kode CN (ini sebetulnya ciri ROM Cina), akan tetapi dipengaturan bahasa ada pilihan bahasa indonosia.
  • Saat piranti xiaomi tengah dipakai, kadang banyak muncul iklan tidak diduga yang tidak diinginkan.
  • Piranti tidak dapat lakukan up-date MIUI lewat aplikasi updater bawaan xiaomi.

Apa xiaomi dengan ROM abal-abal dapat ditukar / di upgrade jadi ROM resmi ?

Tentunya bisa, bila diharapkan buat anda yang terlanjur mempunyai xiaomi rom palsu dengan beberapa ciri diatas sebetulnya dapat ganti ROM xiaomi itu dengan ROM Blobal Official resmi dari xiaomi lewat flashing.

Anda dapat memperoleh ROM original xiaomi di website mi.com/Download, anda dapat pilih ROM xiaomi yang baru direlese sama dengan versi xiaomi yang anda pakai.


Jenis ROM Xiaomi apa yang cocok untuk pemakai Indonesia ?

Dari beberapa macam ROM xiaomi yang ada seperti yang diterangkan diatas, tentunya piranti xiaomi terbaik ialah xiaomi dengan ROM Resmi / Oficial.

Akan tetapi ROM xiaomi yang sangat cocok ialah xiaomi dengan ROM Global Official, karena di dalamnya telah ada pilihan bahasa dunia termasuk juga indonesia, diluar itu di dalamnya telah terinstal aplikasi google play-store serta aplikasi standard google yang lain untuk piranti mobile hingga pemakai tak perlu repot meng-instalnya satu-satu.


Apakah ROM Xiaomi saya Asli atau Palsu bagaimana membedakannya ?

Sebetulnya jika anda tau ciri-cirinya anda akan lebih gampang membedakan piranti xiaomi asli atau palsu.

Tidak hanya beberapa ciri diatas, anda dapat mengetahui xiaomi asli atau palsu lewat kode di miui version / versis MIUI di pengaturan piranti xiaomi anda.

Nah, itulah jenis-jenis ROM Xiaomi yang beredar dipasaran Indonsia, mudah-mudahan anda tidak salah lagi dalam memilih smartphone xiaomi. Semoga bermanfaat..
Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Artikel Terkait : Jenis-jenis Rom Xiaomi yang Beredar di Pasar Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top