10 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Bukan rahasia lagi, jeruk sangat kaya akan vitamin C. Tapi tahukah Anda bahwa manfaat jeruk juga berasal dari kulit? Satu jeruk dan kulitnya mengandung lebih dari 60 flavonoid dan 170 fitonutrien yang berbeda. Bahkan, kulit jeruk juga berkhasiat untuk kecantikan, mulai dari menghaluskan kulit hingga membuatnya lebih bercahaya.

10 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Berikut ini kami akan membagikan 10 faedah kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda coba dirumah.

1. Menyegarkan Udara dalam Rumah

Cobalah merebus kulit jeruk kering, kayu manis, dan kapulaga. Ini akan menyegarkan pikiran dan udara di rumah Anda.

10 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Jika Anda tidak memiliki kayu manis dan kapulaga, cukup rebus kulit jeruk dalam panci dengan api kecil dan biarkan sampai mendidih. Nah, uap yang keluar dari rebusan kulit jeruk inilah yang berguna untuk mengharumkan ruangan. Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Saat Puasa

2. Menurunkan Kolesterol

Kulit jeruk dapat mengurangi kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Kebanyakan orang tahu bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kandungan pektin dalam kulit jeruk akan membantu mengurangi kolesterol, serta mengurangi tekanan darah tinggi. Yang perlu Anda lakukan adalah minum teh kulit jeruk dua kali sehari.

3. Perawatan Wajah

Kulit jeruk juga dapat digunakan untuk perawatan wajah seperti menghilangkan komedo, sel-sel kulit mati, jerawat dan menutup pori-pori.

Manfaat ini juga bisa didapat jika kulit jeruk dikombinasikan dengan susu. Manfaat lain adalah bisa menghaluskan kuku Anda dengan cara menggosokkan kulit jeruk ke kuku Anda.

4. Perawatan Rambut

Tidak terlalu bagus, memiliki rambut yang penuh ketombe. Lebih tidak menyenangkan lagi, jika semua pakaian yang dimiliki berwarna hitam. Namun tidak perlu khawatir dengan masalah ketombe, karena ada kulit jeruk.

Untuk mendapatkan manfaat dari kulit jeruk ini, Anda bisa melakukannya dengan melunakkan kulit jeruk dan mengoleskannya ke kulit kepala. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, biarkan semalaman.

Kulit jeruk juga berperan dalam mengatasi masalah ketombe, tetapi juga mampu memerangi kerontokan dan membuat rambut sehat dan bercahaya. Ini membantu membersihkan kulit kepala dan bertindak sebagai kondisioner yang sangat baik.

5. Masalah Pencernaan

Untuk masalah pencernaan, kulit jeruk bisa menjadi solusi. Kandungan serat pangan yang tinggi pada kulit jeruk sangat berguna untuk mencegah sindrom iritasi usus, termasuk sembelit dan perut kembung. Caranya dengan mencampurkan ekstrak kulit jeruk kedalam teh hangat lalu bisa Anda minum.

6. Masalah Pernapasan

Jus jeruk penuh vitamin C, merupakan pendorong peningkatan kekebalan untuk sistem kekebalan tubuh. Anti-oksidan pada jeruk, terutama vitamin C dapat membantu mencegah berbagai masalah pernapasan seperti tanda-tanda bronkitis, pilek, flu, tanda-tanda asma dan paru-paru.

7. Mengobati Flu, Deman serta Infeksi

Kulit jeruk adalah sumber terbaik yang memiliki kandungan vitamin C dan A, keduanya merupakan sumber anti-oksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh.

8. Mengatasi Bau mulut

Kuit jeruk juga bisa Anda manfaat sebagai penghilang bau mulut. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengunyah kulit jeruk secara perlahan agar bau mulut Anda bisa teratasi. Baca Juga: Cara Setting Kontrol Game Free Fire

9. Obat Diet

Vitamin C terbukti dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Dalam proses diet Anda, ganti kopi atau soda yang sering Anda konsumsi dengan teh kulit jeruk. Keringkan beberapa kulit jeruk organik, di tempat yang sejuk dan kering.

Masukkan 1 sendok makan kulit kering ke dalam 1 gelas air panas. Tutup gelas dan diamkan selama 10 menit. Buang kulitnya dan tambahkan beberapa sendok madu. Minumlah 2 cangkir teh per hari secara teratur.

10. Memutihkan Gigi

Pernah merasa terganggu dengan gigi yang menguning? Memanfaatkan kulit jeruk adalah jawaban yang tepat. Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning gigi karena berbagai hal.

Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal semacam ini secara teratur dua kali sehari, maka gigi Anda akan memutih lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel