5 Manfaat Daun Dadap untuk Kesehatan Tubuh

Daun dadap yang memiliki nama ilmiah Erythrina Variegata sering digunakan oleh masyarakat (terutama di Indonesia) sebagai tanaman pembatas dan biasanya ditanam di depan atau samping halaman. Manfaat lain dari daun dadap bagi manusia adalah untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

5 Manfaat Daun Dadap untuk Kesehatan Tubuh

Di Indonesia, daun dadap memiliki banyak nama di setiap daerah, seperti galala itam, deris, dalungdung, dada ayam, dadap laut dan masih ada banyak nama panggilan untuk tanaman yang satu ini. Menurut informasi yang diperoleh dari kata-kata dokter, saat ini daun dadap telah digunakan oleh beberapa ahli sebagai obat herbal.

Manfaat Daun Dadap untuk Kesehatan

Berdasarkan hasil penelitian tahun 1980 mengatakan, bahwa daun dadap mengandung protein dan nirogen dengan jumlah yang sangat tinggi. Selain itu daun dadap juga mengandung berbagai senyawa seperti alkaloid, eritrine, arithramine, arithradine, erisophine, hypaphorine, anti-inflamasi, anti-piretik, dan anti piretik. Baca Juga: Manfaat Daun Mint dan Seledri untuk Kulit Wajah

Dengan berbagai ramuan ini, jangan heran jika daun dadap memiliki segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan, terutama di dunia pengobatan. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya:

1. Melancarkan Menstruasi

Di Indonesia masih banyak wanita yang sering mengalami rasa sakit saat datang bulan atau menstruasi, bahkan tidak sedikit rasa sakit ini membuat wanita menangis kesakitan. Faktor utama, munculnya rasa sakit disebabkan oleh siklus menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur. Baca Juga: Cara Alami Atasi Bau Mulut

Untuk mengatasi masalah ini, wanita dapat secara rutin minum daun air rebusan dadap sebelum menstruasi berakhir. Mengapa menggunakan daun dadap? Kandungan senyawa dalam daun dadap, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan memperlancar siklus menstruasi.

2. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Daun dadap dipercaya bisa mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Secara medis, Hipertensi adalah jenis penyakit berbahaya, meskipun sepele penyakit ini dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit jantung, stroke, dan bahkan pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan kematian mendadak.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah (Diabetes)

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan Anda berpotensi terkena diabetes mellitus. Secara medis, diabetes adalah jenis penyakit berbahaya dan sulit disembuhkan, oleh karena itu, sebelum Anda benar-benar terserang penyakit ini, Anda harus menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

4. Mengurangi Risiko Keguguran

Manfaat lain dari daun dadap adalah memperkuat kandungan, sehingga akan mencegah keguguran pada wanita hamil muda. Caranya, Anda tinggal meminum 1 gelas air rebusan daun dadap dalam 3 hari.

5. Melancarkan Produksi ASI

Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun dadap juga memiliki khasiat dalam melancarkan dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Caranya, Anda cukup minum air rebusan daun dadap secara teratur setidaknya satu gelas per hari. Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan & Kecantikan

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai manfaat daun dadap untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel