8 Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Banyak orang bertanya tentang bagaimana mengatasi bau mulut saat berpuasa? Walaupun sebenarnya itu adalah hal yang wajar, namun bagi sebagian orang merasa tidak nyaman jika bau mulut.

Terutama bagi mereka yang berkomunikasi cukup banyak dalam kegiatan sehari-hari mereka. Bau mulut alami membuat mereka kurang percaya diri ketika harus berbicara.

8 Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Jika Anda salah satunya, tidak perlu khawatir karena Anda telah menemukan artikel yang tepat. Berikut akan ditinjau tips yang terbukti efektif dalam mengatasi bau mulut saat puasa yang sangat praktis untuk dicoba.

Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Agar bau mulut tidak bertambah buruk, Anda harus mengatasinya dengan baik. Karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut Anda saat puasa agar tidak menjadi bau mulut.

Banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut. Untuk itu simak penjelasan 8 cara atasi bau mulut saat puasa dibawah ini:

1. Menggunakan Teh Hijau Pahit

Teh hijau kini semakin disukai orang sebagai seduhan. Selain memiliki manfaat yang cukup untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata teh ini juga bisa efektif dalam mengatasi bau mulut.

Karena kandungan polifenol di dalamnya terbukti efektif dalam menangani bakteri di mulut. Tetapi ingat, Anda harus mengkonsumsinya tanpa gula.

2. Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi yang menebal juga merupakan salah satu tempat bersarangnya bakteri yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut.

Bagi Anda yang memiliki karang gigi, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengatur jadwal pembersihan.

Karena jika nanti bersih, bau mulut Anda juga akan berkurang dan mulut Anda juga akan terasa lebih segar.

3. Minum Air Putih yang Banyak

Siapa yang menyangka bahwa dengan mengonsumsi lebih banyak air dapat mengatasi bau mulut saat berpuasa?

Hal ini karena air akan mendorong produksi air liur lebih banyak. Karena itu, mulut akan tetap bersih dan bau mulut juga bisa berkurang.

4. Menyikat Gigi Secara Teratur

Sisa-sisa makanan yang Anda makan akan menumpuk di antara gigi Anda dan kemudian menjadi sarang bakteri. Itu menyebabkan bau yang tidak enak saat bernafas atau berbicara.

Karena itu harus rutin menyikat gigi saat puasa agar kebersihan gigi tetap terjaga. Tidak masalah menyikat gigi saat berpuasa selama airnya tidak tertelan.

5. Membersihkan Lidah

Meskipun gigi Anda bersih dari sisa makanan tetapi jika lidah Anda kotor, bau mulut masih bisa muncul.

Karena itu membersihkan lidah adalah salah satu cara mengatasi bau mulut ketika puasa juga penting dilakukan.

Tetapi karena lidah memiliki bagian yang sensitif, gunakanlah alat yang harus digunakan untuk membersihkan lidah.

6. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur telah menjadi solusi umum yang digunakan untuk membunuh bakteri di dalam mulut. Karena itu dapat menjadi salah satu cara efektif untuk menghindari bau mulut.

Apalagi jika Anda berkumur setelah menyikat gigi, efektivitasnya akan semakin tinggi. Tetapi penting untuk dicatat bahwa obat kumur yang digunakan harus tanpa alkohol.

7. Menggunakan Benang Gigi

Objek tipis ini juga dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut saat puasa karena kemampuannya membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

Dengan cara itu akhirnya bisa mencegah bakteri bersarang dan menyebabkan bau mulut. Karena dapat dipahami bahwa sisa makanan yang membusuk di antara gigi dapat menjadi titik bagi bakteri untuk berkembang biak.

8. Berolahraga Secara Teratur

Memang ini terdengar cukup sulit, karena biasanya puasa membuat tubuh kita lemas dan akhirnya juga lebih malas berolahraga.

Namun sebenarnya ini justru bisa membantu mengatasi bau mulut saat puasa karena zat beracun yang keluar saat berolahraga.

Jika Anda merasa berat, Anda dapat memilih olahraga yang lebih ringan sehingga Anda tidak lemas dan dehidrasi.

Faktor Penyebab Bau Mulut

Bau mulut memang bisa terjadi pada siapa saja. Penyebab bau mulut juga bervariasi, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan bau mulut.

1. Makanan Lengket

Makanan lengket di gigi juga bisa menjadi penyebab bau mulut karena sisa-sisa yang menempel pada gigi bisa membusuk dan menjadi sarang bakteri.

Jika Anda ingin makan makanan lengket seperti cokelat, pastikan itu seimbang dengan menyikat gigi secara teratur. Sehingga untuk memastikan tidak ada sisa cokelat yang masih menempel di gigi.

2. Makanan Berbau

Jelas bahwa Anda makan makanan yang baunya kurang enak akhirnya menyebabkan bau mulut. Meskipun makanannya terlihat sangat enak, seperti jengkol, pete dan lain sebagainya. Anda harus bisa menahan diri.

3. Terlalu Banyak Tidur

Saat kita tidur, mulut akan terasa kering. Hal inilah yang membuat kita merasa haus saat bangun tidur dan menimbulkan bau mulut saat bangun tidur.

Untuk itulah, jangan terlalu banyak tidur untuk menjaga bakteri tidak berkembang biak saat kita terlalu banyak tidur. Apapun itu, jika berlebihan pasti tidak baik untuk kesehatan kita.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi bau mulut saat puas, yang terpenting adalah jangan malas untuk membersihkan gigi dan jaga pola makan agar bau mulut Anda bisa hilang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel