Konsumsi Makanan Ini! Agar Anda Terhindar dari Bau Mulut Saat Puasa

Ada beberapa penyebab bau mulut saat berpuasa. Seperti terjadinya infeksi atau radang di paru-paru karena cairan pencernaan akan tetap keluar meski tidak ada makanan yang dikelola. Ini akan memengaruhi lapisan perut sehingga timbul bau tak sedap seperti bau makanan basi dan sariawan yang memperparah bau mulut.

Konsumsi Makanan Ini! Agar Anda Terhindar dari Bau Mulut Saat Puasa

Bagi Anda yang berinteraksi dengan orang lain setiap hari, masalah ini sangat mengganggu. Bau mulut saat berpuasa akan mengurangi rasa percaya diri, mengganggu orang lain dan menyebabkan penyakit seperti sariawan sehingga Anda tidak nyaman akan hal ini. Karena itu Anda harus mengetahui beberapa jenis makanan yang bisa menghilangkan bau mulut saat berpuasa, sebagai berikut:

1. Mengkonsumsi Yogurt

Yoghurt adalah salah satu makanan yang bisa menghilangkan bau mulut saat puasa. Ini karena yogurt mengandung probiotik dalam bentuk bakteri baik yang dapat melawan dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat di rongga mulut. Bakteri baik ini akan membuat rongga mulut lebih sehat dan tidak menghasilkan bau busuk.

2. Atasi Bau Mulut dengan Teh Hijau

Teh hijau bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut saat puasa karena mengandung antioksidan dalam bentuk polifenol. Antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu teh hijau juga mengandung zat aktif yang disebut catechin yang berfungsi untuk menghilangkan plak di gigi. Usahakan untuk mengonsumsi teh hijau tanpa gula, karena gula merupakan salah satu penyebab timbulnya plak di gigi.

3. Makan Apel untuk Mengatasi Bau Mulut

Apel adalah buah yang efektif melawan bau mulut saat puasa. Karena dengan mengunyah apel, dapat membantu produksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami sehingga membantu membersihkan gigi dan sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut. Apel juga mengandung polifenol yang dapat menjaga kelembaban rongga mulut sehingga dapat membunuh bakteri.

4. Makan Pisang, Gandum, dan Biji-bijian

Bau mulut saat puasa juga bisa terjadi karena kekurangan karbohidrat dalam tubuh. Karena ketika dalam keadaan normal tubuh manusia terutama orang Indonesia banyak mengonsumsi karbohidrat, cairan pencernaan seperti asam lambung yang mengelola karbohidrat ini masih diproduksi seperti biasa. Maka dari itu makanan yang mengandung karbohidrat seperti pisang sangat bermanfaat untuk mengatasinya.

5. Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa dengan Biji Adas

Biji adas adalah obat-obatan herbal yang biasa digunakan di India untuk menghilangkan bau mulut karena diketahui menetralkan bau tak sedap dan membantu pencernaan. Selain itu, biji adas juga meningkatkan air liur yang membersihkan bakteri dari mulut. Biji adas ini memiliki rasa yang cukup pedas.

Cara mengkonsumsi biji adas adalah dengan mengambil satu sendok teh biji adas dan kunyah perlahan. Rasa pedas yang Anda rasakan berguna untuk menghilangkan kuman yang menyebabkan bau mulut.

6. Mengkonsumsi Sayuran dan Basil Parsley

Peterseli dan kemangi adalah sayuran hijau yang diisi dengan klorofil yang dapat menghilangkan bau mulut dan dapat bermanfaat sebagai pewangi mulut alami. Cara mengonsumsinya bisa dimakan langsung, dijadikan jus, atau ditambahkan ke menu makanan harian Anda saat sahur atau saat berbuka puasa.

7. Makan Buah Stroberi

Stroberi terkenal mengandung banyak air dan dapat mencegah mulut kering yang menyebabkan bau mulut karena sangat kaya akan vitamin C yang dapat membunuh bakteri dan kuman. Vitamin C dikenal untuk mempercepat proses penyembuhan di mulut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biasanya bau mulut ketika puasa semakin memburuk karena adanya sariawan di rongga mulut.

Stroberi ini adalah salah satu buah yang dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan di rongga mulut Anda. Selain stroberi, melon juga merupakan salah satu yang mengandung banyak vitamin C.

8. Konsumsi Air Jahe

Air jahe sangat dipercaya membantu tubuh kita merasa hangat. Selain sangat baik untuk menghangatkan perut Anda, jahe juga memiliki efek kuat untuk menetralkan bau mulut. Mengonsumsi air jahe saat fajar juga diyakini menjauhkan Anda dari bau mulut sepanjang hari, sehingga Anda akan merasa nyaman dan percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

9. Perbanyak Minum Air Putih

Air minum adalah cara paling sederhana dan paling efektif untuk mengurangi bau mulut. Tidak adanya asupan cairan karena puasa membuat kerongkongan mengering, sehingga bakteri yang menyebabkan bau mulut akan mudah berkembang dan bertahan hidup. Karena itu, membasahi kerongkongan adalah cara ampuh untuk menangkal bau mulut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel