Cara Mengatasi Bibir Kering dan Terkelupas Saat Puasa

Masalah dengan bibir kering ketika puasa lebih mungkin daripada hari-hari normal. Ini umumnya karena tubuh kekurangan cairan.

Sehingga bibir bisa mengering bahkan sampai kulit terkelupas. Namun ternyata beberapa kebiasaan juga bisa menyebabkannya bibir mengering.

Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan bibir kering dan cara mencegahnya.

Penyebab Bibir Pecah Pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Terkelupas Saat Puasa

1. Kurangnya Cairan

Selain menyebabkan dehidrasi, kekurangan cairan juga menyebabkan bibir kering. Kekurangan cairan bisa disebabkan oleh Anda tidak mendapatkan cukup air.

Selain itu, aktivitas berlebihan dan saat cuaca panas juga bisa menjadi penyebabnya. Karena itu, meski puasa, tetaplah banyak minum air putih.

Biasakan untuk minum 2 gelas air saat fajar, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas di malam hari.

2. Mengupas Kulit Bibir

Mulut kering saat puasa sering membuat kulit bibir mengelupas. Sehingga terasa tidak nyaman dan bahkan gatal.

Hindari kebiasaan menggaruk dan kemudian dengan sengaja mengupas kulit bibir. karena ini dapat menyebabkan kondisinya memburuk. Lebih buruk lagi bisa membuat kulit bibir hitam dan bertekstur kasar.

3. Mengesampingkan Perlindungan

Pelindung mulut dan bibir diperlukan untuk menghindari debu atau kotoran. Selain itu juga bisa mencegah timbulnya bibir pecah-pecah. Gunakan masker saat Anda bepergian di tempat terbuka, untuk menghindari polusi.

Mengesampingkan perlindungan dalam bentuk pelembab bibir tambahan juga dapat menyebabkan kemungkinan mulut dan bibir kering semakin tinggi.

4. Bernafas Melalui Mulut

Udara yang keluar melalui mulut menyebabkan cairan alami mudah menguap. Karena itu mulut dan bibir menjadi kering. Jadi bernafaslah melalui hidung.

Hindari terlalu banyak bernapas melalui mulut. Kecuali Anda mengalami masalah, seperti hidung tersumbat. Jika ini terjadi, Anda bisa mengakalinya dengan selalu menggunakan pelembab bibir.

5. Kekurangan Nutrisi

Beberapa nutrisi berfungsi melindungi kulit, agar tetap sehat. Misalnya vitamin C, B, dan omega 3. Saat berpuasa, Anda tidak boleh mengabaikan pentingnya peran mereka.

Karena nutrisi ini juga bisa merawat kulit bibir. Sehingga bisa menghindari masalah bibir pecah-pecah saat puasa. Baca Juga: 10 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Mencegah Bibir Pecah Pecah


1. Hindari Kafein saat Sahur dan Istirahat

Ini bukan tidak boleh dikonsumsi, tetapi Anda harus membatasi jumlah kafein dalam tubuh saat puasa. Karena minuman berkafein tinggi seperti kopi, dapat mengurangi kelembaban kulit, menyebabkan mulut kering.

Lebih baik pertimbangkan mengonsumsi teh herbal saat puasa. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air.

2. Kurangi Makanan Pedas dan Asin

Makanan pedas dan asin memang sangat nikmat. Tapi makanan ini juga bisa menyebabkan mulut kering dan bibir pecah-pecah saat puasa.

Selain itu, tenggorokan menjadi lebih mudah kering, menyebabkan Anda haus lebih cepat. Sebaiknya hindari makan hidangan terlalu pedas dan asin ketika fajar dan berbuka puasa. Bahkan lebih baik jika Anda membatasinya.

3. Menghilangkan Sel Kulit Mati di Bibir

Saat kering, kulit bibir akan lebih mudah terkelupas. Cegah itu, Anda harus rajin membuang sel kulit mati di bibir. Tapi caranya bukan dengan mengupasnya.

Sebaiknya gunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus, gosokkan dengan lembut di bibir. Sebelumnya basahi dulu dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan kain atau handuk.

4. Hindari Kebiasaan Buruk Menjilati Bibir

Air liur menyebabkan hilangnya kelembaban alami di bibir. Sehingga menyebabkan kekeringan. Lebih buruk lagi adalah kebiasaan mengupas kulit di bibir.

Dapat menyebabkan kulit menjadi lebih parah, seperti warnanya menghitam. Hindari kebiasaan buruk ini, jika Anda ingin menghindari mulut dan bibir yang kering, pecah dan terkelupas. Baca Juga: Buah yang Cocok untuk Menu Sahur

Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah


1. Gunakan Balsem Bibir atau Petroleum Jelly

Cara cepat dan efektif untuk mencegah mulut kering adalah dengan menggunakan pelembab. Misalnya lip balm.

Akan lebih baik menggunakan satu yang mengandung SPF, sehingga mencegahnya dari paparan sinar UV. Menerapkan petroleum jelly juga bisa mengatasi masalah ini. Anda bisa melakukannya di malam hari. Setidaknya lakukan 2 hingga 3 kali seminggu.

2. Konsumsi Banyak Buah dan Sayuran

Vitamin C membantu membekukan kolagen, sehingga kulit tetap sehat. Omega 3 antiinflamasi, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan bibir.

Niasin dalam kacang-kacangan, ikan, ayam, dll. Dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Vitamin B juga membantu melembabkan kulit.

Oleh karena itu, lengkapi kebutuhan nutrisi tersebut agar Anda terhindar dari mulut kering dan bibir pecah-pecah saat puasa.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah saat puasa. Selain cara diatas, Anda juga bisa menggunakan madu atau lidah buaya, caranya dengan mengoleskan ke bibir pada malam hari. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel