Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Kecantikan dan Mengatasi Masalah Rambut

Lidah buaya adalah tanaman hias yang ditanam di pekarangan dan di dalam pot di teras rumah. Namun, selain fungsinya sebagai tanaman hias, lidah buaya memiliki banyak manfaat lain, yaitu sebagai tanaman obat yang mampu mengatasi berbagai penyakit termasuk diabetes, sembelit dan wasir.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Kecantikan dan Mengatasi Masalah Rambut

Selain itu, kandungan dalam daun lidah buaya bermanfaat sebagai bahan dalam produk kecantikan. Keduanya diproses secara tradisional dan diekstraksi untuk produk kecantikan modern.

Zat yang Terkandung dalam Eksudat

Eksudat adalah getah yang keluar dari daun saat memotong. Eksudat berbentuk cair, kuning dengan rasa pahit. Pada bagian ini ada sejumlah zat yaitu 8- dihidroxianthraquinone (Aloe Emoedin) dan glikosida (Aloins)
  • Nutrisi Lidah Buaya
  • Jumlah Komponen
  • Kadar air 95%
  • Karbohidrat (g) 0,30
  • Kalori (kal) 1.73-2.30
  • Lemak (g) 0,05-0,09
  • Protein (g) 0,01-0,06
  • Vitamin A (IU) 2.00-4.60
  • Vitamin C (mg) 0,50-4,20
  • Thiamin (mg) 0,003-0,004
  • Riboflavin (mg) 0,001-0,002
  • Niasin (mg) 0,038-0,040
  • Kalsium (mg) 9.920-19.920
  • Besi (mg) 0,060-0,320
  • Sumber: Morsy (1991)

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Sebagai tanaman non-toksin, lidah buaya banyak ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman obat tradisional. Selain berguna untuk kesehatan, lidah buaya juga berkhasiat untuk perawatan kulit wajah, diantaranya: Baca Juga: 10 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan & Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit

Lidah buaya memiliki manfaat luar biasa bagi kulit. Hanya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya, Anda dapat mencerahkan kulit Anda dengan sempurna. Ini juga efektif dalam menghilangkan sengatan matahari. Tidak hanya itu, juga membantu dalam penyembuhan lepuh karena eksim gigitan serangga dll.

2. Obat untuk Jerawat

Tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan masalah jerawat. Ketika diterapkan pada kulit yang terkena jerawat, lidah buaya dapat menyembuhkan bekas luka dan mengurangi kemerahan. Lidah buaya juga bisa dioleskan langsung ke kulit melalui gel, krim dan lotion untuk menyembuhkan jerawat.

3. Masker Lidah Buaya untuk Wajah Berminyak

Nah, untuk perawatan kulit berminyak, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker wajah.

Inilah resepnya:
  • 1 sendok makan topeng lumpur
  • 1 sendok makan jus lidah buaya
  • 1 sendok makan tepung hazel
  • air yang cukup untuk membuat bahan-bahan ini menjadi pasta
  • tambahkan 1 tetes minyak pohon teh esensial
  • 1 tetes minyak esensial lavender
  • 1 tetes minyak esensial peppermint

Campur semua bahan, oleskan dan biarkan selama 15 menit dan cuci dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Setiap orang pasti akrab dengan manfaat lidah buaya yang satu ini. Lidah buaya selalu dikenal sebagai tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Mengatasi Kerontokan Rambut

Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang efektif untuk mengobati kerontokan rambut. Campur ekstrak lidah buaya dengan sampo dan oleskan ke rambut Anda.

2. Kondisioner Alami

Lidah buaya adalah kondisioner rambut alami yang memiliki efek mendinginkan kulit kepala. Anda bisa memijat rambut dan kulit kepala Anda dengan jus lidah buaya untuk mendapatkan hasil terbaik. Diamkan dan bilas dengan sampo.

3. Mencegah Kebotakan

Rambut yang mulai menipis membuat Anda botak? Anda dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mengoleskan gel atau jus lidah buaya secara teratur ke kulit kepala Anda. Biarkan 10 menit dan bilas dengan sampo.

4. Pelembab Alami

Ingin melembabkan rambut Anda dan membuatnya lebih mudah ditata? Gunakan jus gel atau lidah buaya sebagai bahan perawatan rambut Anda. Oleskan jus gel atau lidah buaya ke rambut dan kulit kepala. Tunggu 15 menit dan bilas dengan sampo.

5. Melawan Ketombe

Jika Anda menderita ketombe, kulit kepala kering dan gatal, segera gunakan gel atau jus lidah buaya untuk mengobati ketombe secara alami. Oleskan ekstrak lidah buaya ke kulit kepala dan biarkan selama 40-60 menit untuk menghilangkan ketombe.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Selain dari kedua faedah diatas, lidah buaya juga ternyata memiliki manfaat yang tak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh kita.

1. Membantu Menyembuhkan Masalah Pencernaan

Jus lidah buaya banyak membantu dalam detoksifikasi dan meningkatkan proses pencernaan. Jus dan gel lidah buaya membantu dalam memerangi sembelit, sindrom iritasi usus, mulas dan iritasi saluran pencernaan lainnya, karena lidah buaya adalah obat masalah pencernaan yang baik.

2. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tanaman lidah buaya merupakan sumber vitamin yang kaya seperti Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E, Asam Folat, serta Niasin. Jadi, mengonsumsi lidah buaya setiap hari dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga melindungi Anda dari semua jenis stres oksidatif.

3. Membantu Mengendalikan Diabetes

Lidah buaya ketika dikonsumsi baik dalam bentuk jus atau gel, berfungsi sebagai obat tradisional untuk mengobati diabetes, karena membantu dalam menjaga kadar gula darah.

Melihat banyaknya manfaat lidah buaya ini, wajar saja jika kita mulai menanam tanaman ini di teras rumah. Selain sebagai tanaman hias, suatu hari dapat digunakan sebagai obat tradisional yang sangat menguntungkan bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel