Suka Merasa Lapar Saat Puasa? Ikuti Tips Berikut ini!

Bagi sebagian orang "mengatasi rasa lapar saat puasa" memang merupakan tantangan. Meski sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

Bahkan masih ada beberapa orang yang tidak cukup kuat untuk menahan lapar, sehingga mereka membatalkan puasa.

Sebenarnya kekuatan atau kegagalan puasa berasal dari diri kita sendiri. Tergantung bagaimana kita berpuasa. Lantas, bagaimana menjadi kuat dalam menahan lapar saat puasa? Berikut ini tipsnya:

Tips Menahan Lapar saat Puasa


Bersiap untuk Menyambut Ramadhan

Untuk bisa mengatasi rasa lapar saat puasa, Anda harus melakukan persiapan sebelum bulan Ramadhan tiba.

Tidak hanya mempersiapkan jiwa spiritual Anda dan iman Anda. Tetapi Anda juga perlu mempersiapkan tubuh atau fisik Anda.

Demi menjaga kesehatan saat puasa di bulan Ramadhan. Merupakan ide bagus untuk bersiap dari jauh sebelum memasuki bulan Ramadhan. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengurangi frekuensi dan porsi makan Anda.

Suka Merasa Lapar Saat Puasa? Ikuti Tips Berikut ini!

Ubah frekuensi makan Anda yang sering berkurang. Kemudian ubah porsi makanan Anda yang dulu sedikit lebih banyak. Ini bertujuan agar perut Anda terbiasa makan hanya 2 kali sehari, saat berbuka puasa dan sahur.

Selain itu, sebelum memasuki bulan Ramadhan Anda juga perlu menahan diri untuk tidak ngemil. Kebiasaan ngemil selama siang ini akan mengejutkan perut Anda saat Ramadhan tiba.

Sibukkan Diri dengan Aktivitas Produktif

Mengatasi rasa lapar saat puasa bisa dilakukan dengan menyibukkan diri. Bagi Anda yang masih bekerja di bulan Ramadhan, pasti senang. Mengapa demikian? Karena dengan sibuk sendiri selama puasa, itu akan membuat waktu berlalu lebih cepat.

Dengan melakukan berbagai aktivitas, tanpa Anda sadari, waktu telah berubah mendekati waktu berbuka puasa. Perut Anda yang keroncongan juga tidak memiliki kesempatan untuk dipikirkan jika Anda fokus melakukan pekerjaan Anda.

Jika perlu, Anda bisa melakukan hobi yang bisa membuat Anda sibuk. Maksimalkan hobi Anda di waktu luang Anda. Anda bisa melakukan hobi seperti menggambar, menjahit, memainkan alat musik, berkebun atau hobi lainnya di bulan Ramadhan.

Jadi Anda bisa melupakan rasa lapar yang Anda alami. Puasa tidak membuat Anda malas dan tetap diam. Justru dengan tidak melakukan apa pun akan membuat Anda merasa lebih lapar.

Melakukan Meditasi

Untuk dapat mengendalikan rasa lapar Anda, Anda bisa melakukan meditasi. Meditasi tentu bisa mengatasi rasa lapar saat puasa. Selain bisa mengendalikan rasa lapar, meditasi juga bisa membuat emosi Anda menjadi lebih stabil.

Sama dengan tujuan puasa, mengajarkan kita untuk melawan semua nafsu termasuk nafsu makan dan emosi. Dengan melakukan meditasi, pikiran Anda akan tenang sehingga jauh dari mudah lapar saat puasa selama bulan Ramadhan.

Meditasi rutin juga akan memiliki efek positif pada Anda. Anda bisa lebih rileks, santai, tenang, dan tidak mudah terpancing oleh emosi.

Diharapkan melakukan meditasi dapat membuat diri Anda menikmati proses puasa dari subuh hingga maghrib. Jadi akan ada perasaan bahwa puasa tidak akan menjadi beban bagi Anda.

Pikirkan Manfaat Puasa

Pada dasarnya puasa memiliki banyak manfaat. Baik untuk iman manusia atau untuk kesehatan tubuh manusia. Jadi, saat berpuasa, coba fokuskan pikiran Anda pada berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan selama berpuasa.

Jadi puasa tidak membuat Anda menjadi beban dan menjalaninya dengan bahagia. Di bidang kesehatan tubuh, puasa dapat bermanfaat bagi tubuh. Puasa bisa menjadi sarana untuk mengobati dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Pada hari normal Anda tentu bisa makan sesuai keinginan. Namun pada saat bulan puasa, porsi makanan dan jenis makanan yang akan dimakan tentu lebih diperhatikan.

Sehingga racun yang sudah ada di tubuh Anda bisa tergantikan oleh makanan bergizi dan kaya manfaat. Selain itu, puasa juga dapat secara tidak langsung mempengaruhi otak Anda. Suasana menjadi lebih tenang dan akan berdampak pada kinerja otak Anda.

Anggap Saja Sedang Berdiet

Bagi Anda yang terbiasa berdiet. Anggap puasa seperti yang Anda lakukan selama diet bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar saat puasa. Saat melakukan diet, Anda mungkin terbiasa menunda waktu makan atau menghindari beberapa makanan yang membatasi diet.

Jika Anda benar-benar berniat untuk diet, Anda pasti bisa menahan rasa lapar saat berpuasa. Jadi, anggap saja berpuasa selama bulan Ramadhan sebagai sarana diet untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel