Cara Berkembang Biak Tanaman Bambu

Bambu adalah tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, bahkan bambu sering digunakan sebagai alat - alat yang berguna bagi manusia seperti angklung, tempat duduk dan sebagainya. Tanaman yang tumbuhnya sangat cepat ini, juga bisa dibuat sebagai makanan saat masih bertunas atau yang biasa kita sebut rebung bambu.

Cara Berkembang Biak Tanaman Bambu

Bambu biasanya hidup dalam rumpun di mana bambu akan berkembang biak dari biji atau tunas. Batang bambu menghasilkan rimpang dan akar di bawah tanah. Tanah di bawah tanaman bambu dapat menjadi penuh dengan akar dan rimpang dan tidak mungkin untuk menggali tanpa bantuan gergaji.

Bambu dalam klasifikasinya sangat mirip dengan rumput. Bambu adalah salah satu tanaman dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan dalam kondisi optimal, ia dapat tumbuh hampir empat kaki dalam satu hari.

Cara Berkembang Biak Tanaman Bambu

Bambu dapat bereproduksi secara seksual dengan menghasilkan bunga. Banyak spesies bambu berbunga hanya ketika perubahan lingkungan mengancam mereka. Semua bambu dalam satu rumpun akan berhenti tumbuh atau menghasilkan daun (semua energi akan dibuat menjadi bunga dan menghasilkan biji). Biji matang akan jatuh ke tanah dan berkecambah dalam tiga sampai lima hari. Jadi, jika bambu mulai berbunga, itu mungkin menandakan bahwa bambu akan mati.

Bambu termasuk dalam famili rerumputan dan merupakan tanaman yang memiliki ukuran terbesar di keluarga ini. Diketahui bahwa ada sekitar 1.200 spesies bambu dan sebagian besar berada di Asia.
Selain cara seksual, bambu lebih sering berkembang biak secara aseksual dengan menghasilkan tunas, metode ini juga sering disebut sebagai reproduksi dengan cara vegetatif alami.

Bambu dan rumput dengan mudah memperluas area mereka melalui rimpang. Rimpang tumbuh dari rimpang lain dan menghasilkan tunas yang mencapai permukaan tetapi akar tetap di tanah.

Selanjutnya, tunas akan menjadi batang baru yang dipelihara oleh sistem akar yang tumbuh di bawah rimpang. Rimpang pada bambu terjalin dengan rimpang dari pucuk lain, semuanya saling berhubungan dan saling tergantung.

Selain metode di atas, bambu juga dapat berkembang biak ketika batang bambu jatuh ke tanah dan pucuk baru akan muncul melalui batang.

Itulah sedikit uraian mengenai cara berkembang biak tanaman bambu. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel