Cara Memindahkan Data HP ke Laptop tanpa USB

Cara Memindahkan Data HP ke Laptop tanpa USB - Teknologi canggih memungkinkan kita melakukan apa saja pada perangkat elektronik kita. Termasuk mengerjakan tugas, laporan, menyimpan file, dokumen atau foto dan banyak lagi. Hanya melalui Android Mobile atau Smartphone kita dapat melakukan semuanya. Namun, kebanyakan orang juga lebih suka memindahkan file, dokumen, gambar atau foto ke laptop atau komputer untuk penyimpanan yang lebih aman.

Secara umum proses mentransfer file dari HP ke laptop menggunakan kabel USB. Meskipun metode ini cukup sederhana dan mudah, tetapi sebenarnya Anda dapat memindahkan data dari Ponsel ke Laptop tanpa kabel. Bagaimana bisa?

Teknologi canggih memungkinkan kita melakukan apa saja pada perangkat elektronik kita. Termasuk mengerjakan tugas, laporan, menyimpan file, dokumen atau foto dan banyak lagi. Hanya melalui Android Mobile atau Smartphone kita dapat melakukan semuanya. Namun, kebanyakan orang juga lebih suka memindahkan file, dokumen, gambar atau foto ke laptop atau komputer untuk penyimpanan yang lebih aman.

Kabel data itu sendiri pada dasarnya adalah alat yang biasa digunakan selama proses transfer daya atau file yang dibutuhkan. Namun, dari semua kelebihan yang dimiliki oleh USB, ada kelemahan dalam hal kecepatan transfer atau proses pengiriman file yang tergantung pada port data kabel ke hard drive yang digunakan.

Terlepas dari semua itu, kebanyakan orang juga kesulitan membawa kabel data ke mana-mana. Mereka membutuhkan cara dan kiat yang lebih praktis untuk memindahkan data HP. Nah, langsung saja Anda lihat tutorial untuk memindahkan data Seluler ke laptop tanpa menggunakan kabel di bawah ini.


5 Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop tanpa Kabel USB


1. Menggunakan Shareit

Aplikasi yang sangat terkenal adalah shareit. Aplikasi ini dikenal sebagai alat transfer perantara ke sesama Android. Namun, sebenarnya aplikasi canggih ini dapat digunakan untuk memindahkan foto, video, aplikasi, file, musik dan sebagainya dari HP ke komputer atau laptop.

File atau dokumen yang ditransfer oleh Shareit tidak akan mengalami kompresi atau bahkan kehilangan kualitas. Dengan aplikasi ini Anda juga dapat mentransfer dari ponsel ke ponsel, atau dari ponsel ke laptop dan komputer.

2. Menggunakan Bluetooth

Hampir semua perangkat elektronik memiliki Bluetooth yang dapat digunakan untuk mentransfer file atau data antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Meskipun sekarang hampir jarang orang menggunakan blutooth karena kemudahan bertukar data menggunakan media sosial atau yang lainnya. Namun, sebenarnya Bluetooth masih sangat dibutuhkan sebagai alat transfer data yang paling tepercaya.

Selain Bluetooth sudah ada dan tertanam di Perangkat, Anda juga dapat menggunakannya dengan cara yang sangat mudah dan sederhana. Di mana Anda dapat menghubungkan bluetooth satu sama lain dan mulai mengirim. Sangat mudah bukan? Jangan ragu untuk menggunakan Bluetooth sebagai sarana mentransfer data Anda.

3. Menggunakan Airdrop

Salah satu aplikasi yang sama baiknya adalah AirDrop. Biasanya aplikasi yang satu ini sering direkomendasikan oleh kebanyakan orang karena terkenal di antara operasi berbasis Android. Sementara cara kerjanya sendiri tidak jauh berbeda dengan aplikasi Shareit. Anda dapat difasilitasi dalam hal mengirim atau menerima berbagai jenis file dan juga ukuran kecil dan besar dengan cepat.

Selain itu, Airdrop juga dapat digunakan untuk mengakses file di ponsel Anda melalui komputer atau laptop. Jadi di sini Anda juga dapat diberikan kemudahan untuk mengelola penyimpanan di ponsel Anda melalui komputer atau laptop. Menarik bukan? Jika sudah memilikinya, nanti Anda bisa menggunakannya kapan pun Anda butuhkan.

4. Menggunakan FTP

Protokol transfer file atau biasa dikenal dengan FTP adalah protokol yang dapat digunakan untuk bertukar file di jaringan yang menggunakan koneksi yang sama. Anda bisa mendapatkan kode FTP di ponsel Anda di bagian File Mangaer atau Pengaturan. Untuk setiap perangkat memiliki kode FTP yang berbeda, begitu pula lokasinya.

Setelah mendapatkan kode FTP Anda, silakan ketikkan FTP di File Explorer pada menu Network. Di bagian itu, isi kode FTP di kolom Network. Anda dapat menggunakan akses itu kapan saja dan di mana saja. Namun, jika Anda memiliki masalah dengan cara ini, silahkan gunakan metode lain seperti di atas.

Baca Juga:

5. Menggunakan Layanan Cloud

Berikutnya adalah cara sederhana lain untuk mentransfer data secara nirkabel atau USB, ini adalah layanan Cloud. Pernah mendengar atau menggunakan sebelumnya? Layanan cloud itu sendiri adalah layanan yang digunakan secara umum untuk menyimpan file secara otomatis dan online. Anda dapat dengan cepat menyimpan file yang Anda miliki hanya dengan mengunggahnya. Jika Anda menginginkannya, Anda bisa mengunduhnya.

Jadi jika Anda ingin menyimpan data di perangkat lain, Anda bisa mengunduhnya lagi di perangkat itu. Contoh layanan cloud ini yang cukup populer adalah Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan sebagainya. Anda tidak perlu khawatir karena layanan Cloud tidak akan mengurangi kualitasnya.

Itulah tips sederhana cara memindahkan data HP ke laptop atau komputer tanpa menggunakan kabel data. Silahkan Anda pilih salah satu cara diatas yang paling praktis dan mudah dipraktekan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel