Kenali Ciri Pecandu Narkoba dan Cara Menjauhkan Anak dari Narkoba

Indonesia dan Negara lain saat ini dapat dikatakan darurat obat, banyak orang tua mulai khawatir tentang anak-anak mereka. Hingga banyak tips dan cara untuk menjauhkan anak-anak dari narkoba yang dicari di situs dan sumber apa pun.

Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya jatuh ke dalam lubang gelap ini yang akan berdampak buruk bagi masa depan anak.

Narkoba bukanlah masalah untuk membuat orang kecanduan dan jatuh ke dalam pergaulan bebas saja, kehidupan siapa pun di masa depan pasti akan direnggut oleh narkoba.

Kenali Ciri Pecandu Narkoba dan Cara Menjauhkan Anak dari Narkoba

Seperti yang Anda lihat, ada banyak situs rehabilitasi narkoba yang menunjukkan hal-hal aneh. Hal aneh yang dimaksud adalah bahwa beberapa dari mereka yang telah lama kecanduan narkoba sulit untuk disembuhkan.

Mereka tidak gila atau tidak sadar, mereka tahu di mana mereka berada tetapi tidak normal lagi. Saraf otak mereka tidak berfungsi seperti orang normal, jadi masa depan tidak terarah lagi.

Bahaya Narkoba

Dibandingkan dengan hal-hal negatif lainnya seperti merokok, narkoba bisa dikatakan tidak ada obatnya. Proses penyembuhan juga membutuhkan dana besar serta waktu yang lama dibandingkan dengan penyakit lain.

Belum lagi jika Anda berasal dari keluarga kurang mampu, pemerintah tentu tidak akan mampu menutup semua dana untuk rehabilitasi. Bahkan, sekarang ada spanduk yang bertuliskan efek terburuk dari penggunaan atau konsumsi narkoba.

Pertama, konsumen dapat memasuki penjara, pemakaman, kantor polisi, atau rumah sakit. Tentunya ini sudah terjadi pada mereka para pecandu, tetapi sulit disembuhkan.

Jika tidak, polisi dan lembaga penegak hukum yang bertindak normal di konsumen akan terus menggunakan narkoba. Yang paling dominan menjadi pecandu narkoba adalah anak-anak dan remaja.

Kenapa mereka? Karena pada fase ini kita pasti akan mencoba hal-hal baru dan tidak terlalu memikirkan efek ke depan. Apalagi jika mereka melihat bahwa ada banyak teman yang menggunakan narkoba yang baik-baik saja sekarang.

Sebagai orang tua, Anda harus menjaga anak dengan benar meskipun mereka terlihat biasa-biasa saja. Jika memungkinkan, jika Anda merasa ada sesuatu yang aneh pada mereka, lakukan pemeriksaan obat, untuk bukti langsung dan cara menjauhkan anak-anak dari narkoba.

Ciri Kecanduan Narkoba

Untuk informasi tambahan agar tidak membuat takut, berikut ini akan menjelaskan karakteristik yang dimiliki oleh pecandu narkoba.

1. Suka memberontak
2. Tidak nyaman di rumah
3. Sering menghabiskan waktu di kamar secara sembunyi-sembunyi
4. Ada bau yang tidak enak dari mulutnya
5. Kebanyakan pecandu adalah perokok aktif
6. Terlalu sering meminta camilan atau sejumlah uang besar

Tentunya ada karakteristik lain yang bisa Anda jadikan pedoman untuk melihat dan memantau apakah anak itu pecandu atau tidak.

Namun, tidak semua karakteristik yang disajikan di atas mencerminkan 100% anak itu pecandu narkoba. Dapat mengkonfirmasi kebenaran dengan memeriksa di institusi yang berwenang.

Cara Menjauhkan Anak dari Narkoba

Sebagai orang tua, Anda masih memiliki kewajiban untuk melindungi dan mengendalikan anak sehingga ia tidak jatuh ke lembah hitam narkoba. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menjauhkan anak-anak dari narkoba:

1. Bangun Komunikasi yang Baik

Karena kesibukan dan perasaan canggung, sebagian besar orang tua tidak dapat membangun komunikasi dengan anak. Ada banyak faktor mengapa ini akhirnya bisa terjadi, tetapi bukan tidak mungkin bagi Anda untuk melakukannya.

Mulai sekarang, cobalah untuk dapat membangun komunikasi yang baik dan terbuka dengan anak. Karena ada banyak keuntungan komunikasi dan ada juga banyak kelemahan dari kurangnya komunikasi yang baik.

2. Berikan Pemahaman Tentang Narkoba

Banyak orang tua merasa tidak pantas dan berguna untuk mendiskusikan hal ini dengan anak. Mereka menganggap bahwa sekolah dan platform pendidikan lainnya bertanggung jawab untuk ini.

Padahal, peran orang tua sebenarnya yang paling penting dan Anda harus memperhatikan dengan memberikan penjelasan sejelas mungkin kepada anak.

3. Berikan Contoh yang Baik

Memberi atau mempraktikkan contoh yang baik tentunya harus menjadi cara yang tepat. Jangan bersikap kasar pada anak, karena ini juga cara yang buruk bagi mereka untuk mendengarkan penjelasan Anda.

Jadi, sebelum Anda berniat membangun karakter yang baik pada anak untuk menjauhkan anak-anak dari narkoba, bangun karakter Anda sendiri terlebih dahulu.

4. Ciptakan Keharmonisan Keluarga

Ada saat-saat ketika Anda bersikap tegas, marah, dan juga orangtua yang harmonis sehingga anak Anda merasa bahwa Anda juga memiliki kasih sayang. Karena, terkadang cinta itu harus dipraktikkan agar bisa dirasakan.

Beberapa cara yang dijelaskan di atas terkadang tidak berfungsi dengan baik untuk beberapa keluarga atau anak-anak.

Namun, untuk menemukan cara terbaik versi keluarga Anda dimulai dengan mencoba metode ini untuk berlatih.

Maka tidak ada salahnya mencoba menjauhkan anak-anak dari narkoba dari sumber apa pun yang Anda dapatkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel