5 Jenis Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Buah untuk Ibu Hamil memang sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Saat hamil, tubuh rentan sekali terhadap serangan penyakit atau beberapa penyebab yang membuat kondisi tubuh melemah.

Oleh sebab, ibu yang sedang mengandung harus benar-benar memperhatikan makanan yang ia konsumsi karena sangat mempengaruhi kesehatannya.

Misalnya, selama kehamilan, di dalam tubuh ibu akan ada pembentukan sel darah merah untuk janin di dalam rahim.

Jika ibu tidak menerima makanan yang cukup untuk pembentukan sel darah merahnya, maka ibu mungkin mengalami kekurangan darah.

5 Jenis Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Jika Anda mengalami kekurangan darah saat hamil, masalah ini bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi buah.

Ada berbagai jenis buah yang dianjurkan untuk mengatasi kekurangan darah pada ibu hamil. Beberapa di antaranya dinilai dari kandungan dan nutrisi yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Selain sebagai penambah darah, tentu ada banyak manfaat lainnya.

Nah, jika Anda ingin tahu buah apa saja yang termasuk dalam buah penambah darah khusus untuk ibu hamil, uraian di bawah ini akan memberikan penjelasan singkat untuk Anda.

Jenis Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil


1. Pisang

Pisang adalah buah yang pertama kami rekomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena buah-buahan yang memiliki kulit kuning ketika matang ini, telah memberikan banyak kalori dan serat yang dibutuhkan untuk energi bagi wanita hamil.

Ibu tidak akan mudah lelah, dan kalium yang ada dalam pisang juga membantu menjaga tekanan darah ibu menjadi normal.

Jika Anda meneliti lebih lanjut, pisang mengandung asupan gizi yang cukup dan dapat mencegah ibu dari anemia selama kehamilan.

Selain itu, buah ini sangat mudah dicerna sehingga bisa menjadi makanan alternatif saat ibu mual atau muntah.

2. Alpukat

Buah untuk wanita hamil selanjutnya adalah alpukat. Dari kandungan dan nutrisi yang dimiliki oleh buah ini sangat baik untuk dikonsumsi.

Dimana alpukat kaya akan Vitamin C, Vitamin B, Kalium dan asam folat. Nah, berkat kandungan gizinya yang melimpah, dapat membantu wanita hamil mengurangi mual di pagi hari, membantu perkembangan otak, jaringan bayi, saraf otak, dan meningkatkan kadar darah untuk ibu dan janin.

Satu hal yang perlu diingat para ibu adalah alpukat ini mengandung lemak tinggi. Jadi makanlah secukupnya dan jangan terlalu banyak.

Misalnya, makan alpukat tidak lebih dari 1 buah per hari. Dengan demikian kesehatan ibu akan lebih terkontrol karena makan dengan porsi yang tepat.

3. Jambu Biji

Buah penambah darah berikutnya adalah jambu biji. Kandungan nutrisi dalam buah ini sangat melimpah sehingga dapat memenuhi kebutuhan ibu yang kekurangan Vitamin A, Serat, Fosfor dan Kalium.

Buah ini juga bisa dikatakan sebagai alat untuk mengontrol kadar gula darah dan memberikan nutrisi penambah darah dalam tubuh.

Sedangkan untuk khasiat Vitamin C dan A, ia memiliki sebagai antioksidan yang mampu menangkap radikal bebas, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan perkembangan janin terhambat. Jambu biji sendiri bisa dinikmati dengan makan langsung atau bisa dibuat dengan jus.

4. Jeruk

Jenis buah berikut ini tidak mau kalah dengan jenis buah lain yang memiliki banyak manfaat seperti menambah darah untuk ibu hamil.

Mungkin, Anda tahu lebih baik sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Terutama buah jeruk ini membantu wanita hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh karena hampir 90 persen buah jeruk adalah air.

Ini sangat penting untuk mencegah dehidrasi dalam proses kehamilan yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan ibu. Selain itu, Jeruk juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga nantinya tidak akan mudah sakit dan lelah.

5. Strowberi dan Blueberry

Mungkin buah yang satu ini tidak terlalu familiar atau biasa dikenal langsung oleh masyarakat. Buah yang termasuk dalam kelompok berry sebenarnya baik untuk kesehatan wanita hamil.

Karena, dalam buah ini ada kalium, Vitamin C, dan folat yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah yang diperlukan dan untuk keseimbangan cairan dalam tubuh, transmisi saraf dan kontraksi otot.

Selain itu kandungan folat dan vitamin C di dalam berry memiliki khasiat untuk dapat mencegah adanya kekurangan darah pada wanita hamil. Berry ini juga mengandung serat untuk kepentingan kelancaran perencanaan wanita hamil.

Sebagai tips tambahan untuk menjaga kesehatan ibu hamil, Anda harus memberi perhatian khusus pada pengolahan makanan ini.

Misalnya, jangan lupa mencuci bahan makanan agar bersih dari kuman dan berbagai mikroorganisme yang mungkin membahayakan kehidupan janin.

Cara ini berlaku untuk semua jenis makanan dan bukan hanya buah-buahan. Seperti daging / produk hewani, sayuran dan sebagainya. Sekian untuk informasi ini, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel