Mengenal Alat Ukur Waktu beserta Keakuratannya

Waktu adalah salah satu jumlah pokok, di mana setiap pokok memiliki alat pengukur sendiri. Satu unit dalam waktu adalah detik. Kali ini kami akan menjelaskan alat ukur yang digunakan untuk mengukur waktu beserta keakuratannya.

Alat pengukur waktu adalah alat yang digunakan untuk menghitung jumlah waktu, dan biasanya dalam hitungan detik. Contoh alat pengukur waktu adalah stopwatch, jam tangan dan jam dinding.

Mengenal Alat Ukur Waktu beserta Keakuratannya

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat sering menggunakan alat pengukur waktu yaitu jam / kalender. Dengan adanya jam dan kalender, kita dapat menentukan berapa lama waktu berlalu, menentukan hari, dan masih banyak lagi.

Jenis Alat Ukur Waktu

Seperti disebutkan, untuk mengukur waktu kita membutuhkan alat ukur, berikut ini adalah alat ukur yang bisa kita gunakan:

1. Jam

Jam adalah salah satu alat ukur waktu yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada jam, biasanya menggunakan unit terkecil, yaitu detik dan terbesar adalah jam. 1 detik adalah skala terkecil pada jam, jadi akurasi jam adalah 0,5 sekon (detik). Dengan adanya unit-unit ini, kita dapat dengan mudah mengetahui waktu yang telah berlalu atau menghitung waktu yang dibutuhkan dari rumah ke sekolah.

2. Arloji

Arloji atau jam tangan adalah salah satu dari jenis alat ukur waku. Banyak orang menggunakan jam tangan karena mereka tidak ingin ribet untuk melihat waktu, hanya melihat jam di tangan mereka dan mereka tahu waktu. Sama seperti jam normal, alat ukur ini memiliki akurasi 0,5 detik.

3. Stopwatch

Stopwatch adalah alat pengukur waktu dengan satuan menit, detik, dan jam. Alat ini biasanya digunakan untuk kegiatan yang membutuhkan hitungan 0 untuk menyederhanakan dan mempercepat pengumpulan data.

Contohnya adalah ketika pelari menggunakan alat ini untuk mengukur kecepatan larinya pada jarak 100 meter. Akurasi stopwatch juga lebih tinggi dari jam, yaitu 0,1 detik. Tapi, sekarang stopwatch telah berkembang dan memiliki akurasi lebih tinggi seperti milidetik dan bahkan mikrodetik.

4. Jam pasir

Jam pasir adalah alat pengukur waktu yang digunakan pada zaman kuno ketika satuan detik tidak ditetapkan sebagai satuan internasional.

Dalam jam pasir, ada 2 tabung. Tabung atas penuh dengan pasir dan di bagian bawah tidak ada pasir, dihubungkan oleh lubang kecil sehingga pasir bisa jatuh ke tabung bawah. Ketika semua pasir bergerak ke tabung bawah, itu menunjukkan waktu telah berlalu.  Dalam satuan jam pasir, biasanya waktu berjalan satu jam ketika pasir di tabung atas habis.

5. Kalender

Kalender atau sistem penanggalan adalah alat pengukur waktu yang digunakan untuk mengukur waktu yang lama seperti hari, bulan, dan tahun. Skala terkecil dari kalender adalah satu hari, jadi akurasinya adalah setengah hari.

0 Response to "Mengenal Alat Ukur Waktu beserta Keakuratannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel