Pengertian Startup dan Perkembangannya yang perlu Dicoba

Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata Startup dalam dunia bisnis di Indonesia, lalu apa sih yang dimaksud dengan Startup itu sendiri?. Startup adalah sebuah perusahaan yang baru merintis atau baru saja dibangun, namun tidak berlaku pada semua bidang usaha. Istilah kata Startup sendiri lebih diutamakan untuk perusahaan bidang teknologi dan informasi yang berkembang di dunia internet.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat di Indonesia, membuat bisnis startup ini banyak bermunculan. Menurut sumber yang kami dapat, jumlah startup lokal saat ini sudah ribuan dan pastinya akan terus bertambah. Jenis bisnis yang berjalan pun beragam, misalnya seperti perdagangan, pengembang aplikasi, jasa, sistem pembayaran dan lain sebagainya.

Sebenarnya bisnis startup sendiri sudah ada sejak tahun 90 an, dan salah satu startup lokal yang sudah sukses dan terkenal yaitu kaskus. Dengan terus berkembangnya dunia internet, semakin banyak pula pelaku bisnis yang tertarik untuk mendirikan startupnya. Lalu, bisnis startup apa saja yang menarik dan layak untuk dicoba? Simak penjelasannya dibawah ini:

10 Ide Bisnis Startup di Indonesia


1. Dunia Pendidikan

Dalam kehidupan, kita membutuhkan pendidikan setiap saat. Itu tidak tergantung pada usia, muda atau tua, anak-anak, yang masih remaja atau mereka yang dewasa. Dari berbagai profesi, teknologi dan bidang semuanya membutuhkan media pengajaran, yaitu pendidikan. Bahkan saat ini kita tidak hanya bisa mendapatkan pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi. Tapi kita sudah berada di dunia era modern yang menggunakan semua aktivitas dalam mode digital. Anda dapat mulai memanfaatkan ide bisnis yang satu ini saat memulai. Karena peluang yang besar sampai nanti di masa depan.

Baca Juga:

Pendidikan bisa mengenai menggabungkan teknologi, membuat aplikasi khusus di mana guru dan siswa dapat berkomunikasi satu sama lain secara online kapan saja dan di mana saja. Sebenarnya bukan hanya pendidikan sains konvensional, aplikasi ini juga diharapkan mampu memberikan pengetahuan non-formal seperti kerajinan menjahit, salon, bengkel yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Aplikasi startup seperti itu di bidang teknologi pendidikan dapat dikembangkan untuk negara-negara berkembang seperti Indonesia untuk mengurangi pengangguran.

2. Akses Layanan Internet

Kita telah hidup di era modern, semua aktivitas dan kegiatan dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan praktis. Banyak orang semakin malas meninggalkan rumah karena tanpa meninggalkan rumah bahkan masalah kebutuhan telah teratasi dengan teknologi. Mulai dari kegiatan membeli barang, membayar sesuatu, hingga mengantarkan makanan, transportasi antar jemput dan lainnya yang semuanya dapat dilakukan secara online.

Nah, dari situasi ini Anda dapat menemukan ide bisnis Startup yang bagus. Tentu saja melalui akses ke layanan online akan menjadi kebutuhan masyarakat. Anda dapat memikirkan berbagai layanan akses online yang ingin Anda coba. Sebagai contoh, pengiriman makanan, pembelian token listrik, layanan penyewaan tutor pribadi online, mengambil - mengirim barang, membayar wifi atau tagihan indihome dan banyak lagi. Ketika dunia terus mengalami perkembangannya dengan cara yang modern dan praktis, startup yang Anda jalankan akan semakin populer.

3. Dunia Anak

Anak-anak memiliki potensi besar di dunia startup. Mengapa? Seiring dengan perkembangan zaman, terutama saat ini, sebagian besar orang tua telah membiasakan anak-anak mereka untuk mengenal teknologi dan memiliki perangkat. Berbagai jenis video dari game atau permainan online, pendidikan, mengenal dunia sekitar dan lainnya akan menjadi potensi bisnis yang sangat besar. Bisnis startup dengan memprioritaskan kebutuhan dunia anak-anak akan menjadi hal yang positif bagi orang tua. Tentu saja bila disertai dengan mengajarkan hal-hal dan bersifat positif.

Tidak hanya itu akan membantu anak untuk mendapatkan konten di media internet, startup dunia anak juga memiliki peluang sukses di pihak orang tua. Misalnya, kebutuhan informasi orang tua yang merawat anak-anak mereka, terutama orang tua muda yang baru saja memiliki anak pertama mereka. Seperti kiat pengasuhan anak, kiat memberikan pendidikan anak yang efektif dan fleksibel ke dunia anak-anak lain yang menarik dan kreatif.

4. Dunia Perempuan

Tidak kalah dengan dunia anak-anak, dunia untuk wanita saat ini juga dikabarkan sebagai salah satu ide bisnis startup yang menjanjikan masa depan bisnis yang cerah. Kita bisa melihat perkembangannya sendiri di masa sekarang yang terus berkembang, terutama kebutuhan wanita di internet. Tentu saja ini dilakukan untuk mendapatkan beragam kebutuhan sehari-hari mereka. Mulai dari perawatan wajah, tubuh, tips kecantikan, produk kecantikan terbaru, perawatan kulit, gosip selebriti, mode dan mode terbaru, resep makanan atau kue hingga hal-hal lucu seperti video kucing lucu di internet. Berikut adalah beberapa contoh peluang startup yang bagus di dunia wanita.

5. Layanan Pemerintahan

Selanjutnya, ide startup yang tidak pernah ketinggalan zaman adalah layanan pemerintah. Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang ada banyak urusan yang hanya populer di zaman mereka dan dianggap sudah ketinggalan zaman. Apakah itu benar? Ya, tetapi kebutuhan masyarakat untuk urusan pemerintah tidak akan pernah hilang atau habis. Bahkan ketika semuanya menjadi digital, tidak semua aparatur negara cukup untuk memahami teknologi saat ini. Untuk alasan ini, ide bisnis dalam hal layanan pemerintah memiliki potensi yang sangat besar di berbagai kalangan masyarakat.

6. Konsultasi Kesehatan

Di kemudian hari, ada kemungkinan bahwa dokter di rumah sakit dan klinik kesehatan akan digantikan oleh kehadiran aplikasi konsultasi kesehatan. Bahkan saat ini kita sudah dapat merasakan banyak hal dari masyarakat zaman modern yang lebih suka berkonsultasi dengan dokter hanya melalui aplikasi online pada perangkat elektronik mereka. Ini tidak pernah bisa lepas dari kebiasaan orang yang sangat mengandalkan internet. Misalnya, di Inggris Raya, yang diperkirakan akan memuncak pada tahun 2025, pasar aplikasi online medis akan mencapai hingga USD 11,2 miliar. Menarik bukan?

Dengan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia, jelas bahwa bisnis ini akan mendapatkan popularitas yang lebih tinggi. Itulah sebabnya ide bisnis startup sebagai konsultasi kesehatan akan berpotensi di masa depan. Anda dapat berinovasi untuk menghubungkan dokter, apoteker, pasien satu sama lain secara online hanya dalam satu aplikasi. Tentunya ini akan sangat membantu bagi orang yang belum bisa memiliki kesempatan untuk pergi ke rumah sakit karena kesibukan dan sebagainya.

7. Augmented dan Virtual Reality

Sejak keberadaannya, yaitu Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), teknologi ini telah dianggap sebagai salah satu contoh terbaik inovasi yang dibuat oleh manusia. Kalau sudah sering nonton di film-film Hollywood yang punya efek super canggih. Nah, VR dan AR telah membantu manusia untuk dapat merasakan sensasi dunia digital yang akan terlihat nyata seperti aslinya. Bahkan di masa depan, teknologi AR dan VR akan mulai diterapkan ke semua bidang terkait.

Meskipun seperti yang kita ketahui, sekarang game adalah industri terbesar untuk menggunakan AR dan VR, tetapi di masa depan bidang lain juga akan mengembangkan dua teknologi ini. Jadi ini tentu saja akan membuat ide-ide startup yang menggunakan AR dan VR di mata banyak investor. Ke depannya, tentunya startup dengan AR dan VR akan memiliki masa depan yang sangat cerah dan menarik untuk mulai digunakan

8. Jasa Penerjemah Bahasa

Di era globalisasi, komunitas dunia pasti bersatu dalam bahasa internasional. Tidak hanya untuk kebutuhan dunia pendidikan, tetapi juga akan berkembang ke bidang lain seperti industri, politik dan ekonomi. Terlebih sejak kemunculan dan penerapan MEA (Asean Economic Community) untuk membuat hubungan diplomatik antara negara-negara ini akan semakin berkembang. Itu sebabnya layanan terjemahan adalah salah satu ide yang akan dibutuhkan oleh lebih banyak orang. Sehingga sangat mungkin bagi penerjemah untuk menjadi perusahaan yang berpotensi besar.

9. Perawatan Hewan

Secara umum, jika diamati dari kehidupan manusia, semakin tinggi ekonomi sebuah keluarga, semakin tinggi kecenderungan untuk memiliki perawatan hewan. Itu sebabnya Anda dapat mencoba mengembangkan layanan perawatan hewan yang ada secara khusus seperti kucing, anjing, reptil dan hewan peliharaan lainnya. Meskipun tampaknya kurang meyakinkan, tetapi jika Anda melihat lagi pada tingkat persaingan, startup di layanan perawatan hewan tidak memiliki persaingan sengit seperti bidang lain yang telah kami sebutkan di atas. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah bahwa layanan perawatan hewan diprediksi akan tumbuh dengan cepat karena mereka sudah memiliki pasar dan target sendiri.

Dengan memiliki aplikasi perawatan hewan yang berkualitas, orang akan lebih terbantu dalam memenuhi kebutuhan hobi mereka. Mereka tidak perlu repot mencari layanan tepercaya untuk merawat hewan peliharaan mereka. Melalui aplikasi ini Anda dapat mengembangkan bisnis Anda seputar kiat merawat hewan Anda sendiri di rumah, cara menangani hewan peliharaan yang datang secara agresif hingga Anda menyewa layanan perawatan dari seseorang yang online. Seiring berlalunya waktu, perkembangan di bidang perawatan hewan-hewan ini akan menjadi semakin nyata. Jika pelanggan puas, tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis startup akan menjadi lebih sukses dan mencapai kesuksesan.

10. Dunia Hiburan

Kita semua membutuhkan hiburan. Dan seiring dengan perkembangan zaman, teknologi modern telah menjadi tren yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Banyak manfaat yang dirasakan karena penggunaan teknologi akan membuat mereka tidak menyia-nyiakan setiap layanan yang diberikan. Tidak heran, mereka akan selalu terbarui tentang teknologi terbaru, terutama di dunia hiburan. Dari masa lalu hingga sekarang dan di masa depan dunia hiburan telah dicari oleh kebanyakan orang dari berbagai latar belakang. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ketika hiburan hanya tersedia melalui TV dan Radio, sekarang rata-rata digantikan oleh internet.

Salah satu contoh peningkatan kebutuhan hiburan saat ini dan di luarnya adalah keberadaan YouTube sebagai penyedia layanan berlangganan TV streaming yang memiliki penggemar yang telah melambung tinggi diikuti oleh aplikasi lain, Netflix, HBO, VIU, Iflix dan lainnya. Mengapa ini terjadi? Karena gaya hidup masyarakat lebih mengacu pada gaya hidup bergerak yang lebih kuat. Keberadaan internet jauh lebih berkembang daripada TV. Nah untuk alasan ini Anda dapat menjadikannya ide startup sebagai bisnis yang Anda geluti.

Ada banyak hal yang dapat Anda sorot seperti video film, koleksi lagu dan lirik terbaru, seri drama favorit, penyedia tautan informasi hiburan, trailer film bioskop, game online terbaru, berita hangat tentang selebritas atau tokoh terkenal dan tentu saja banyak lainnya. Dimungkinkan juga bahwa startup dapat digunakan sebagai tempat berkumpulnya pembuat konten seperti Tik Tok dan YouTube. Tertarik mencoba?

Ini adalah informasi tentang ide-ide bisnis startup yang direkomendasikan untuk Anda, karena peluangnya sangat besar dan menarik. Sebenarnya, masih banyak jenis ide kreatif yang dapat dikembangkan melaui startup. Hanya saja Anda harus selektif dan hati-hati. Ini juga dapat membuktikan bahwa berbagai bidang di Indonesia menuntut pembangunan ke arah modern. Tentu saja jika bisnis yang Anda buat nanti dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis Anda dapat bertahan dan bahkan mengembangkan arah yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel