9 Cara Memulai Bisnis Travel

Usaha bisnis travel adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan saat ini. Alasannya cukup simpel, yaitu pada jaman sekarang ini banyak orang yang bepergian jarak dekat seperti antar kota maupun jarak jauh seperti antar negara. Namun, tentunya untuk menentukan peluang bisnis ini harus sesuai dengan modal yang Anda miliki.

Keuntungan dari bisnis travel ini sangat menjanjikan, pasalnya bisnis ini memiliki tarif promo yang menggoda untuk ditawarkan oleh penyedia jasa transportasi kepada konsumen. Nah, jika Anda ingin memulai bisnis Anda di dunia travel, berikut 9 langkah memulai bisnis travel yang bisa Anda ikuti.

Cara Memulai Bisnis Travel

9 Cara Memulai Bisnis Travel

1. Memilih Jenis Usaha

Pertama, apabila Anda ingin memulai bisnis travel, Anda harus bisa menentukan jenis usaha apa yang terkait dengan bisnis yang akan Anda jalankan. Pilih bisnis travel disekitar Anda yang memiliki pasar cukup tinggi, baik itu agen tiket pesawat terbang, bus maupun kereta api. Lalu, lanjutkan dengan jasa untuk layanan pengurusan visa, paspor, pemesanan kamar hotel, hingga paket penawaran destinasi wisata.

Setiap jenis usaha travel memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Seperti penawaran tiket untuk bis, pesawat, dan kereta api Anda akan bersaing dengan aplikasi pemesanan tiket. Namun, penawaran paket destinasi wisata akan lebih menarik meskipun hanya akan ramai di musim liburan saja.

2. Buat Profil Usaha Travel Anda

Setelah Anda memilih jenis usaha yang ingin Anda jalankan, selanjutnya buatlah profil usaha Anda. Tulis profil usaha Anda dengan baik dan dapat meyakinkan pengguna jasa Anda. Hal ini karena, kredibilitas usaha Anda dipengaruhi oleh profesionalitas pada profil yang tertera.

Selanjutnya, lengkapi profil Anda dengan gambar yang menarik atau animasi bergerak. Hal ini juga sangat penting, semakin menarik gambar yang Anda buat maka semakin besar peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengguna jasa travel Anda.

3. Buat Nama / Merk Bisnis Travel Anda

Membuat nama / brand dari bisnis Anda tentunya tidak dengan sembarang nama. Cobalah buat nama yang pendek dan mudah diingat oleh calon konsumen. Hal ini sangat penting, karena semakin nama itu mudah diingat dan gampang diterima oleh banyak orang, maka Anda akan lebih mudah dalam menjalankan strategi pemasaran.

4. Daftarkan Merk Bisnis Travel Anda

Mendaftarkan sebuah Merk Usaha sangatlah penting. Karena, jika Anda sudah mengeluarkan ide untuk nama dan logo bisnis travel, tetapi tidak Anda daftarkan pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka Anda tidak memiliki kuasa secara hukum atas nama / logo dari usaha tersebut. Jadi, jika ada orang lain yang menggunakan nama / logo dari bisnis Anda, Anda tidak bisa menggugatnya meskipun Anda yang menciptakan pertama kalinya.

5. Target lokasi Wisata

Langkah selanjutnya untuk memulai usaha travel adalah dengan mengumpulkan lokasi wisata yang menjadi target promosi Anda. Kemudian tawarkan kepada konsumen dalam bentuk paket perjalanan, selain membantu konsumen untuk memilih paket, Anda juga dapat membangun harga untuk bisa bersaing agar dapat dinikmati oleh konsumen.

Pada umumnya, konsumen melihat jasa travel bukan hanya dari harga paket yang ditawarkan, melainkan juga dari apa yang ditawarkan paket tersebut. Apakah paket tersebut menawarkan kunjungan yang lebih banyak, atau paket tersebut memiliki kunjungan yang lebih baik.

6. Paket liburan Menarik

Setelah mengumpulkan lokasi yang Anda target, selanjutnya buat daftar paket liburan yang menarik untuk konsumen. Buat dengan menawarkan berbagai promosi, kemudahan, dan kelebihan yang membuat konsumen tidak bisa menolak penawaran promosi dari bisnis travel Anda.

Contoh penawaran promosi yang bisa Anda tawarkan adalah seperti konsumen yang sedang menjalani momen spesial seperti bulan madu, atau paket reuni bersama teman - teman. Jelas ini akan membuat paket promosi kebersamaan yang sulit untuk ditolak, apalagi harga yang Anda tawarkan berbeda.

7. Media Pemasaran

Hal ini sangat penting untuk bisnis travel Anda karena tanpa media yang baik, maka konten yang sudah Anda siapkan begitu indah dan apik akan sia - sia. Oleh sebab itu, Anda juga harus mempelajari media pemasaran yang terkini dan kreatif yang banyak di minati oleh konsumen. Dengan menggunakan media pemasaran yang kreatif, hal ini akan memberikan dampak positif bagi perusahaan dan peluang bisnis Anda.

8. Perluas Kerjasama Bisnis

Tidak selamanya Anda akan menjalankan bisnis Anda sendiri. Ada kalanya usaha travel Anda dapat Anda jalankan dengan bekerjasama dengan mitra bisnis lainnya. Seperti bekerja sama dengan penyedia kuliner, seperti cafe, restaurant dan lainnya sebagai mitra dalam pelayanan jasa kepada konsumen.

9. Manfaatkan Internet

Perkembangan teknologi yang semakin maju, menjadikan dunia maya sebagai salah satu cara terbaik untuk melakukan promosi. Alasannya, tentu saja dunia online memiliki jangkauan yang lebih luas dan dapat diakses oleh siapa pun. Selain itu, biaya yang dikeluarkan cukup murah dan dapat berulang ulang.

Itulah beberapa cara memulai bisnis travel yang bisa Anda perhatikan dan pelajari sebelum membuka bisnis travel Anda. Untuk awalan menjalankan bisnis travel ini cukuplah berat, terutama dengan nama / brand usaha Anda yang belum banyak dikenal oleh banyak orang. Namun, dengan strategi pemasaran yang tepat dan promosi yang menarik, maka bisnis travel Anda akan segera mendapatkan konsumen bahkan juga pelanggan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel