Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan bahan Alami

Ketika hidung tersumbat, pernapasan kita akan terganggu. Apa pun penyebabnya, seperti alergi, pilek, atau flu, kesulitan bernapas dapat membuat Anda lelah dan menderita.

Banyak orang berpikir bahwa hidung tersumbat adalah hasil dari gumpalan lendir di saluran hidung. Tapi, hidung tersumbat sebenarnya disebabkan oleh peradangan pembuluh darah Sinus.

Sinus adalah rongga di tulang di sekitar hidung. Rongga ini terus menerus menghasilkan lendir yang dikirim ke hidung. Gangguan aliran lendir karena berbagai alasan akan menyebabkan penumpukan lendir di rongga sinus.

Kecelakaan yang menyebabkan trauma kepala juga dapat menutup sinus dan menyebabkan penyempitan Sinus yang panjang atau bahkan permanen.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan bahan Alami


Cara mengatasinya, selain obat-obatan seperti dekongestan, ternyata ada beberapa cara alami untuk meredakan hidung tersumbat. Apa saja caranya? Yuk langsung simak penjelasannya dibawah ini:

1. Menggunakan Air Garam

Memberi sinus dengan larutan air garam encer adalah cara efektif untuk mengatasi hidung yang mampet.

Wadah kecil mirip dengan teko mini yang disebut 'neti pot' sering digunakan untuk mengalirkan larutan garam ke dalam hidung. Banyak orang sudah mencobanya, dan hasilnya cukup memuaskan.

2. Menghirup Aromatik atau inhaler

Cara lain untuk mengobati hidung tersumbat adalah dengan menghirup uap zat aromatik seperti inhaler atau kayu putih.

Produk inhaler yang mengandung mentol, minyak peppermint, dan Cajeput eucalyptol, komponen eucalyptus yang terdapat pada minyak kayu putih cukup efektif.

Cukup tempatkan inhaler / minyak kayu putih tepat di bawah hidung, lalu tarik napas, maka uap dari inhaler akan melonggarkan hidung.

3. Jangan Konsumis Susu

Banyak orang tidak dapat mentolerir produk susu, tetapi seringkali tidak menyadarinya dan mengalami sinus kongestif selama bertahun-tahun.

Jika Anda menderita sinus yang tersumbat kronis, hindari semua produk susu, keju, dan krim untuk sementara waktu. Jika menghindari susu dapat membuat sinus lebih lega, maka kemungkinan besar penyebab sinus tersumbat disebabkan oleh konsumsi susu.

4. Hindari Penyebab Alergi

Zat penyebab alergi dari lingkungan seperti debu, ragi dan jamur juga dapat menyebabkan gangguan pada sinus.

Penyaringan udara yang tidak memadai di kantor atau lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan masalah sinus yang tidak berhenti walaupun mereka telah mencoba berbagai upaya.

Untuk itulah jika hidung sedang mampet, lebih baik menghindari debu dan menjaga kebersihan lingkungan rumah.

5. Menggunakan Bawang Putih

Bawang Putih mengandung agen antibakteri dan antijamur yang berguna sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk hidung tersumbat karena demam dan flu.

Untuk mengobati hidung mampet, Anda bisa melakukan dengan cara mengunyah bawang putih.

Jika mengunyah bawang putih mentah terdengar menakutkan bagi Anda. Untuk mengatasinya, tumis 1-2 siung bawang putih dan tambahkan pasta atau sayuran.

Atau, Anda bisa menambahkan beberapa iris atau menghancurkan satu siung bawang putih ke dalam mangkuk berisi air panas, selanjutnya hirup uapnya selama 10 menit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel