10 Strategi Pemasaran Produk dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia Bisnis atau Usaha, aspek utama yang mempengaruhi berkembangnya suatu perusahaan adalah Strategi Pemasaran Produk dengan baik dan benar. Sebenarnya, strategi pemasaran prodak dalam dunia bisnis bukan semata - mata hanya mengajak berkomunikasi dengan pelanggan. Akan tetapi, promosi pemasaran diharapkan mampu mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk / jasa yang Anda tawarkan.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran adalah cara memasarkan suatu produk, baik itu dalam bentuk barang atau jasa yang dilakukan dengan pola dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya untuk mencapai tujuan tertentu, baik itu mengenalkan suatu produk / jasa kepada konsumen atau perusahaan yang baru Anda bangun.

10 Strategi Pemasaran Produk dalam Dunia Bisnis

Promosi dilakukan ketika produk atau jasa siap untuk Anda pasarkan. Bagi Anda yang baru memulai sebuah bisnis, pemasaran yang dilakukan harus tepat sasaran. Di dalam dunia bisnis, banyak sekali strategi pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk mendongkrak penghasilan. Berikut 10 strategi pemasaran produk dalam dunia bisnis yang bisa Anda coba:

10 Strategi Pemasaran Produk dalam Dunia Bisnis


1. Penawaran Paket

Buatlah kemasan yang didalamnya berisi banyak produk, kombinasikan dengan produk standar dan produk unggulan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pemasaran produk standar yang Anda miliki.

2. Diskon dan Penawaran Bonus

Diskon merupakan hal yang sangat disukai oleh konsumen, akan tetapi juga akan mempengaruhi keuntungan Anda. Cara yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu dengan penawaran bonus, seperti beli 2 gratis 1, beli produk A gratis produk B, belanja Rp 200 dapat diskon 10% dll.

3. Penawaran Diskon dengan Waktu terbatas

Strategi pemasaran dengan waktu terbatas dikenal juga dengan ilmu copywraiting. Promosi dengan cara ini bisa membuat calon pelanggan tanpa sadar langsung merespon. Efektif atau tidaknya cara ini tergantung pada kalimat yang Anda gunakan untuk mengajak pelanggan membeli produk Anda.

Contoh kalimat yang bisa Anda gunakan seperti: Segera hubungi kami sebelum... Penawaran ini hanya berlaku sampai tanggal.... Stok terbatas..... dll.

4. Penawaran Bergaransi

Cara menawarkan produk dengan memberikan garansi juga termasuk strategi pemasaran yang ampuh. Dengan memberikan garansi yang menarik, biasanya calon pembeli akan cepat mengeluarkan uang untuk membeli produk Anda.

5. Penawaran Gratis

Untuk pemasaran jenis ini hanya cocok untuk promosi jasa. Anda bisa memberikan penawaran paket gratis untuk menarik para pengunjung yang kemudian bisa Anda tawarkan dengan produk unggulan. Namun, Anda harus berhati - hati dalam menjalankan strategi ini agar tidak mengalami kerugian.

6. Nilai tambah dengan Soft Cost

Anda bisa memberikan sebuah bonus pada produk standar dengan tambahan produk jasa atau lainnya. Tetapi, dengan memberikan bonus ini jangan sampai ada penambahan biaya, hal ini akan mempengaruhi keuntungan yang Anda dapat nantinya.

7. Menggunakan Media Sosial

Sudah tidak diragukan lagi, cara pemasaran produk baik jasa atau barang menggunakan media sosial adalah cara yang sangat tepat. Hal ini karena, setiap orang dari latar belakang yang berbeda sangat aktif menggunakannya.

Dengan media sosial, perusahaan dapat berinteraksi secara luas dengan calon pelanggan dari berbagai kalangan. Menggunakan media sosial sebagai pemasaran juga memungkinkan perusahaan untuk memilih atau membuat komunitas yang cocok untuk memasarkan produk mereka.

8. Memilih tempat Usaha

Lokasi yang strategis masih memiliki peran penting dalam dunia pemasaran. Karena dengan tempat penjualan yang strategis, keterlihatan produk Anda akan lebih tinggi dan tentu saja memicu penjualan yang tinggi.

9. Ramah dengan Pelanggan

Jika tidak ingin kehilangan pelanggan, bersikaplah ramah kepada mereka. Pelanggan yang loyal adalah aset penting sebuah perusahaan, mereka sudah sering membeli produk Anda dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin.

Dengan bersikap ramah dengan pelanggan akan membuat pelanggan Anda betah walaupun banyak sekali persaingan diluar sana. Maka tidak ada salahnya memberikan hadiah atau penghargaan kepada pelanggan Anda yang sudah setia menggunakan jasa atau membeli produk Anda.

10. Kesimpulan

Membangun sebuah usaha bisnis adalah hal yang tidak mudah. Anda harus benar - benar merancang apa yang ingin Anda tawarkan kepada calon konsumen. Akan tetapi, dengan konsep yang matang serta produk atau jasa yang Anda tawarkan sangat menarik, tidak menutup kemungkinan usaha bisnis Anda akan berkembang. Tentunya dibarengi dengan Strategi Pemasaran Produk yang tepat juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel