Begini Tahapan Jika Ingin Menambahkan Konten Video/Audio di Blog

Begini Tahapan Jika Ingin Menambahkan Konten Video/Audio di Blog. Bosan rasanya apabila blog yang dimiliki hanya berisi konten tulisan atau hanya gambar saja. Tidak ada unsur bergerak, sebagai pelengkap audio dan visual. Hal ini membuat beberapa pengunjung internet yang tidak suka membaca kesulitan mencerna informasi.

Begini Tahapan Jika Ingin Menambahkan Konten Video/Audio di Blog

Oleh karena itu untuk melengkapi beragam karakter pengguna internet, sekaligus menarik agar blog dikunjungi perlu dilakukan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan konten video/Audio di blog yang dimiliki.

Tahapan ini tidak sama dengan tahapan menggunggah template blog. Hanya saja ada beberapa hal yang mungkin berbeda dalam tahapan mengungah video atau audio.

Menggunggah Video pada Blog

Pertama yang perlu dilakukan untuk menggunggah ialah menggunggah video/audio pada internet itu sendiri. Jika ingin menambakan video, maka dapat terlebih dahulu mengunggah video ke YouTube. Sedangkan untuk audio, ada salah satu situs yang menawarkan penggunggahan.

Jika hendak menambahkan video, untuk menambahkan konten video/audio di blog (khusus untuk video), maka buka video yang ingin ditambahkan pada blog. Kemudian, klik tombol “share” pada laman. Kemudian pilih embed, dan selanjutnya pilih show more untuk selanjutnya dapat ditampilkan opsi pengaturan tampilan video.

Dari tahap tersebut akan terlihat deskripsi video yang akan diunggah berupa kode videonya. Setelah mengklik show more, akan muncul kotak dialog video size yang menampilkan detail video yang akan dijadikan konten.

Dari video size, kemudian atur ukuran angka. Jika sudah selesai, selanjutnya kopi kode video yang telah disediakan oleh YouTube. Sebab kode tersebutlah yang akan dipasang di posting blog sebagai konten.

Tahap kedua, buka posting yang akan disisipi video. Di halaman pembuatan posting, pengguna dapat memilih kode masuk posting berformat HTML. Sedangkan untuk masuk ke mode HTML itu pengguna dapat mengklik tab HTML.

Tahap ketiga untuk menambahkan konten video/audio di blog (khusus untuk video) ialah menentukan lokasi di mana pemilik blog akan meletakkan video. Silakan mem-paste kode tadi pada bagian blog yang diinginkan.

Setelah itu kembali ke mode posting compose. Dari sini akan dijumpai video yang telah diunggah pada postingan blog. Jika sudah diposting publis, maka video dapat dijumpai pada blog.

Mengunggah Audio di Blog

Berbeda dengan mengunggah konten video/audio di blog (khusus untuk audio), dapat dilakukan dengan cara yang berbeda. Pertama pemilik blog harus membuka url audio yang dimiliki pada laman yang dapat membantu proses pengunggahan video pada penjelasan sebelumnya.

Laman yang dimaksud memiliki arti nama dalam bahasa Indonesia suara awan. Tidak bermaksud promosi laman, untuk mendapatkan kode audionya, pemilik blog dapat mengklik tombol share.

Tahap kedua selanjutnya klik tab Embed seperti pada video, untuk menemukan kode. Kemudian klik more options apabila pengunggah hendak ingin menemukan pengaturan ukuran audio. Di bagian size-nya, ukuran dapat ditentukan.

Tampilan ukuran konten video/audio di blog (khusus untuk audio) dapat disesuikan. Sesuaikan dengan lebar halaman posting blog yang dimiliki. Contohnya dengan posting sebesar 450 px.

Tahap ketiga yang harus dilakukan ialah meng-copy kode audio yang sudah ada. Selanjutnya tambahkan kode audio sebelumnya pada postingan blog. Cara menambahnya juga sama dengan menambahkan kode pada video yakni dengan menambahkan mode posting HTML.

Setelah semua tahap tersebut dilakukan, maka pemilik blog dapat mempublikasikan. Biasanya di blog akan muncul link dengan tombol klik.

Dalam memosting konten video/audio di blog memang perlu perhatian lebih. Setidaknya dengan begitu blog yang dimiliki tidak monoton. Lebih bervariasi dan menarik untuk dikunjungi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel