Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Tahu

Kopi merupakan minuman paling populer di dunia. Baik di Indonesia maupun Negara lain banyak sekali yang mengkonsumsi minuman ini. Biasanya kopi disajikan di pagi hari untuk mengawali aktivitas agar lebih semangat.

Kopi juga sering menjadi teman yang cocok ketika di malam hari saat berkumpul bersama teman-teman.

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui manfaat kopi, selain sebagai penambah energi dan mengatasi ngantuk, ternyata ada beberapa manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui orang.

Kandungan Kopi

Kopi sendiri memang banyak mengandung bahan-bahan yang baik untuk kesehatan. Kopi murni tanpa campuran gula/susu kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, kopi juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya: Vitamin B2 (Ribovlasin), Vitamin B5 (Pantotenat), mangan, kalium, magnesium, natrium dan juga Vitamin B3 (Niacin).


Dengan begitu banyak kandungan kopi yang bermanfaat, tentu saja manfaat kopi untuk kesehatan sangat penting untuk diketahui. Terlebih lagi jika Anda penikmat kopi sejati.

Walaupun begitu banyak kandungan kopi, tentu saja harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan saat mengkonsumsi minuman ini.

Adapun manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Resiko Depresi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan kopi dapat mengurangi resiko depresi. Depresi ini sangat erat kaitannya dengan otak, oleh karena itu kopi sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan otak.

Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah demensi dan stroke. Hanya dengan mengkonsumsi kopi, Anda akan mendapatkan manfaat untuk menjaga kesehatan otak, demensi dan juga stroke.

Baca Juga: Manfaat Coklat untuk Kesehatan

Penelitian yang menyebutkan manfaat kopi untuk kesehatan otak ini menghasilkan data yang cukup menarik.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa jika seseorang mengkonsumsi 4 cangkir kopi dapat menurunkan tingkat depresi hingga 20%.

Bahkan disarankan mengkonsumsi kopi secara rutin yang memiliki kadar kafein yang tinggi. Tentu saja dengan campuran bahan alami yang tidak berlebihan, lebih bagus lagi tanpa campuran bahan lain/kopi murni.

2. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Jika Anda telah difonis menderita diabetes, maka Anda harus selalu menjaga pola hidup Anda dan jangan sampai kadar gula Anda naik.

Jika seseorang sudah difonis penyakit diabetes, tentu saja hidupnya tidak seperti orang normal pada umumnya.

Ternyata, penyakit yang sangat berbahaya ini dapat dikurangi resikonya dengan mengkonsumsi kopi.
Penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang secara rutin meminum kopi selama 4 tahun, memiliki resiko terserang diabetes tipe 2 lebih rendah 11% dari orang yang tidak pernah meminum kopi.

Hasil penelitian ini tentu saja sangat mengejutkan, terlebih lagi bagi sebagian orang kopi termasuk minuman yang kurang sehat karena mengandung kafein.

Dengan banyaknya manfaat kopi untuk kesehatan, Anda juga harus menjaga konsumsi kopi agar tidak berlebihan.

Terlebih lagi mengkonsumsi kopi dengan kadar gula yang tinggi, hal ini sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan Anda. Ali-alih mengurangi resiko diabetes, malah Anda akan terserang diabetes jika menggunakan bahan campuran seperti gula yang berlebihan.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Hati

Manfaat kopi selanjutnya adalah mengurangi resiko penyakit hati, penyakit organ hati yang cukup mengancam kehidupan manusia adalah sirosis.

Sirosis merupakan penyakit mengerasnya organ hati, dan ini sangat berbahaya karena berdampak pada kematian seseorang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, seseorang yang mengkonsumsi 2 gelas kopi setiap harinya, dapat menurunkan resiko sirosis hingga 66%.

Baca Juga:

Begitu banyak manfaat kopi yang bisa Anda dapatkan, selain mengurangi resiko penyakit sirosis, Kopi juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker hati, batu empedu hingga pelemakan hati.

Namun perlu Anda ingat, manfaat kopi untuk kesehatan tubuh dapat dirasakan jika dikonsumsi dengan kadar yang sesuai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel