Langkah-Langkah Membuat Blog Gratis untuk Pemula

Langkah-Langkah Membuat Blog Gratis untuk Pemula. Anda mungkin tertarik untuk membuat blog sendiri setelah menjelajahi berbagai blog yang ada. Dengan adanya blog, Anda bisa berbagi banyak pengalaman atau hal-hal yang berguna untuk pembaca.

Di samping itu, Anda juga bisa mendapatkan profit berupa adsense. Bagi Anda yang ingin membuat blog secara gratis, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Cara Membuat Blog Gratis


Tahap Satu : Persiapan

Hal paling dasar yang patut Anda lakukan untuk membuat blog gratis adalah persiapan. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan? Anda bisa menyiapkan alat seperti komputer atau laptop yang dapat tersambung ke internet.

Setelah itu, tentukan topik apa saja yang ingin Anda bahas dalam blog Anda. Anda juga harus mempelajari berbagai topik seperti pengertian blog, kata kunci, riset kata kunci, dan mengetahui berbagai perbedaan jenis kata kunci.

Tahap Dua : Membangun Blog

Setelah mengetahui mengenai tahap persiapan dalam membuat blog, maka Anda juga harus membangunnya. Membuat blog seperti Blogspot sangat mudah dan semuanya disediakan dengan gratis.

Hal-hal yang patut Anda lakukan antara lain membuat email, membuat blog di Blogspot, mengenal bagian dan juga fungsi dari dasbor Blogspot, mengenal bagian Ikhtisar Blogspot, dan membuat postingan atau artikel.

Langkah-Langkah Membuat Blog Gratis untuk Pemula

Cara membuat blog gratis sendiri terbilang sangat mudah. Pertama, ketikkan blogger.com pada browsr Anda. Tampilannya mungkin akan berubah-ubah jika ada update dari Blogger.

Cari kata yang berbunyi ‘Buat Blog’ atau ‘Create Your Blog’. Lalu, Anda akan dialihkan ke Gmail untuk login. Anda bisa masuk ke akun Gmail Anda seperti biasa.

Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke page dashboard Blogspot. Pada Blogs List, Anda bisa mengisikan nama judul blog beserta alamatnya. Pastikan alamat blog Anda tersedia.

Jangan lupa juga untuk memilih tema dan menekan ‘Create Blog’ pada pojok kanan bawah. Setelah itu, blog Anda sudah jadi. Anda bisa memulai membuat postingan pada blog Anda.

Setelah Anda membuat blog gratis, Anda juga harus mengetahui beberapa menu pada Blogger yang penting untuk dikenali. Misalnya, seperti Pos yang berfungsi untuk menampilkan semua pos yang terdapat pada blog Anda.

Statistik yang berguna untuk menampilkan informasi statistika pada blog yang Anda miliki. Komentar yang menampilkan komentar yang telah diterbitkan, dan masih banyak lagi fitur yang perlu Anda ketahui.

Tahap Tiga: Optimalkan

Langkah selanjutnya dalam membuat blog yang patut Anda lakukan adalah optimalisasi blog. Anda tentunya tidak ingin blog Anda sia-sia tanpa adanya pembaca.

Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan optimalisasi, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Anda bisa menempuh berbagai langkah seperti mendaftarkan Blog Anda ke Google, menggunakan Webmaster Tools, menggunakan Bing Webmaster, dan lain sebagainya.

Tahap Empat : Monetize

Saat jumlah pengunjung blog Anda sudah banyak, maka langkah selanjutnya dalam membuat blog gratis yang bisa Anda tempuh adalah dengan melakukan monetize. Walaupun, tahap ini sebetulnya tidak begitu penting bagi orang yang tidak ingin mencari penghasilan di blog.

Untuk melakukan monetisasi pada blog Anda, Anda harus mengenal apa itu Google Adsense, cara mendaftar Google Adsense, dan beberapa hal lainnya yang terkait dengan adsense.

Nah, itu dia ulasan mengenai langkah-langkah membuat blog gratis untuk pemula. Dengan memiliki blog, Anda bisa membagikan berbagai pengalaman yang Anda miliki dan membagikan berbagai informasi kepada para pembaca.

Selain itu, blog juga bisa menjadi ladang penghasilan tambahan, tempat untuk berjualan online, dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel