Pengertian NFC dan Fungsinya pada Smartphone

NFC kini menjadi teknologi yang sering kita lihat dalam spesifikasi smartphone saat ini. Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui pengertian dan fungsi dari NFC ini, khususnya yang menggunakan hp kelas menengah keatas. Namun, sebagian orang masih belum paham kegunaan NFC yang mulai ramai dibicarakan karena fitur tambahan ini sudah banyak terdapat di smartphone kelas menengah kebawah.


Nah, dalam kesempatan ini kami akan memberikan sedikit pengertian NFC dan fungsinya agar Anda tidak bingung lagi dengan fitur tambahan ini. Oke langsung saja, berikut penjelasan singkatnya:

Pengertian NFC

NFC merupakan singkatan dari "Near Field Communication" yang merupakan sebuah teknologi untuk menjalin komunikasi jarak dekat antara dua buah perangkat yang kompatibel. Untuk melakukan proses tersebut, setidaknya dibutuhkan sebuah perangkat yang mampu mengirimkan sinyal dan perangkat lain mampu menerima sinyal.

Serangkaian perangkat yang mendukung NFC ini digolongkan menjadi dua tipe, yaitu pasif dan aktif. Perangkat NFC pasif pada umumnya memiliki ukuran yang kecil dan dilengkapi dengan transmitter agar dapat mengirimkan informasi ke perangkat NFC lain tanpa memerlukan sumber daya tersendiri. Contoh NFC pasif ini yang sering digunakan adalah kartu uang elektronik untuk sistem pembayaran transportasi Transjakarta dan KRL.

Sedangkan perangkat NFC aktif memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima data, berkomunikasi dengan satu sama lain dan juga mampu berkomunikasi dengan perangkat pasif. Smartphone adalah salah satu perangkat NFC yang umum digunakan oleh masyarakat, seperti penggunaan pembayaran uang elektronik di gerbang tol.

Fungsi NFC pada Smartphone



1. Melakukan Transaksi Pembayaran

Selain menggunakan ATM, ternyata hp Anda yang sudah mendukung fitur ini bisa digunakan untuk alat pembayaran tanpa menggunakan uang cash. Caranya, Anda tinggal menempelkan smartphone Anda dengan alat atau mesin pembayaran. Dengan fitur NFC, Anda tidak perlu repot-repot membawa uang cash dengan jumlah yang banyak, karena Anda tinggal menggunakan NFC ini sebagai alat pembayaran yang efisien dan juga praktis.

2. Melakukan Transfer File atau Data

Jika Anda sering melakukan transfer data, seperti video, foto atau lain sebagainya, NFC ini menjadi salah satu fitur transfer data yang sangat praktis. Pasalnya, Anda tidak perlu menggunakan kabel data, menghubungkan hp terlebih dahulu seperti bluetooth.

3. NFC Tag

NFC Tag adalah: Anda dapat membuka aplikasi, melakukan panggilan telepon dan mengirimkan pesan hanya dengan menempelkan hp Anda ke mesin NFC Tag tersebut. Fungsi NFC ini juga sudah banyak dimanfaatkan di beberapa sektor industri, seperti toko dan perusahaan besar. Misalnya, Anda menggunakan NFC Tag ini untuk memperlihatkan detail barang, stok barang dan juga harga barang.

Baca Juga: Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Itulah pengertian NFC dan fungsinya pada smartphone. Jadi, jangan bingung lagi dengan fitur tambahan ini yang sudah mulai banyak terdapat di smartphone kelas menengah kebawah. Karena, semua kecanggihan teknologi sekarang ini sudah mulai di adaptasi dan kebiasaan yang terbilang ketinggalan zaman akan tergantikan dengan munculnya NFC.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel