Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Pengertian teknologi secara umum ialah keterampilan seseorang dalam menciptakan alat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan merubah sumber daya alam menjadi berbagai macam alat-alat sederhana yang bertujuan menyelesaikan permasalahan dan pekerjaan manusia sehari-hari.

Istilah teknologi sendiri berasal dari gabungan dua kata, yaitu techne dan logos. Dalam bahasa Yunani, kata techne sendiri memiliki arti keterampilan sedangkan logos berarti ilmu. Penggunaan istilah teknologi sendiri diadopsi dari bahasa inggris "Technology" sejak abad ke-20 yang bersamaan dengan berakhirnya Revolusi Industri Kedua.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli


Agar lebih memahami makna/arti teknologi, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Manuel Castells

Menurut Manuel Castells, Pengertian teknologi adalah suatu alat dan aturan yang memiliki prosedur penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat diulang.

2. Iskandar Alisyahbana

Menurut Iskandar Alisyahbana, Pengertian teknologi adalah cara mengerjakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal. Sehingga dapat memperkuat, memperpanjang, atau menjadikan anggota tubuh manusia seperti panca indra dan otak manusia lebih ampuh.

3. Merriam Webster

Menurut Merriam Webster, Pengertian teknologi adalah penerapan pengetahuan yang praktis khususnya dibidang tertentu. Seperti mengerjakan tugas terutama menggunakan proses teknis, metode, pengetahuan dalam aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

4. Jacques Ellil

Menurut Jacques Ellil, Pengertian teknologi adalah gabungan keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

5. Gary J. Anglin

Menurut Gary J. Anglin, Pengertian teknologi adalah penerapan ilmu, perilaku, alam, serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem yang bertujuan untuk memecahkan masalah manusia.

Sejarah Teknologi

Pada abad ke-18 merupakan babak awal bagi Revolusi Industri di Inggris. Adanya penemuan teknologi-teknologi terbaru dibidang pertanian, pertambangan, manufaktur, dan lain sebagainya. Kemajuan sains dan penemuan berbagai konsep telah memungkinkan adanya perkembangan teknologi yang lebih maju. Pada awal abad ke-20 perkembangan teknologi dalam bidang transportasi berkembang pesat, seperti kereta api dan pesawat terbang.


Kemudian pada abad ke-20 semakin banyak penemuan teknologi terbaru. Misalnya dalam bidang fisika ditemukannya fisi nuklir yang memicu penemuan di bidang senjata dan tenaga nuklir. Selain itu, komputer juga mulai mengecil ukurannya berkat transistor dan sirkuit yang terintegrasi. Perkembangan teknologi informasi juga sangat pesat, pada abad 21 yaitu ditemukannya internet yang mereformasi total tentang media informasi.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menjadikan teknik manufaktur maupun kontruksi yang kompleks sangat diperlukan untuk membuat dan menjaga seluruh teknologi terbaru. Mereka juga tidak lupa bahwa terdapat kewajiban untuk mengembangkan generasi terbaru sehingga tercipta berbagai macam peralatan bidang teknologi yang lebih kompleks. Teknologi modern juga sangat erat kaitannya dengan pendidikan dan pelatihan tertentu dari user atau juga pemakainya.

Jenis-Jenis Teknologi

Perkembangan teknologi saat ini telah menyentuh hampir semua bidang kehidupan manusia. Adapun jenis-jenis teknologi adalah sebagai berikut:

1. Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam bidang menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan akurat. Diantaranya produk informasi tersebut adalah: Televisi, radio, media online dan masih banyak lagi.

2. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam bidang berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan perangkat khusus. Teknologi komunikasi diantaranya adalah sebagai berikut: Hp, email, aplikasi chatting dan masih banyak lagi.

3. Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia berpindah tempat dari lokasi satu ke lokasi lainnya dengan waktu yang cepat. Teknologi transportasi diantaranya, kereta api, mobil, pesawat, kapal laut dan lainnya.

4. Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan dimana kegiatannya menggunakan alat bantu tertentu. Seperti metode pengajaran terbaru, peralatan laboraturium, komputer dan lain sebagainya.

5. Teknologi Medis

Teknologi medis adalah suatu teknologi yang berkaitan dengan dunia kedokteran dimana kegiatan medis sudah menggunakan teknologi komputer. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi medis diantaranya: Alat X-Ray, alat USG, tensimeter, termoter tubuh, stetoskop, alat suntik, infus dan masih banyak lagi.

6. Teknologi Kontruksi

Teknologi kontruksi adalah teknologi yang berhubungan dengan struktur bangunan. Seperti alat berat, metode kerja, gambar struktur dan lain sebagainya.

Manfaat Teknologi untuk Manusia


Manfaat teknologi pada dasarnya adalah untuk mempermudah dan mempercepat segala aktivitas manusia dalam berbagai bidang. Adapun beberapa manfaat teknologi bagi manusia dalam setiap bidang adalah sebagai berikut:

1. Bidang Informasi dan Komunikasi

Manfaat yang paling terasa dari teknologi di bidang informasi dan komunikasi adalah proses yang cepat, mudah dan murah. Jika jaman dulu kita berkomunikasi jarak jauh menggunakan surat, telegram dan telpon rumah, sekarang kita dapat dengan mudah berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan smartphone, aplikasi chatting dan email.

2. Bidang Pendidikan

Teknologi juga memberi manfaat dan kemudahan dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah sistem pembelajaran e-learning system. Dengan sistem pembelajaran terbaru ini, peserta didik tidak harus datang ke sekolah, cukup membuka website/aplikasi dan membuka materi belajar secara online.

3. Bidang Ekonomi dan Bisnis

Manfaat teknologi dalam bidang ekonomi dan bisnis sekarang ini diantaranya: Adanya mesin ATM (Automated Teller Machine) dan internet Banking yang mempermudah proses transaksi pembayaran. Selain itu, teknologi juga sangat berperan penting dalam bidang bisnis, seperti memudahkan proses delivery dengan adanya berbagai layanan ekspedisi yang memanfaatkan teknologi internet dan mobile. Fungsinya untuk mempercepat pengiriman barang dan aman sampai tujuan.

4. Bidang Medis

Manfaat teknologi dalam bidang medis juga sangat kita rasakan, dimana penemuan berbagai metode, obat-obatan, peralatan dan mesin terbaru dapat membantu pekerjaan dokter dan perawat untuk memberikan perawatan yang maksimal kepada pasien.

5. Bidang Transportasi

Teknologi bidang transportasi telah memberi banyak manfaat kepada manusia. Dengan adanya alat transportasi seperti, mobil, motor, pesawat, kapal laut, kereta api dapat mempercepat proses perjalanan manusia maupun pengiriman barang lebih cepat dan mudah.

Baca Juga: Teknologi Sebagai Penyemangat Belajar Anak

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian teknologi, sejarah teknologi, jenis dan manfaat teknologi yang banyak digunakan oleh manusia saat ini. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel