5 Tips Mencari Topik Konten yang Menarik

5 Tips Mencari Topik Konten yang Menarik. Memiliki blog dengan traffic pengunjung yang ramai adalah impian semua Blogger. Salah satu strategi untuk meningkatkan kunjungan adalah memiliki artikel dengan topik yang menarik dan populer. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan topik artikel yang menarik.

Tips Mencari Topik Konten


1. Hindari Mencari Keyword Melalui Google 

Menemukan topik konten yang menarik bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Beberapa Blogger biasanya mencari kata kunci melalui pencarian Google atau Google Keyword Planner sebelum menulis artikel. Cara ini mungkin bisa membantu, namun seringkali tidak efektif apalagi untuk blog yang terbilang baru.

5 Tips Mencari Topik Konten yang Menarik

Saat Anda memilih keyword dengan volume pencarian tinggi, Anda harus berhadapan dengan blog lain yang telah lebih lama mengudara dan memiliki SEO tinggi. Sedangkan saat menggunakan keyword dengan volume pencarian rendah, artikel yang Anda publikasikan bisa jadi tidak akan populer saat dipromosikan. Anda perlu melakukan riset untuk menemukan topik populer untuk meningkatkan pengunjung di blog Anda.

2. Mencari Topik Populer di Platform Media Sosial

Tidak hanya sekedar riset singkat melalui kolom pencarian Google, untuk menemukan topik konten yang menarik Anda perlu melakukan riset mendalam. Riset tersebut bisa Anda lakukan di berbagai platform media sosial seperti grup facebook atau Google Plus. Anda dapat tergabung ke grup-grup komunitas yang menjadi bahasan utama dalam blog Anda. Misalnya saja blog yang Anda miliki seputar otomotif, maka masuklah ke dalam forum-forum diskusi tentang otomotif.

Anda dapat mengamati bahasan apa yang paling sering dicari dan ditanyakan oleh anggota grup. Lakukan riset tentang topik tersebut dan tulis seorisinal mungkin. Cara ini terbukti lebih ampuh menaikkan SEO blog Anda daripada hanya mengandalkan Google Keyword Planner. Jangan lupa promosikan link blog Anda setelah publikasi di grup komunitas yang Anda miliki.

3. Cek Buku Populer di Amazon Kindle

Bagi Anda yang menulis blog berisi panduan, menggunakan cara riset seperti ini cenderung lebih efektif dan menghasilkan. Topik konten yang menarik bisa Anda dapatkan dengan melihat buku-buku populer yang ada di Amazon Kindle, situs toko buku online paling populer di dunia. Masukkan kata kunci yang ingin Anda bahas, lalu pilih salah satu buku populer. Klik preview buku dan lihatlah daftar isi dari buku tersebut. Meski hanya berupa sub bab, Anda dapat mengembangkan tema tadi menjadi artikel yang menarik.

4. Cek Situs Kursus Online Populer, Udemy 

Memiliki prinsip riset yang hampir sama dengan poin di atas, bagi Anda yang fokus menulis blog tentang teknologi situs ini wajib Anda jadikan rujukan untuk mencari topik populer. Masukkan kata kunci yang Anda inginkan pada kolom pencarian, pilih judul dengan rating yang baik serta lectures yang banyak. Klik judul tersebut dan amati daftar isi yang tersedia.

5. Temukan Inspirasi dari Blog Lain 

Cara ini mungkin sudah sering Anda terapkan. Hanya saja, kebanyakan blogger menulis ulang artikel dengan topik konten yang menarik atau asal menjiplak topik dari blog terkenal untuk diterapkan di blog. Cara ini terbilang kurang efektif dan dapat membuat blog Anda terkesan tidak orisinal.

Ada trik lain yang bisa Anda terapkan untuk menemukan topik dari blog terkenal agar tetap mendapatkan engagement yang tinggi. Sebelumnya tentukan blog yang akan Anda analisa. Kunjungi situs Social Count dan masukkan alamat blog sebelumnya. Tunggu beberapa saat hingga situs tersebut menampilkan artikel-artikel terpopuler dengan jumlah share terbanyak di sosial media. Anda dapat menuliskan topik tersebut dengan gaya tersendiri yang lebih lengkap serta mudah dipahami.

Apakah tips mencari topik konten yang menarik di atas mencerahkan Anda? Melakukan riset di berbagai forum dan platform cenderung lebih ampuh daripada hanya mengandalkan kolom pencarian Google. Memfokuskan blog pada satu topik juga akan membantu branding blog Anda sehingga memiliki audiens tertarget yang bisa Anda jadikan sasaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel