Gejala Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

Gejala Sering Buang Air Kecil di Malam Hari - Banyak orang waktu tidur harus terganggu karena ingin buang air kecil. Kondisi normal, buang air kecil di malam hari adalah hal yang biasa.

Namun, bagaimana dengan orang yang terlalu sering buang air kecil di malam hari? Pasalnya, banyak orang yang khawatir dengan kondisi seperti ini dan merasa sangat terganggu saat tidur.

Studi di Jepang mengatakan bahwa, buang air kecil di malam hari adalah kondisi Nocturia. Nocturia sendiri adalah kondisi dimana seseorang sering terbangun di malam hari karena harus buang air kecil.

Kondisi ini juga sangat berkaitan erat dengan Hipertensi dan asupan Garam Tinggi. Biasanya, orang yang tidak mengidap Nocturia bisa tidur hingga 8 jam tanpa harus buang air kecil.

Sedangkan pada orang yang mengidap Nocturia, bisa terbangun di malam hari 2-4 kali untuk buang air kecil. Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan waktu istirahat pun tidak maksimal.

Gejala Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

Berdasarkan studi di Jepang, gejala seseorang yang sering buang air kecil di malam hari memiliki masalah pada kandung kemih, tumor kandung kemih atau prostat.

Pasalnya, orang yang normal bisa tidur selama 8 jam tanpa harus terbangun untuk buang air kecil.


Orang yang sedang mengalami infeksi ginjal biasanya juga ditandai dengan sering buang air kecil saat tidur. Kondisi ini ditambah dengan rasa sakit di punggung dan demam.

Selain itu, kerusakan pada saraf juga bisa memicu terjadinya sering buang air kecil. Bertambahnya usia seseorang juga bisa menjadi faktor terjadinya masalah sering buang kecil.

Hal ini karena tubuh hanya bisa menghasilkan hormon Antidiuretik yang sedikit, yang berfungsi menahan cairan.

Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi sering buang air kecil di malam hari, mungkin saja Anda sedang mengidap salah satu penyakit diatas.

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

Untuk mengatasi gangguan masalah sering buang air kecil ini harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Jika penyebabnya karena Diabetes, maka cara mengatasi masalah tersebut dengan mengontrol gula darah.

Bila penyebabnya sering buang air kecil karena Infeksi, bisa ditangani dengan mengkonsumsi obat Antibiotik.

Nah, jika Anda sering buang air kecil di malam hari karena masalah Kandung Kemih, bisa Anda atasi dengan cara berikut:

1. Melatih Kandung Kemih

Cara pertama bisa Anda lakukan dengan melatih kandung kemih, yaitu mengendalikan jarak waktu saat buang air kecil. Hal ini berfungsi untuk melatih kandung kemih Anda agar terbiasa menahan urine dalam waktu sedikit lama. Sehingga frekuensi saat buang air kecil tidak terlalu sering.

2. Menjaga Pola Makan

Kurangi mengkonsumsi Kafein, Soda, Tomat, Makanan Pedas, Coklat dan Pemanis Buatan.

Karena makanan-makanan tersebut dapat memicu produksi urine berlebih, yang membuat Anda terlalu sering buang kecil di malam hari.

3. Pengobatan Akupuntur

Gangguan sering buang air kecil juga bisa Anda atasi dengan pengobatan alternatif seperti Akupuntur.

Cara ini bisa Anda pakai jika ingin hasil yang cepat dan jangan lupa diimbangi dengan obat dokter.

4. Kurangi Asupan Garam

Selain ketiga cara diatas, masalah sering buang kecil juga bisa Anda tangani dengan mengurangi konsumsi garam.

Kadar garam berlebih yang Anda konsumsi dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak cairan, baik melalui keringat maupun urine.

Baca Juga:

Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Dr. Matsuo Tomohiro di Universitas Nagasaki Jepang membuktikan bahwa Pria dan Wanita yang mengkonsumsi garam tinggi lebih sering mengalami masalah tidur yang disebabkan buang air kecil berlebih.

Hal ini karena kandung kemih lebih cepat memproses kadar garam dan langsung mengeluarkannya.

5. Kesimpulan

Semua diagnosis dan cara mengatasi diatas barulah analisa semata. Untuk memastikan Anda harus memeriksakan kondisi yang sedang Anda alami kepada dokter yang berkompeten di bidangnya. Agar gejala dan kondisi sering buang air kecil bisa ditangani dengan lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel