10 Jenis Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

10 Jenis Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil - Kurang darah disebut juga dengan "Anemia". Kondisi dimana jumlah sel pada darah merah atau Hemoglobin berada dibawah normal dan kondisi ini sering dialami oleh Ibu hamil.

Oleh karena itu, ibu yang sedang hamil perlu memperhatikan makanan dan minuman yang di konsumsi. Khususnya adalah makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin.

Khususnya ketika usia kandungan 3 bulan, kebutuhan zat besi mulai meningkat. Dengan begitu, sang ibu perlu meningkatkan juga suplai makanan terutama makanan yang mengandung banyak zat besi sebagai bahan baku untuk menghasilkan sel darah merah.

Berikut ini adalah jenis sayuran penambah darah yang sangat efektif untuk ibu hamil.

10 Jenis Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil


1. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sudah umum diketahui oleh banyak orang khususnya para ibu.

Sayuran bayam mengandung banyak serat, kalsium, protein nabati sampai dengan vitamin A dan E. Semua kandungan yang terdapat dalam bayam ini sangat efektif membantu pembentukan hemoglobin/sel darah merah.

Sangat cocok untuk ibu hamil untuk mencegah terjadinya kondisi kurang darah. Selain itu, bayam juga bisa diolah menjadi aneka makanan yang lezat.

2. Wortel

Wortel sangat terkenal dengan Vitamin A-nya yang bagus untuk menyehatkan mata. Namun tahukah Anda?

Wortel juga sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan sirkulasi darah serta mengatasi darah rendah.

Untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya, Anda bisa membuatnya menjadi jus wortel dengan sedikit madu dan diminum saat pagi hari.

3. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran penambah darah selanjutnya yang bisa Anda pilih. Di dalamnya terdapat kandungan zat besi dan asam folat yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, terdapat pula vitamin C yang membantu proses penyerapan akan zat besi dalam tubuh.

4. Kentang

Selain mengandung banyak sekali karbohidrat, kentang juga terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Jadi, tidak ada salahnya menambahkan kentang ke daftar makanan Anda sebagai penambah darah. Untuk hasil yang maksimal, cobalah konsumsi kentang dengan cara direbus/kukus agar lebih sehat.

5. Kubis

Kubis adalah sayuran yang memiliki banyak jenis, ada kubis putih, kubis ungu dan kubis hijau. Selain jenisnya yang banyak, kubis juga terdapat banyak kandungan yang baik untuk kesehatan.

Seperti asam folat yang cukup tinggi sekitar 43 mg/100gram dan juga memiliki manfaat dalam mencegah tumbuhnya sel kanker.

6. Kacang Kacangan

Kacang kacangan menjadi pilihan makanan yang baik untuk penambah darah. Selain bagus untuk penambah darah, kacang kacangan juga terdapat unsur protein nabati yang tinggi.

Jenis kacang yang bisa ibu pilih adalah kacang merah, kedelai, kapri, buncis, lentil, hijau dan kacang polong.

7. Labu

Labu adalah jenis sayuran yang terkenal dengan seratnya yang tinggi. Namun, sebenarnya tidak hanya itu saja.

Di dalam labu terdapat kandungan yang baik untuk menambah darah ibu hamil. Selain itu, labu juga terdapat asupan zat besi sebanyak 1,4 mg/100 gram yang bagus untuk kesehatan ibu hamil.

Labu juga bisa diolah sebagai aneka makanan dalam bentuk sayur maupun makanan manis seperti kolak labu.

Baca Juga:

8. Selada

Selada terdapat kandungan mineral dan vitamin yang lumayan banyak. Misalnya saja asam folat yang terdapat di dalamnya mencapai 29 mcg/100gram.

Hal ini tentu saja, selada bisa menjadi daftar sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan tubuh dan penambah darah.

9. Ginseng

Ginseng adalah jenis tanaman yang berasal dari negara Korea. Tanaman ini sudah dipercaya khasiatnya dari zaman dahulu.

Ginseng mampu mengatasi masalah darah rendah dan terbukti bisa menstabilkan tekanan darah Anda.

Untuk mengomsumsi ginseng, Anda bisa mendapatkan khasiatnya dalam bentuk suplemen yang aman untuk bayi.

10. Daun Kemangi

Daun kemangi sering digunakan sebagai lalapan di sajian makanan. Walaupun hanya sebagai lalapan, ternyata daun kemangi juga terdapat kandungan yang sangat penting untuk menormalkan tekanan darah Anda.

Misalnya terdapat Pottasium, Magnesium, Vitamin C dan B5 yang sangat baik untuk kelangsungan asupan darah Anda.

Uraian diatas adalah jenis sayuran penambah darah yang bisa Anda pilih. Selain berkhasiat menambah darah, tentunya banyak manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh.

Tips kesehatan lainnya yang perlu Anda terapkan adalah konsumsi sayuran dengan taraf yang wajar dan jangan hanya terpaku pada satu jenis sayuran saja.

Lengkapi kebutuhan makanan Anda dengan jenis makanan dan minuman sehat lainnya. Seperti buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan vitamin, minuman sehat seperti susu dan air putih.

Jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga dan istirahat yang cukup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel