Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kelima

Perangkat komputer memang mengalami pengembangan yang cukup lama. Sebuah teknologi komputer yang dimulai dari super komputer dengan ukuran yang besar pada masa itu. Seiring berjalannya waktu, komputer menjadi teknologi yang lebih canggih dan akhirnya bisa sampai seperti sekarang ini. Lalu, bagaimana sejarah perkembangan komputer generasi kelima? Berikut penjelasan singkat dari sejarah perkembangan komputer generasi kelima yang membawa banyak perubahan dan dampak positif khususnya bidang teknologi.

Sejarah Komputer

Komputer pertama kali ditemukan oleh "Charles Babbage" yang dikenal dunia sebagai penemu sejarah komputer pertama kali. Lewat penemuannya ini, mampu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia hingga sekarang ini.


Mesin penghitung atau Difference Engine no 1 yang telah ditemukan oleh Charles Babbge merupakan salah satu icon yang paling populer dan terkenal dalam sejarah. Babbge juga dikenal sebagai bapak komputer, The Charles Babbage Foundation. Nama ini digunakan untuk menghargai jasa atas penemuannya terhadap dunia komputer.

Perkembangan Komputer

Sejarah perkembangan komputer selalu mengalami perubahan dari generasi ke generasi berikutnya. Tentunya proses perkembangan komputer dari jaman dulu hingga sekarang ada yang mengawali, seperti penemu komputer pertama kali"Charles Babbage".


Dengan seiring berjalannya waktu, teknologi komputer semakin dikembangkan dari komputer generasi pertama sampai komputer generasi kelima seperti sekarang ini. Lalu perubahan apa saja yang terjadi dari generasi pertama hingga saat ini? Berikut penjelasannya:

1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Sejarah komputer pertama yaitu Digital Elektronik atau ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Program ENIAC sudah dirancang sejak tahun 1942, namun baru mulai dikerjakan pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W Maunchly di "Universitas of Pennsylnavia" dan selesai pada tahun 1946.

Saat pertama kali dioperasikan, program ENIAC membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar yaitu 140 kilowatt. Hal ini sangat wajar, karena bentuk program ENIAC yang sangat besar dan memiliki bobot mesin lebih dari 30 ton.

Sejarah komputer generasi pertama memiliki ciri khusus dalam pengoperasian, yaitu Instruksi mengoperasikan dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki kode program seperti Kode-Biner. Tentu saja hal ini membuat program komputer sulit untuk dioperasikan dan membatasi kecepatannya.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Pertama

  • Ukuran mesin yang besar dan memerlukan banyak ruang
  • Pemograman dibuat khusus untuk mengerjakan tugas tertentu
  • Program hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin
  • Membutuhkan daya listrik yang besar
  • Menggunakan konsep Storage Program dengan memori utama Magnetic Core Storage dan memiliki daya simpan yang kecil
  • Prosesnya kurang cepat

2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Perubahan perkembangan komputer generasi kedua adalah ditemukannya alat Transistor. Alat ini berfungsi untuk memaksimalkan kinerja komputer agar lebih cepat dan dengan ukuran yang sangat kecil. Pada tahun 1959-1960 para ilmuwan mulai menggarap komputer generasi kedua ini, yang mampu mempengaruhi perkembangan komputer pada saat itu.

Mesin pertama yang menggunakan teknologi ini adalah "Super Komputer". IBM telah membuat Super Komputer yang bernama Stretch, Sprery Rand dan juga membuat komputer bernama Larc. Komputer generasi kedua ini telah menggantikan pemograman bahasa mesin dengan menggunakan bahasa Assembly. Assembly merupakan bahasa singkatan yang digunakan untuk mengganti Kode Biner.

Pada awal tahun 1960, komputer generasi kedua telah sepenuhnya menggunakan Transistor yang digabungkan dengan komponen lain seperti Printer, Memory, Sistem Operasi dan Program. Salah satu contoh komputer yang masih ada saat ini adalah IBM 1401. Pada tahun 1965, hampir semua industri bisnis menggunakan komputer generasi kedua dalam memproses informasi keuangan bisnis.

Komputer generasi kedua ini juga sudah memiliki tempat penyimpanan data sendiri. Yaitu kapasitas memori utama didapat dari Magnetic Core Storage dan menggunakan bentuk simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Disk.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua

  • Proses operasi perangkat yang lebih cepat
  • Ukuran mesin sudah lebih kecil
  • Kebutuhan daya listrik yang semakin kecil
  • Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage
  • Menggunakan bahasa pemograman tingkat tinggi, yaitu COBOL dan FORTRAN

3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Perkembangan komputer generasi ketiga dimulai saat seorang ilmuwan bernama Jack Billy melakukan penelitian. Jack Billy menganggap penggunaan Transistor membuat kinerja komputer lebih cepat panas. Kemudian pada tahun 1958, Jack Billy telah menemukan komponen yang lebih canggih lagi untuk menggantikan Trasistor, yaitu IC (Integrated Circuit). IC adalah sebuah chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu.

IC dibuat pertama kali oleh seorang yang bernama Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya terdapat 6 Transistor saja. Bisa kita bandingkan dengan processor saat ini yang mampu memiliki ratusan juta Transistor. Merupakan sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad. Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi IC menjadi salah satu ciri utama dan generasi kedua mulai ditinggalkan.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Ketiga

  • Peningkatan dari sisi sofware
  • Pemakaian daya listrik yang semakin kecil
  • Harga yang semakin murah dibandingkan generasi sebelumnya
  • Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain
  • Kecepatan pemograman yang lebih cepat 10.000 kali dari komputer generasi pertama
  • Kapasitas memori lebih besar dan mampu menyimpan ratusan ribu karakter

4. Komputer Generasi Keempat (1979-2000)

Sejarah komputer generasi keempat memiliki tampilan monitor yang masih menggunakan satu warna (green color). Contoh komputer generasi keempat adalah: Apple II, PDP-11,VisiCalc dan IBM 370. Apple I dan Altair pada generasi keempat ini sudah menggunakan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor) dengan bahasa pemograman Microsoft Basic.

Perkembangan komputer generasi keempat ini belum satupun yang PC-Compatible / Macintosh Compatible. Sehingga pada generasi keempat ini belum memiliki standar sebuah komputer terutama personal komputer (PC). Dari sinilah istilah "PC" muncul. Artinya perangkat komputer mulai dipasarkan untuk perorangan. Semakin maju perkembangan teknologi, muncullah komputer yang mudah dibawa kemana-mana yaitu "Laptop".

5. Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima yaitu pada saat sekarang ini. Komputer generasi kelima ini juga sering disebut komputer generasi masa depan. Banyak sekali pengembangan yang dilakukan oleh berbagai Vendor Elektronik yang bertujuan membuat perkembangan teknologi semakin canggih.

Baca Juga:

Beberapa bukti perkembangan teknologi di antaranya adalah munculnya Smartphone, Tablet, Netbook, Ultrabook, Phablet dan masih banyak lagi. Perkembangan generasi kelima ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan teknologi pemadatan ribuan Microprocessor di dalam sebuah Microprocessor saat ini.

Ciri- Ciri Komputer Generasi Kelima

  • Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentunya banyak memiliki pengembangan
  • Fitur yang semakin banyak
  • Proses informasi dan pemograman yang lebih cepat

Secara prinsip, sejarah perkembangan komputer generasi kelima akan hadir dengan lebih canggih dan memiliki kemampuan diantaranya: Melihat, berbicara, mendengar dan mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Jadi, jangan heran jika komputer generasi kelima ini akan memiliki kecerdasan seperti manusia.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kelima"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel