Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Fashion

Bisnis fashion dianggap lebih mudah dan aman sehingga banyak dari pebisnis pemula terjun ke dunia fashion karena dengan barang seperti baju tidak akan basi oleh lekangnya waktu. Berbeda dengan bisnis kuliner yang memiliki resiko besar dengan kualitas harga tidak stabil. Namun banyak yang mengalami pebisnis fashion terseleksi oleh alam dan akhirnya gulung tikar.

Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Fashion

Sebelum Anda memulai berbisnis fashion, ada kalanya Anda mempertimbangkan bisnis ini dengan melihat segala kelebihan maupun kekurangannya karena dunia fashion merupakan bisnis yang mencangkup modal besar. Untuk menambah pengetahuan Anda, mari kita simak selengkapnya dalam menjalankan bisnis ini baik secara online maupun offline.

Kelebihan Bisnis Fashion

Memang bisnis ini memiliki banyak kelebihan yang cukup menggiurkan. Penasaran apa saja, berikut daftarnya.

1. Produk Tidak Memiliki Expired Atau Tidak Mudah Basi

Bisnis fashion tidak seperti pebisnis kuliner yang memperhatikan produk bahan baku. Adapun penyimpanannya dapat dilakukan dalam waktu lama tanpa merepotkan apakah basi atau tidaknya pada produk tersebut sehingga bisnis ini lebih sering dianggap bisnis yang sangat aman.

2. Memiliki Banyak Peminat

Baju sebagai bahan pokok baik pria maupun wanita cenderung banyak dicari dicari. Karena itulah orang akan berbondong-bondong menyerbu dunia fashion.

Belum lagi jika terdapat diskon pada musim lebaran serta pameran yang mendukung para fashionpreneur dalam memamerkan produknya. Hal ini kerap menjadi pebisnis fashion banyak digandrungi oleh konsumen untuk melengkapi kebutuhannya.

3. Bisa Dijual Dimana Saja, Kapan Saja Tanpa Pusing Memikirkan Harus Punya Toko Offline

Pada era modern yang banyak menggunakan digital, bisa menjadikan multifungsi untuk berjualan bisnis fashion. Toko offline sudah tidak terlalu menjadi prioritas karena yang terpenting adalah peminat trafik toko online semakin meluas. Dengan begitu maka Anda dapat menjalankan bisnis ini kapan dan dimanapun.

4. Sebagai Penyaluran Hobi

Bagi fashionpreneur terjun pada dunia bisnis fashion dikarenakan kesukaannya untuk mendesain pakaian dan dapat memberi harapan untuk mengapresiasi perasaan senang jika kebanyakan orang membeli produk tersebut.

5. Tidak Masalah Dengan Pendistribusian Karena Bahan Tidak Fragile

Bahan pakaian yang terbuat dari kain selain tidak muda basi juga tidak mudah pecah, dengan begitu akan sangat aman untuk didistribusikan dimanapun meskipun jarak pengirimannya lama dan jauh.


Kekurangan Bisnis Fashion


1. Persaingan Ketat

Para pebisnis fashion sudah banyak diberbagai penjuru dunia sehingga memulai bisnis ini sudah pasti persaingannya ketat. Belum lagi toko pakaian yang sifatnya online seperti online shop, maka dampaknya banyak pelaku pebisnis ini mengalami gulung tikar.

2. Modal Cukup Besar

Realitanya menjual produk pakaian butik tentu harus dengan harga yang sangat tinggi padahal kebanyakan konsumen tertarik pada harga yang murah. Jika ingin menarik atensi calon pembeli membutuhkan waktu yang lama sehingga mengakibatkan kondisi produk dikejar oleh trend.

3. Pakaian Tahan Lama Sehingga Tingkat Repeat Order-nya Kecil

Jika makanan dapat dibeli dengan sekali habis dan dapat dibeli lagi, lain halnya dengan pakaian yang seringkali membeli produknya lagi tidak dalam jangka waktu dekat. Kebanyakan jika pakaian yang dibeli masih bagus maka menjadi alasan untuk menolak membeli lagi.

4. Trend Mudah Berubah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa bisnis fashion tidak mudah basi. Namun, bukan berarti Anda membiarkan produk tersebut mengendap karena pada umumnya trend pakaian wanita hanya bekisar 6 bulan sampai 1 tahun saja.

Baca Juga:

Jika produk mengendap diatas 6 bulan Anda perlu memasang strategi seperti diskon atau cuci gudang.

5. Biaya Marketing Besar

Seringkali biaya modal untuk marketing lebih besar daripada biaya poroduksi. Itulah alasan kenapa pakaian butik tidaklah murah. Misalnya untuk biaya endorse pada selebgram atau dipasarkan pada media Facebook, Instagram Ads, Google Adwords, dll.

Adapun fashion kini sudah tidak lagi menjadi satu-satunya kebutuhan primer karena perekonomian yang semakin melonjak menjadikan fashion kurang diminati oleh pembeli untuk berbelanja. 

Sehingga pakaian bukanlah kebutuhan utama lagi. Akan lebih baik jika Anda akan menjalankan bisnis,lakukan dahulu riset mendalam.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan apabila Anda bergelut pada dunia fashion. Dari artikel diatas dapat diambil manfaatnya sehingga dapat menjadi solusi yang sedang Anda hadapi untuk memulai berbisnis fashion.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel