Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Properti untuk Jangka Panjang

Sebagai pemula, sepertinya Anda memerlukan kiat sukses menjalankan bisnis properti benar kan? Pengusaha yang menjalankan bisnis real estate memang sudah mulai menjamur di Indonesia, tapi Anda tidak perlu mundur hanya karena sudah memiliki banyak pesaing.

Untuk menjadi sukses, yang perlu dilakukan adalah tetap menjadi diri Anda sendiri sekaligus melakukan kiat-kiat unik yang tidak banyak dilakukan oleh pebisnis lain. Berikut ini tips dari kami agar usaha properti Anda sukses sejak awal dibangun. Semangat mencoba!

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Properti

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Properti untuk Jangka Panjang

1. Miliki Identitas Resmi

Saat Anda baru akan memulai merintis bisnis properti, pastikan bahwa identitas sebagai pebisnis itu melekat selalu pada diri. Hal ini hanya bisa terjadi apabila Anda melakukan promosi yang memang, membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Promosi di masa lalu memang biasa dilakukan dengan cara memasang iklan di koran atau di belakang buku telepon. Namun saat ini, ada media sosial yang bisa digunakan sebagai sarana promosi yang lebih luas lagi dan tentu lebih mudah dilakukan. Selain dengan media sosial, Anda juga harus berlaku ramah terhadap masyarakat sekitar untuk melebarkan sayap koneksi yang di masa depan pasti berguna.

2. Cari Properti dengan Lokasi Potensial

Nantinya, Anda akan mencarikan properti kepada calon penyewa maupun pembeli. Di sini, Anda akan melayani berbagai permintaan mereka, inilah pentingnya mencari lokasi properti yang potensial alih-alih memilih yang sesuai dengan keinginan Anda atau sekedar cari yang murah saja.

Menyewakan atau menjual properti di lokasi pontensial akan lebih banyak dicari orang, entah oleh mereka yang berprofesi sebagai karyawan muda yang menginginkan perumahan dekat area bisnis kota atau pengusaha yang ingin mencari kantor di kawasan strategis. Apalagi, harga real estate di lokasi potensial cenderung stabil.

Kiat sukses menjalankan bisnis properti juga membutuhkan keahlian mampu melihat celah dan potensi akan suatu daerah yang akan berkembang. Misalkan di salah satu daerah di kota Anda sedang tersebar berita akan dibangun bandara, maka coba bermain game di sana. Melihat celah yang menguntungkan ini akan membuat Anda lebih cepat maju. Anda setuju?

3. Mengajak Kenalan dan Teman untuk Investasi Di Usaha Anda

Memulai sebuah usaha membutuhkan biaya yang besar, inilah mengapa Anda perlu mencari investasi dari berbagai kalangan. Selain supaya tidak menghabiskan uang Anda sendiri dan menghindari kerugian yang lebih besar, kucuran dana dari teman atau relasi bisa menolong.

Baca Juga:

Secara tidak langsung, ini juga menjadi media marketing Anda sendiri. Mereka yang berinvestasi pada Anda pastinya tidak mau buntung sehingga mereka pasti akan membantu memasarkan bisnis ini. Pun semakin banyak relasi, usaha Anda akan semakin dikenal secara luas.

4. Melayani Client dengan Ramah

Setiap orang memiliki sikapnya masing-masing, begitu juga dengan client Anda nantinya. Beberapa akan menyenangkan diajak berdiskusi, tapi pasti ada yang sebaliknya, galak, judes, atau malah banyak maunya. Walau begitu, hadapi semuanya dengan tenang dan profesional. Anda tidak akan pernah tahu bahwa klien ini nantinya bisa ikut menarik orang lain untuk menjadi pelanggan selanjutnya.

Selain itu, perbanyak pilihan mengenai properti Anda sehingga akan banyak pilihan yang bisa dijadikan referensi pelanggan nantinya. Hal ini pun bisa jadi nilai plus dalam menjalankan bisnis properti.

5. Miliki Perhitungan Pendapatan dan Pengeluaran yang Jelas

Beberapa usaha tidak lama gulung tikar bukan karena kurangnya promosi atau malah tidak bisa melayani pelanggan dengan baik, melainkan karena tidak memiliki buku kas yang jelas. Kiat sukses menjalankan bisnis properti pun terletak pada kerapian dan ketegasan Anda dalam mengelola uang masuk dan keluar dari kas usaha.

Sering kali pengusaha merasa kaya raya karena memiliki uang banyak di kasnya sehingga ia membelanjakan uang tanpa perhitungan. Alih-alih memberi makan ego sendiri, sebaiknya lakukan perputaran pada pendapatan sehingga uang mengalir dari berbagai tempat. Lakukan hitungan uang kas setiap hari, dengan begitu semua akan rapi dan mempermudah di hari-hari berikutnya.

Tidak hanya dalam bisnis properti, kunci keberhasilan dalam memulai bisnis adalah ketekunan, marketing dan mau belajar setiap saat. Dengan begitu, Anda akan berusaha melakukan hal-hal baru dalam usaha ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel