Manfaat Bawang Merah untuk Bayi sebagai Obat Alami

Manfaat bawang merah selain sebagai pelengkap bumbu dapur, ternyata tersimpan khasiat lain yang sangat bermanfaat. Yaitu sebagai obat alami untuk mengatasi beberapa penyakit yang dialami oleh anak dan orang dewasa. Maka dari itu, tidak ada salahnya sang Ibu juga memanfaatkan bawang merah sebagai obat alami untuk si kecil.

Manfaat Bawang Merah untuk Bayi sebagai Obat Alami

Sebelum Anda mengetahui manfaat bawang merah, tidak ada salahnya mengetahui kandungan yang terdapat di dalam bawang merah terlebih dahulu. Berikut penjelasannya:

Kandungan Bawang Merah

  • Bawang merah terdapat karbohidrat dan zat gula, yang berfungsi sebagai sumber energi utama dalam tubuh agar tubuh lebih kuat.
  • Protein, berfungsi untuk memperlancar metabolisme sel dan generasi sel agar bekerja sebagai mana mestinya.
  • Vitamin C, B6, Kalsium dan Zat besi. Yang masing-masing memiliki fungsi untuk memperkuat kekebalan tubuh, menjaga kesehatan syaraf, menjaga kesehatan gigi dan tulang dan memperlancar pengangkutan oksigen keseluruh jaringan darah dalam tubuh.
  • Kalium, Folat, Kromium, berfungsi untuk memperkuat sistem kinerja jantung, menormalkan kinerja syaraf dan pembakar lemak.

Selain kandungan dan manfaat bawang merah diatas, Bawang merah juga memiliki mineral yang tidak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk si bayi, berikut penjelasannya:

Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung memang sering dialami oleh bayi, hal ini dikarenakan posisi Ibu saat menyusui bisa saja kurang tepat yang menimbulkan angin masuk dan perut bayi jadi kembung. Jika hal ini terjadi, pasti bayi akan rewel dan susah tidur.

Untuk cara penggunaan bawang merah bisa Ibu parut atau tumbuk dan tambahkan baby oil. Oleskan campuran bawang merah dan baby oil ke perut si kecil. Hal ini akan membuat perut bayi lebih hangat dan kembung pada anak pun teratasi.

Mengatasi Demam

Ramuan bawang merah sebagai penurun panas untuk bayi memang sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Cara membuat ramuan ini pun cukup mudah, Ibu hanya butuh 3-4 siung bawang yang sudah diparut. Lalu campurkan minyak kayu putih atau minyak kelapa, dan oleskan pada tubuh bayi terutama bagian ubun-ubun, dada, punggung dan perut.

Baca Juga:

Sebetulnya masih banyak lagi manfaat bawang merah yang bisa Anda dapatkan, terutama untuk orang dewasa. Seperti meredakan flu dan batuk, melancarkan sirkulasi darah dan sebagai antibakteri dan antivirus.

Sedangkan manfaat bawang merah untuk bayi yang bisa Anda dapatkan, jika bayi Anda mengalami kembung dan demam ringan saja. Untuk selain gangguan diatas, ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

0 Response to "Manfaat Bawang Merah untuk Bayi sebagai Obat Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel