Mengenal Bisnis Fintech di Indonesia dan Potensinya

Sektor finansial di semua negara memang sangat penting sebagai tiang utama perekonomian agar tetap maju dan berkembang. Maka tak heran perlu adanya perkembangan yang fleksibel dalam mengikuti perkembangan zaman yang telah mengacu pada teknologi. Bukti nyata adanya perkembangan pada sektor finansial di era teknologi adalah munculnya fintech atau disebut juga dengan financial technology.

Mengenal Bisnis Fintech di Indonesia dan Potensinya

Bisnis Fintech di Indonesia

Telah adanya dan terus berkembangnya bisnis fintech di Indonesia ini memang sebuah hal yang positif karena selain memajukan perekonomian, dapat memudahkan segala urusan yang ditemui oleh beberapa orang. Namun sebagian orang bahkan belum mengenal dengan betul mengenai bisnis fintech dan bagaimana potensinya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bisnis serta potensi dari fintech.

Pelayanan Keuangan dengan Teknologi

Konsep dari bisnis fintech sendiri sebenarnya sederhana untuk memudahkan semua orang dalam hal perekonomian. Atau dapat di artikan sebagai pelayanan keuangan yang prosesnya lebih mudah dan efisien dengan menggunakan sistem online atau software internet. Bisnis fintech sendiri mulai bermunculan pada awal tahun 2000 sampai sekarang penyebarannya telah luas di negara Indonesia.

Di beberapa Perusahaan Fintech sendiri biasanya telah memiliki sebuah badan hukum yang aman. Di sisi lain, bisnis ini harus melewati regulasi hukum baru yang di miliki oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk proses lebih lanjut.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir dugaan penipuan atau beberapa tindakan ilegal yang dapat merugikan masyarakat. Maka semua orang dapat menggunakan layanan tersebut dengan aman sesuai peraturan.

Bisnis fintech di Indonesia ini lebih mengacu pada peminjaman modal keuangan, sehingga sebagian besar telah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak bank. Hal ini memastikan pembayaran dan semua proses akan berjalan dengan aman tanpa ada kecurigaan penipuan dan sebagainya.

Di sisi lain, bisnis fintech ini memiliki beberapa potensi yang bisa dikembangkan, antara lain sebagai berikut:

Potensi dalam Negeri

Jika di pahami lebih dalam lagi, perkembangan dan potensi dari bisnis fintech ini di Indonesia atau dalam negeri memiliki prediksi yang bagus. Kita semua mengetahui bahwa hingga sekarang ini Indonesia merupakan negara yang masih berjalan ke tahap lebih baik. Bukan tidak mungkin dan dapat dipastikan dari setiap tahunnya, Indonesia menjadi negara berkembang.

Maka tak heran jika Indonesia dapat menyerap semua hal-hal yang baru dan berbau teknologi seperti halnya bisnis fintech ini. Di beberapa negara maju seperti halnya Jepang, China dan sebagainya teknologi yang menyangkut perekonomian negara dikembangkan lebih baik. Hal ini dilakukan untuk menjaga perekonomian negara yang sangat penting dari tahun ke tahun.

Terlebih lagi sektor perekonomian dalam negeri Indonesia ini memang mengalami angka kenaikan dari tahun ke tahun. Maka bisnis fintech yang bergerak di bidang finansial teknologi sangat penting untuk menyokong. Dapat dipastikan dari tahun ke tahun potensi bisnis fintech ini akan mengalami kenaikan mengingat kebutuhan yang di miliki oleh setiap orang akan ekonomi berbeda-beda.

Potensi dalam Persaingan

Bukan suatu hal yang tidak mungkin jika seandainya bisnis fintech ini dari tahun ke tahun mengalami jumlah perkembangan. Hal ini dikarenakan mengingat persaingan yang ada di pasar perekonomian sangatlah ketat, oleh karena itu beberapa pemilik bisnis fintech akan terus berinovasi untuk mempertahankan nama mereka serta keberadaannya dalam persaingan.

Baca Juga:

Persaingan untuk menjadi yang terbaik tidak hanya berlaku untuk perusahaan bisnis fintech yang telah ada, namun persaingan ini dapat muncul dari orang-orang baru yang juga memulai atau membangun bisnis dengan jenis berbeda. Hal tersebut dapat kita temukan pada era sekarang ini dimana bisnis fintech dengan pelayanan peminjaman modal atau keuangan telah beredar banyak di pasaran.

Beberapa contoh tersebut antara lain adalah CekAja.com, Uang, Doku Teman dan juga Modalku telah ada dan bersaing mendapat tempat kepercayaan di hati masyarakat Indonesia. Dapat Anda lihat dari tahun ke tahun persaingan akan ketat dan potensi ini akan dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk memulai bisnis fintech dengan layanan baru di masyarakat.

Dan itulah definisi dan beberapa potensi dari bisnis fintech yang ada di Indonesia untuk Anda yang belum mengetahui atau mengenalnya.

0 Response to "Mengenal Bisnis Fintech di Indonesia dan Potensinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel