Peluang Usaha Lulusan IT yang Bisa Jadi Acuan Anda

Tidak harus bekerja di perusahan, peluang usaha lulusan IT juga masih terbuka lebar. Biasanya banyak lulusan IT yang memutuskan untuk mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan, tapi jika menginginkan pengalaman hidup yang berbeda, membuka usaha sendiri pun layak untuk dicoba. Sama seperti lulusan jurusan lain, jenis usaha yang bisa didirikan oleh lulusan IT beragam macamnya.

Daftar Peluang Usaha Lulusan IT

Berikut adalah daftar peluang usaha untuk lulusan IT yang bisa Anda pertimbangkan sebagai karir masa depan Anda. Berani coba?

Peluang Usaha Lulusan IT yang Bisa Jadi Acuan Anda

Network Engineer

Semakin hari, perkembangan teknologi semakin besar dan membuka usaha sebagai network engineer saat ini menjadi sebuah peluang untuk Anda sebagai lulusan IT. Tugas seorang network engineer membantu pengguna network untuk mendiagnosa dan memecahkan masalah, membantu mengamankan dan melakukan pemeliharaan yang dibutuhkan, berkonsultasi dengan pelanggan, dan sebagainya.

Apabila Anda tertarik menjadi network engineer, Anda membutuhkan beberapa skill seperti pengetahuan mengenai jaringan, perencanaan, analisis, penyelesaian masalah, dan komunikasi yang baik agar bisa melayani pelanggan dengan jelas.

Konsultan IT

peluang usaha lulusan IT yang kini banyak dilirik adalah sebagai konsultasn IT. Tugas seorang konsultasn IT antara lain memberikan masukan kepada klien mengenai masalah teknologi dalam bisnis, memaparkan praktik antara IT dan bisnis, mengawasi sistem dan jaringan komputer, dan masih banyak tugas lainnya.

Tidak hanya membutuhkan keahlian yang dipelajari di bangku kuliah, konsultan IT sebaiknya memiliki kemampuan lebih seperti halnya manajemen waktu yang baik, memiliki pengetahuan tinggi mengenai IT, memiliki pengetahuan seputar bisnis hingga komunikasi yang baik sehingga dapat menjelaskan perihal permasalahan dan mengutarakan pertimbangan-pertimbangan kepada klien secara runtut.

Web Designer

Banyak orang mulai sadar dari kegunaan web dalam bisnis dan kehidupan mereka, inilah saatnya bagi Anda untuk membuka usaha sebagai web designer yang saat ini kesempatan masih sangat terbuka lebar. Namun sebelumnya, tahukah kamu apa saja tugas web designer?

Singkatnya, tugas web designer adalah membuat desain, mengatur tata letak halaman web yang sesuai dengan keinginan klien. Berbeda tugas dengan web developer, web designer khusus membuat desain menjadi nyata sesuai dengan pesanan. Sebelum menjadi web designer, pastikan Anda memiliki ketrampilan ini:
  • Komunikasi
  • Peduli dengan hal-hal sederhana
  • Teliti
  • Problem Solving
  • Kreatif 

Web Developer

Selain web designer, peluang usaha lulusan IT yang lain adalah web developer. Tugas web developer tentu berbeda dengan web designer yang fokus pada penataan web, sementara web developer adalah pengembang web.

Anda pasti lah seseorang yang cukup kreatif, sabar, dan teliti karena dengan tambahan skill semacam ini, Anda bisa menjadi seorang web developer terbaik. Namun sebelumnya mengembangkan sebuah web, Anda perlu berkonsultasi dengan klien dan memastikan bahwa hasil kerja Anda cukup baik dan memuaskan.

Software Quality Assurance

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang "Software Quality Assurance" sebelumnya? Peluang untuk mendirikan usaha sebagai Software Quality Assurance di Indonesia saat ini masih banyak dibutuhkan karena memang belum banyak yang menggeluti bidang ini.

Bekerja sebagai Software Quality Assurance, Anda akan bertugas sebagai penanggung jawab atas pengembangan, perencanaan jaminan, analisis, hingga penyimpanan rekaman terhadap seluruh proses yang terjadi pada perangkat lunak. Sebagai penunjang, Anda harus memiliki soft skill seperti teliti, komunikasi yang baik, manajemen dan analisis sampai dengan kemampuan kerja sama dengan klien maupun lainnya.

Startup

Startup adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perihal seseorang yang sedang merintis usaha berbasis digital yang saat ini banyak digeluti orang Indonesia, khususnya generasi millennial. Untuk membangun startup, Anda perlu giat untuk membuat konten, branding, pemasaran, hingga SEO.

Kunci berdirinya sebuah startup adalah pengelolaan sumber daya manusia untuk bisa mengembangkan dari sebuah rintisan menjadi lebih besar lagi. Contoh startup yang saat ini sudah menjadi usaha besar seperti Facebook, Gojek, Fabelio dan masih banyak lainnya.

Selain 6 usaha di atas, masih ada peluang usaha lulusan IT yang bisa Anda coba layaknya design grafis, search engine optimization, aplikasi mobile dan lain-lain. Semoga ulasan tadi bisa memberikan gambaran Anda untuk menjadi entrepreneur sukses!

Belum ada Komentar untuk "Peluang Usaha Lulusan IT yang Bisa Jadi Acuan Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel