Pendaftaran CPNS 2019, Berikut Lowongan PNS yang Dibutuhkan

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) resmi dibuka pada hari Senin (11/11/2019). Pemerintah pusat telah membuka lowongan PNS 37.425 di 68 kementerian atau lembaga.

Berdasarkan jumlah diatas, delapan Kementerian telah membuka lebih dari seribu lowongan. Berikut lowongan PNS yang dibutuhkan di masing-masing Kementerian.


Lowongan PNS yang Dibutuhkan

Kementerian Agama : 5.815 lowongan
Kejaksaan Agung :  5.203 lowongan
Kementerian Hukum dan HAM : 4.598 lowongan
Kementerian Kesehatan : 2.205 lowongan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan : 2.196 lowongan
Skretariat MA : 2.104 lowongan
Kementerian Perhubungan : 1.244 lowongan
Kementerian Pekerjaan Umum : 1.180 lowongan

Selanjutnya, 60 kementerian/lembaga yang tersisa telah membuka puluhan hingga ratusan lowongan PNS.

Selain di tingkat pemerintah pusat, pendaftaran CPNS juga dibuka untuk 462 instansi pemerintah daerah, dengan jumlah 114.861 lowongan.

Melihat pada penjelasan tertulis Badan Kepegawaian Negara (BKN) terdapat empat kategori pelamar, yaitu Cumlaude, Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, serta Umum.

Pendaftaran CPNS dilakukan secara online dengan membuat akun dan melengkapi biodata serta dokumen melalui https://sscasn.bkn.go.id

Meskipun pendaftaran CPNS sudah dibuka hari Senin, ternyata belum semua instansi telah membuka pendaftaran seleksi.

Bima Haria Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), menjelaskan bahwa ada beberapa instansi yang belum selesai merevisi formasi, sehingga mereka belum membuka pendaftaran pada hari Senin.

Bima menerangkan bahwa instansi yang belum membuka pendaftaran pada hari Senin adalah formasi Pendidikan Tinggi dan Kementerian Keuangan. "Semoga saja bisa selesai validasi malam ini dan diumumkan besok. Kemudian yang belum selesai karena revisi formasi, pengumumanya akan menyusul, ujarnya".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel