Tentang Bisnis Waralaba, Ini Hal-Hal Penting Yang Harus Diketahui

Banyak bisnis yang cocok dilakukan oleh para investor atau pebisnis muda, misal saja bisnis waralaba, Belakangan bisnis ini sangat populer karena hadirnya perusahaan waralaba baru yang konsepnya berbeda jauh dari perusahaan lainnya. Bisnis ini terus berkembang dengan pesat di era teknologi dan digital seperti sekarang. Anda bisa menemukan bisnis ini dalam bentuk laundry, jasa kebersihan dan sebagainya.


Hal Penting sebelum Membuka Bisnis Waralaba

Hal seperti ini tentu mengindikasikan bahwa bisnis waralaba memang banyak diminati oleh masyarakat. Hasilnya saat ini banyak pengusaha muda yang mulai melangkah ke bisnis ini. Belum lagi keuntungan yang diberikan juga sangat melimpah jika benar-benar menekuninya. Ada beberapa hal penting saat melakukan bisnis waralaba. Berikut hal penting yang dimaksud:

Fee Royalti

Fee royalti untuk setiap bisnis yang Anda jalankan ini berbeda. Tentunya fee royalti bisnis waralaba asing sangat mahal. Mengingat reputasi perusahaan ataupun merek yang hendak di waralabakan yang sudah cukup terkenal atau ada tambahan pengurusan izin. Anda yang ingin melangkah ke bisnis ini harus tahu dan memperhatikan betul apakah ada kenaikan royalti untuk setiap tahunnya atau tidak.

Ini menjadi hal penting karena jangan sampai salah paham di kemudian hari. Biasanya para pemilik waralaba selalu melakukan evaluasi terhadap biaya royalti yang harus ditanggung. Dari sinilah kemungkinan pemilik waralaba melihat bagaimana keberhasilan dari para franchisee yang akan melakukan usaha ini.

Tempat Mendirikan Usaha

Untuk menjalankan bisnis waralaba Anda juga harus memperhatikan dengan baik bagaimana tempat usaha yang akan digunakan. Anda ingin mendirikan tempat usaha tersebut atau hanya sekedar menyewa ruko saja. Wajar karena tempat usaha ini sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis yang Anda sedang lakukan.

Tempat usaha juga mempengaruhi apakah bisnis yang Anda jalankan ini mengalami keuntungan setiap tahun atau malah mengalami kerugian besar setiap tahunnya. Kasus seperti ini biasanya sering dijumpai bisnis waralaba yang berjenis restoran atau kafe. Tentu pilih tempat yang strategis supaya usaha terus berjalan dengan baik.

Modal Usaha yang Digunakan

Modal usaha juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika akan melakukan bisnis waralaba. Ada beberapa pemilik waralaba yang memberi modal untuk para pelaku bisnis, meskipun hanya sedikit. Ini menyesuaikan penilaian principal dari masing-masing orang saja. Namun kebanyakan modal yang digunakan adalah milik franchisee sendiri.

Kenapa begitu? Dengan mengeluarkan modal sendiri, setiap pelaku bisnis bisa mendapat penilaian bahwa dirinya benar-benar melakukan bisnis ini dengan baik. Hanya saja banyak juga yang menggunakan kombinasi 50:50 untuk modal yang dipakai di bisnis waralaba ini.

Arus Kas Usaha atau Pendapatan

Hal paling penting yang harus diperhatikan ketika membangun bisnis waralaba agar lebih menjanjikan adalah pendapatan setiap hari atau perbulannya. Lantas apa manfaatnya jika membangun bisnis waralaba jika bisnis ini tidak memberi pendapatan rutin bagi para pelakunya. Cashflow manajemen yang terbaik bisa menjadi hal penting yang perlu diterapkan apapun itu jenis bisnisnya.

Baca Juga:

Bukan atas dasar besar omsetnya saja namun apakah bisnis waralaba yang Anda jalani tersebut memberi keuntungan atau tidak. Anda harus mempertimbangkan setiap harinya apakah bisnis tersebut berjalan sesuai harapan atau tidak. Jika membutuhkan suntikan modal tambahan Anda juga bisa menggunakannya. Namun jangan terlalu besar karena merusak kas yang sudah Anda buat sebelumnya.

Bisnis waralaba memang cocok untuk kondisi Indonesia. Pasalnya logistik dan distribusi yang dimiliki sangat bagus dan lebih menjanjikan. Biasanya standar bisnis waralaba di Indonesia mempunyai standar yang ketat dengan jam operasional yang telah terstuktur pula. Perkembangan bisnis waralaba yang paling mencolok di Indonesia adalah Minimarket atau sejenisnya.

Pasalnya, bisnis waralaba ini dianggap cocok dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus bertambah. Untuk memulai bisnis ini dengan baik, Anda harus siap mental dengan segala kondisi. Jika butuh partner cari yang benar-benar sesuai dan cocok dengan gaya atau pribadimu. Tujuannya agar tidak ada tekanan saat menjalankan bisnis ini. Anda bisa memanfaatkan kenalan, teman atau sahabat untuk melangkah ke bisnis ini. Tidak ada salahnya memulai bisnis dari awal bersama orang terdekat.

0 Response to "Tentang Bisnis Waralaba, Ini Hal-Hal Penting Yang Harus Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel