Tips Dalam Menjalankan Bisnis Kuliner Bagi Para Pemain Pemula

Tips sukses menjalankan bisnis kuliner untuk pemula sangat dibutuhkan sebagai pedoman. Apalagi di zaman saat ini, banyak saingan dalam bidang yang sama sehingga Anda perlu mengembangkan rintisan kuliner yang berbeda dari lainnya.

Tidak hanya dari segi makanan dan minuman saja yang perlu variasi sehingga menarik banyak minat. Secara promosi juga perlu dipikirkan dengan sebaik-baiknya sehingga bisa awet dan bersaing secara sehat dengan pengusaha kuliner lain. Coba terapkan tips di bawah ini supaya usaha kuliner Anda sukses di awal-awal tahun!

Tips Menjalankan Bisnis Kuliner untuk Pemula


Tips Dalam Menjalankan Bisnis Kuliner Bagi Para Pemain Pemula

1. Fokus Kepada Produk

Beberapa orang selalu berganti-ganti produk yang dijual karena merasa kuliner awal tidak laku di pasaran. Padahal, apa yang dijual belum tentu tidak laku melainkan hanya belum disadari oleh banyak orang. Pun masa promosi tidak hanya seharusnya hanya dilakukan dalam kurun waktu beberapa bulan saja lalu menyerah. Seorang pakar mengatakan bahwa usaha kuliner butuh waktu 2 sampai 3 tahun masa promosi.

Jika terus berganti-ganti makanan atau minuman yang dijajakan, akan membutuhkan waktu dari awal lagi bagi konsumen untuk mengenali apa yang Anda jual. Jadi, cobalah untuk fokus pada produk awal dan tekuni dalam kurun waktu lebih lama.

2. Terjun Langsung Di Dapur

Banyak pebisnis yang hanya awal usaha saja turun di dapur membuat produk dan lebih memilih mengurusi administrasi atau sekedar promosi setelahnya. Walau begitu, akan lebih baik jika sebagai pendiri usaha, Anda terus berada di dapur, mengawasi karyawan dan belanja ke pasar untuk memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan adalah terbaik.

Memiliki banyak waktu di dapur juga berarti Anda punya kesempatan lebih untuk melakukan 'tambahan' pada menu produk Anda. Pengembangan menu tidak harus terlalu mencolok, tapi tetap buat menarik adalah kuncinya.

3. Minta Pendapat dari Pembeli Langsung

Tips sukses menjalankan bisnis kuliner untuk pemula yang sangat disarankan tapi tidak banyak dilakukan adalah, minta pendapat dari customer langsung. Tanyakan dengan ramah mengenai rasa hingga penampilan makanan sehingga memancing pembeli untuk jujur dengan kelebihan dan kekurangan produk Anda.

Anda juga bisa bertanya mengenai saran kepada sejumlah pelanggan yang tidak dikenal. Daripada teman atau saudara, pembeli yang tidak dikenal biasanya akan lebih terbuka.

4. Main Sosial Media

Saat ini, efek media sosial sangat besar bagi kelangsungan sebuah bisnis, terutama kuliner. Tidak ada salahnya untuk coba membuat Instagram, Facebook, atau Twitter atas nama restoran Anda dan jadikan lahan untuk promosi yang lebih menarik.

Melalui media sosial nanti, Anda bisa bagikan menu dan harga produk, promo atau potongan harga, juga testimoni dari customer yang sudah menjajal produk buatan Anda. Gunakan juga fitur Ads pada media sosial untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.

5. Lebih Banyak Mencicipi

Perlu dicoba, tips sukses menjalankan bisnis kuliner untuk pemula adalah banyak mencicipi produk yang se-tipe dengan milik Anda. Kunjungi restoran pesaing dan lihat apa yang dimiliki mereka tapi tidak ada pada kuliner Anda.

Baca Juga:

Dengan mengetahui apa kekurangan restoran Anda, nantinya akan memudahkan untuk melakukan pembenahan terhadap usaha ini. Dari icip-icip di restoran pesaing bisa membantu Anda untuk dapatkan ide produk yang mungkin lebih disukai oleh masyarakat.

6. Perhatikan Lokasi dan Pastikan Pelayanan Anda Cepat

Lokasi menjadi hal penting ketika merintis usaha kuliner. Coba Anda renungkan untuk membangun usaha di kawasan kampus atau dekat dengan perkantoran. Namun, produk pun sebaiknya disesuaikan dengan target konsumen. Jika target adalah mahasiswa, maka kuliner yang ramah di kantong akan banyak diminati. Begitu juga dengan sebaliknya. Mari, jangan malas belajar!

Beberapa usaha kuliner gulung tikar karena pelanggan lari ke restoran sebelah, terkadang bukan karena masakan tidak enak, tapi karena pelayanan yang lama dan tidak ramah. Ini juga menjadi hal penting dalam memulai bisnis kuliner, sebab masyarakat cenderung lebih menyukai diperlakukan bagai raja dan serasa di rumah sendiri.

Bertahan di usaha kuliner itu tidak mudah. Setiap hari selalu muncul makanan dan minuman baru, belum lagi adanya pesaing sehingga makin menyulitkan. Namun, jika terapkan 6 tips sukses menjalankan bisnis kuliner tadi, usaha Anda akan merangkak naik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel