Mengenal Beberapa Sistem Operasi Mobile Saat Ini

Berbicara tentang sistem operasi mobile, tentu Anda sudah sering mendengar dan mengoperasikannya. Meskipun demikian masih banyak yang masih belum paham mengenai apa itu sistem operasi mobile dan berbagai jenisnya.

Jadi sistem operasi ini merupakan perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk mengatur perangkat keras dan juga perangkat lunak lainnya. Beberapa jenis sistem operasi tersebut saat ini banyak dikembangkan oleh perusahaan teknologi. Berikut adalah diantaranya yaitu.

Mengenal Beberapa Sistem Operasi Mobile Saat Ini

Android

Android merupakan sistem operasi terkini berbasis Linux besutan perusahaan raksasa Google. Mulai diluncurkan sejak tahun 2008 lalu, Android kini sudah digunakan oleh vendor terkemuka dibidang PDA berlayar sentuh yaitu HTC serta diikuti oleh vendor lokal IMO.

Android mencuri perhatian dengan adanya fitur-fitur menarik diantaranya seperti melalui Maps, Search hingga browsernya yang diklaim jauh lebih ringkas dan cepat. Saat ini sistem operasi Android ini masih terus dikembangkan dan bahkan terus-menerus melakukan update-update terbaru yang terbaru yaitu versi Android 10.

Symbian

Symbian OS merupakan salah satu sistem operasi yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai vendor peralatan komunikasi mobile. Symbian sendiri merupakan sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd.

Sistem ini dirancang untuk fasilitas peralatan bergerak (mobile). Symbian memiliki antar muka pemograman aplikasi API (Application Programming Interface).

Adanya standar API tersebut tentu akan memberikan kemudahan pada pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi dibuat sehingga dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam.

Kelebihan dari Symbian ini diantaranya yaitu memiliki performa yang tidak membutuhkan RAM dan juga memori dengan ukuran besar. Hal tersebut juga karena sistem operasi ini belum memiliki fitur yang banyak seperti Android dan iOS.

Sistem Operasi iOS

Berbicara tentang iOS, sistem operasi ini merupakan salah satu software tertutup yang dikembangkan oleh Apple. Aplikasi ini berbasis perangkat mobile yang bekerja pada perangkat iPhone, iPod touch, dan iPad.

Untuk pemberian nama i-nya sendiri memiliki arti bahwa perangkat ini selalu terhubung dengan internet sebagai cloud utamanya. Namun bisa juga mewakili desain perangkat prestise dan futuristik yang selama ini memang identik dengan produk-produk Apple Inc.

iOS sendiri diketahui sebagai produk pengembangan dari teknologi yang telah ada pada Mac OS. Sistem operasi ini juga memang sedikit mirip dengan Mac OS X namun pada iOS bentuknya lebih sederhana dan lebih ringan. iOS juga hadir dengan tujuan perangkat gadget diantaranya iPod touch, iPhone dan iPad tablet.

Sistem Operasi Windows Mobile
Windows mobile merupakan sistem operasi seluler yang diperkenalkan oleh Microsoft yang terkenal pada tahun 2010 lalu. OS windows mobile pun seringkali hanya dibekalkan pada ponsel jenis PDA Phone yang harganya lumayan untuk kalangan ekonomi menengah kebawah.

Sistem Operasi Maemo

Bagi Anda yang masih baru mendengar, Maemo ini merupakan salah satu sistem operasi terbaru buatan vendor besar Nokia. Sistem operasi ini digunakan pada device terbatas internet tablet diantaranya seri N770, N800, N810 dan N900.

Maemo lebih dikhususkan bagi pengguna mobile yang lebih mengutamakan aktifitas menggunakan jaringan internet dan browsing dibanding dengan voice atau komunikasi.

Hal tersebut tentu tak mengherankan jika pada setiap kali rilis seri terbarunya, Nokia lebih mengutamakan resolusi layar yang besar dan lebar lengkap dengan layar sentuh plus keypad QWERTY dalam bentuk slide.

Sistem Operasi WebOs

Aplikasi mobile yang berbasis Linux yaitu WebOs ini, awalnya dikembangkan oleh Palm. Namun kemudian, WebOs diakuisisi oleh HP. Perangkat ini Pertama kali diperkenalkan pada bulan januari 2009 sebagai penerus warisan Palm OS.

Baca Juga:

Kemudian diperkenalkan secara luas untuk untuk integrasi dari Web 2.0 teknologi, arsitektur terbuka, kemampuan multitasking, dan kemudahan penggunaan.

Pada segi penggunaannya, Palm Pra menjadi perangkat pertama yang memanfaatkan webOS dan dirilis pada Sprint pada Juni 2009. webOS bahkan menjadi salah satu sistem operasi pertama yang memanfaatkan over-the-air pembaruan perangkat lunak untuk semua perangkat.

BlackBerry OS

BlackBerry OS merupakan sistem operasi yang diluncurkan pada tahun 1999 oleh BlackBerry Limited. Sistem operasi ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu adanya fitur browsing, game, dan juga aplikasi BlackBerry Messenger yang banyak digunakan orang-orang.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Beberapa Sistem Operasi Mobile Saat Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel