Ini Daftar Penyebab Memori Smartphone Cepat Penuh Dan Solusinya

Smartphone merupakan salah satu alat yang menjadi prioritas kebanyakan orang di zaman sekarang. Salah satu fungsi yang tidak dapat dipungkiri adalah sebagai penyimpanan file penting, berupa foto, video, dokumen dan banyak lainnya. Hal ini yang menjadi penyebab memori smartphone cepat penuh. Tidak hanya itu, keadaan memori internal yang sedikit menjadi penyebab utama memori ponsel cepat penuh.

Ini Daftar Penyebab Memori Smartphone Cepat Penuh Dan Solusinya

Masalahnya saat ini smartphone sudah canggih dan ada banyak yang beredar dengan minimal memory internal 8 GB. Namun masih saja kerap terjadi memori penuh pada smartphone Anda. Tetapi jangan khawatir, Anda tidak perlu resah karena kami akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi memori smartphone Anda yang cepat penuh. Simak pembahasan di bawah ini.

Solusi Memori Ponsel cepat Penuh


1. Pakai Aplikasi Cleaner

Pemakaian aplikasi cleaner dapat memudahkan Anda untuk menghapus sampah yang tidak berpengaruh terhadap smartphone yang dimiliki. Biasanya aplikasi cleaner ini akan membersihkan sendiri sampah yang ada di smartphone Anda. 

Beberapa aplikasi cleaner yang kami rekomendasikan untuk Anda diantaranya adalah Clean Master, Nox Cleaner, Fast Cleaner, CC cleaner, Power Full Cleaner dan banyak lainnya.

2. Hapus Cache (social media)

Pada umumnya cache dihasilkan dalam kegiatan browsing online. Seperti google chrome bahkan aplikasi unggulan di Indonesia yaitu WhatsApp. 

WhatsApp atau yang sering kita sebut dengan WA adalah aplikasi penyumbang cache terbanyak. Bagi Anda pengguna aktif WA bisa sampai cache dalam sehari 1000 MB. Nah, maka dari itu jangan lupa untuk selalu menghapus cache di smartphone Anda.

3. Gunakan Kartu SD

Penggunaan kartu SD merupakan solusi yang sangat mudah digunakan. Mengapa demikian? Karena kapasitas memori internal dari smartphone sangat minim. 

Biasanya smartphone dengan internal 16 GB hanya diisi dengan aplikasi sudah penuh, apabila Anda ingin menyimpan beberapa file penting di smartphone maka bisa menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan kedua pada smartphone.

4. Reset Smartphone

Salah satu cara ampuh yaitu reset smartphone Anda. Sebelum direset Anda harus pindahkan semua file yang tersimpan pada smartphone, cadangkan juga beberapa aplikasi yang dirasa penting di akun google. 

Setelah itu baru Anda bisa melakukan reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Dari cara inilah Anda dapat memulihkan seperti smartphone baru sehingga tidak ada lagi sampah cache pada smartphone Anda.

5. Hapus File Sisa Aplikasi

Setiap aplikasi yang kita download dari play store ataupun Aps Store pasti terdapat satu folder file aplikasi tersebut. Satu file tersebut Anda cek terlebih dahulu jika memang tidak ada file yang dibutuhkan maka langsung saja melakukan pengahapusan.

Hal ini bisa Anda lakukan karena tidak ada pengaruhnya terhadap smartphone yang dimiliki. File sisa aplikasi biasanya berupa hasil transferan via share it yang belum terhapus oleh aplikasi cleaner Anda.

6. Hapus File Sent Aplikasi

File sent atau file terkirim dapat membuat ganda file yang Anda miliki. Kegiatan kekinian kita yang dari bangun tidur hingga tidur lagi adalah meng-upload kegiatan di sosial media akan membuat file sent menumpuk. 

Jadi, untuk saat ini Anda harus rajin menghapus file sent agar tidak mengurangi ruang memori. Biasanya yang kerap terjadi menghabiskan banyak memori Anda yaitu file sent dari WA, Instagram, telegram dll.

7. Atur Ruang Penyimpanan Kamera

Saat Anda menggunakan kartu SD, maka yang perlu diperhatikan yaitu pengaturan ruang penyimpanan kamera. Ruang penyimpanan kamera jika sesuai pabrik akan tersimpan di memori internal. 

Maka dari itu Anda harus merubahnya di pengaturan kamera, gantilah ruang penyimpanannya pada kartu SD. Setelah Anda rubah maka penyimpanan secara otomatis berada di kartu SD

8. Hapus Data Aplikasi Bawaan

Untuk menghapus data aplikasi bawaan pada smartphone, Anda perlu membuka pengaturan lalu carilah manajer aplikasi. Hapus data satu per satu aplikasi tersebut. Jika sudah dilakukan maka akan tersisa ruang kosong penyimpanan Anda.

8 solusi di atas yang kami hadirkan untuk Anda yang sedang kebingungan dengan permasalahan "penyebab memori smartphone cepat penuh". Jika sudah Anda lakukan semua namun masih sering terjadi memori smartphone penuh, Anda perlu mengeflash smartphone Anda. Semoga dapat menjawab kegelisahan Anda dan bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Ini Daftar Penyebab Memori Smartphone Cepat Penuh Dan Solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel