Recomended! 10 Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes

Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes - Penderita diabetes tentunya memiliki banyak sekali pantangan, terutama makanan. Pantangan tersebut biasanya makanan yang mengandung gula/manis. Dokter bagi penderita diabetes pasti juga sudah meresepkan apa yang boleh dimakan dan yang tidak boleh. Hal ini dilakukan untuk mengontrol gula darah dalam tubuh agar tidak naik.

Diabetes militus sendiri adalah salah satu penyakit kronis karena kadar gula dalam darah naik. Hal ini bisa terjadi karena fungsi pankreas terganggu dalam memproduksi insulin. Insulin sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh, yaitu mengubah glukosa menjadi energi tubuh. Kondisi inilah yang mengharuskan pengidap diabetes harus mengontrol makanannya.

Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes

Oleh karena itu, penderita diabetes harus tahu makanan apa saja yang sehat dan tidak menyebabkan kadar gula naik. Jika Anda belum tahu jenis makanan apa saja yang boleh dimakan, berikut ini kami rekomendasikan makanan sehat bagi penderita diabetes:

10 Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes


1. Kacang

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan sehat bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Selain itu, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks dan magnesium yang berfungsi mengontrol gula darah naik.

Beberapa kacang yang kami rekomendasikan adalah kacang tanah, mete, kenari dan kacang almond. Oh ya, agar manfaatnya bisa Anda dapatkan, untuk pengolahan kacangnya jangan digoreng ya. Bisa Anda rebus atau buat menjadi jus.

2. Buah Beri

Beri merupakan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri bermanfaat untuk mencegah stress oksidatif pada penderita diabetes. Kategori buah beri-berian sendiri adalah strowberry, bluberry dan blackberry.

Untuk pengolahan buah beri bisa Anda konsumsi langsung atau juga bisa dibuat jus, dengan catatan jangan menambahkan gula ya.

3. Daging

Banyak yang mengira bahwasanya daging adalah makanan yang dilarang untuk penderita diabetes. Sebenarnya, daging sendiri boleh dikonsumsi oleh pengidap diabet, yang tidak boleh adalah lemak dari daging tersebut.

Untuk pengolahan daging, ikan maupun telur jangan digoreng, lebih baik Anda kukus atau dibakar.

4. Oatmeal

Makanan berbentuk serpihan bubuk kasar dan memiliki aroma gurih seperti gandum ini sangat cocok untuk penderita diabetes. Agar rasanya lebik nikmat, Anda bisa mencampurnya dengan strowberry dan pisang. Dengan begitu, Oatmeal bisa menjadi menu sehat yang lezat untuk Anda penderita diabetes.

5. Ubi Jalar

Makanan sehat selanjutnya adalah ubi jalar. Hal ini karena ubi jalar memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Selain itu, ubi jalar juga memiliki rasa yang enak dan cocok untuk menu makanan sehat Anda.

6. Nasi Merah

Nasi merah bisa menjadi pengganti nasi putih bagi Anda penderita diabetes. Pasalnya, bagi pengidap diabet, nasi putih harus benar-benar dihindari karena memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan nasi merah sebagai menu pokok untuk Anda.

7. Brokoli dan Bayam

Brokoli adalah salah satu sayuran sehat yang mengandung sulforaphane yang berfungsi melindungi dinding pembuluh darah akibat diabetes.

Bayam juga menjadi sayuran sehat untuk pengidap diabetes, sayuran hijau ini kaya akan nutrisi dan mengandung lutein yang baik untuk penderita diabetes.

8. Tomat

Buah tomat mengandung likopen dan lutein yang bermanfaat untuk melindungi ginjal dan pembuluh darah. Selain itu, tomat juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah akibat diabetes.

Untuk cara konsumsi buah tomat bisa Anda makan langsung atau dengan membuatnya menjadi jus.

9. Jagung

Jagung juga menjadi makanan sehat untuk penderita diabetes. Kandungan glikemik yang rendah pada jagung sangat cocok untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes. Selain itu, jagung juga memiliki serat pati resisten yang tinggi yang baik untuk mengontrol kadar gula darah.

10. Kesimpulan

Dari sekian rekomendasi makanan sehat bagi penderita diabetes diatas, hampir keseluruhan memiliki nilai indeks glikemik (GI) yang rendah.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan indeks glikemik? Indeks Glikemik (GI) adalah suatu ukuran seberapa cepat makanan itu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika makanan memiliki indeks glikemik yang tinggi, maka makanan itu akan sangat cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Umumnya, seorang penderita diabetes tidak boleh memakan yang manis-manis seperti gula, permen, coklat dan juga madu. Tetapi ada satu hal yang sering terlupakan, yaitu nilai indeks glikemik (GI) yang terdapat pada suatu makanan. Padahal nilai ini cukup berpengaruh pada naik-turunnya gula darah dalam tubuh.

Mungkin dengan uraian "makanan sehat bagi penderita diabetes" diatas, Anda bisa sedikit terbantu untuk memilih makanan yang sehat dan mengetahui makanan yang memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

Belum ada Komentar untuk "Recomended! 10 Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel