AnTuTu Benchmark di Hapus dari Play Store, ini Penjelasan Pihak Google

Dihapusnya software AnTuTu Benchmark dari Play Store mengundang banyak pertanyaan bagi semua orang. Pasalnya, software ini sering kita gunakan untuk mengecek kecepatan chipset sebuah ponsel. Lalu apa sebab pihak Google sampai menghapus software tersebut dari Play Store?

Berdasarkan keterangan resmi dari pihak AnTuTu yang dilansir oleh AndroidPolice, bahwa penghapusan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya keterkaitan antara AnTuTu dengan pengembang aplikasi yang dianggap nakal oleh pihak Google, yakni Cheetah Mobile (CM).

AnTuTu Benchmark di Hapus dari Play Store, ini Penjelasan Pihak Google

CM sendiri sering diketahui melakukan pelanggaran atas kebijakan Google, seperti mengubah aplikasi browser default dari Chrome ke browser buatan CM sendiri.

Sebagai tindakan yang tegas, pihak Google mencabut semua aplikasi buatan Cheetah Mobile dari toko aplikasi Play Store pada bulan Februari lalu.

Namun keterangan dari pihak AnTuTu, bahwa mereka membantah alasan yang diberikan oleh Google. Pihak AnTuTu sendiri menyebutkan bahwa mereka sama sekali tidak ada hubungannya dengan CM, setidaknya dari segi akun pengembang Google Play Store.

Seperti dikutip dari KompasTekno, "Akun AnTuTu tidak ada hubungannya dengan akun CM. AnTuTu dirilis pada tahun 2011, bahkan dibuat sebelum CM, dan merupakan pengembang Google Play sejak masa awal". (Selasa, 10/3/2020)

Meski begitu, pihak AnTuTu juga mengaku bahwa CM sendiri merupakan salah satu investor di perusahaan pembuat aplikasi Benchmarking itu. Namun, operasi bisnis AnTuTu yang dijalankan tetap independen, tanpa campur tangan dari CM.

Pihak AnTuTu sangat berharap Google bisa memperbaiki kesalahpahaman ini dan kembali memulihkan aplikasi AnTuTu Benchmark di toko aplikasi Android. Kendati demikian, pengguna masih bisa mengunduh file "APK" yang resmi diunggah oleh AnTuTu melalui situs resminya www.antutu.com/en/index.htm

Belum ada Komentar untuk "AnTuTu Benchmark di Hapus dari Play Store, ini Penjelasan Pihak Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel