Jenis Alat Musik Kalimba dan Cara Memainkan

Jenis Alat Musik Kalimba dan Cara Memainkan - Bermain musik adalah suatu hobi dan kebutuhan setiap orang yang suka dengan lantunan nada-nada indah yang tercipta. Alat musik merupakan instrumen yang dibuat atau dimodifikasi hingga menghasilkan suara yang merdu.

Pada dasarnya, segala sesuatu yang bisa menghasilkan suara bisa disebut dengan alat musik. Banyak sekali jenis alat musik yang ada di dunia ini dengan keunikan dan keistimewaan dari setiap daerah maupun negara. Salah satunya adalah alat musik Kalimba.

Jenis Alat Musik Kalimba dan Cara Memainkan

Kalimba sendiri adalah jenis alat musik yang berasal dari Afrika, tepatnya bagian selatan. Alat musik ini juga sering disebut dengan "Piano Jempol" karena cara memainkannya menggunakan kedua ibu jari menekan bagian tuts yang nantinya akan mengeluarkan nada-nada yang menjadi sumber suaranya.

Alat musik yang dikenal dan banyak dimainkan oleh banyak orang sejak tahun 1960 ini sampai sekarang pun masih banyak orang yang tertarik dengan alat musik ini. Berikut ini beberapa jenis alat musik kalimba yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin membeli alat musik ini.


Jenis Alat Musik Kalimba


1. Kalimba ADM

Terbuat dari kayu mahogany yang dibentuk sedimikian rupa dan memiliki tambahan 17 note nada standar yang terbuat dari stainless menjadikan Kalimba ADM ini mudah untuk dipelajari dan mampu diaplikasikan oleh orang yang baru belajar bermain alat musik kalimba.

Harga kalimba ADM sendiri cukup terjangkau, yaitu 400-700 ribuan. Setiap pembelian kalimba ADM ini sudah dilengkapi dengan Hammer yang berfungsi untuk menyetel String kalimba tersebut.

2. Kalimba X8

Jenis Kalimba X8 ini memang sangat digemari oleh banyak orang, mengapa demikian? Kalimba ini memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik, terbuat dari batok kelapa yang berbentuk setengah lingkaran membuatnya menjadikan Kalimba X8 ini terlihat cantik.

Hanya saja, kalimba x8 ini hanya memiliki 7 note nada. Untuk harga sendiri, kalimba x8 memiliki harga kisaran 200-300 ribuan, cocok banget buat kantong pelajar yang memiliki alat musik ini.

3. Kalimba Gecko

Kalimba yang satu ini pastinya sudah banyak yang tahu ya, pasalnya kalimba dengan merk Gecko ini sudah banyak tersebar dipasaran dan mudah ditemukan.

Memiliki desain yang cukup menarik dengan bahan dasar kayu mahogany yang dilengkapi dengan 17 nada standar yang membuat kalimba ini banyak dicari oleh pecinta alat musik kalimba. Untuk harganya memang cukup mahal dibandingkan dengan kalimba-kalimba diatas, yaitu dibanderol dengan harga 700-800 ribu.

4. Kalimba Donner

Terbuat dari bahan dasar kayu mahogany terbaik dan memiliki 17 nada standar dengan nada dasarnya tune C, membuatnya sangat mirip dengan setelan piano.

Harga kalimba donner dibanderol dengan harga 450-550 ribu.

5. Kalimba Andoer

Jika kamu mencari jenis kalimba yang mudah dibawa saat bepergian, Kalimba Andoer ini sangat cocok buat kamu karena memiliki tampilan fisik yang kecil dan mudah dibawa.

Untuk harga kalimba andoer ini dibanderol kisaran 250-350 ribu.


Cara Memainkan Kalimba


1. Pilih Kalimba dengan 7 Kunci Nada

Jika kamu baru belajar alat musik kalimba ini, usahakan pilih kalimba dengan 7 kunci atau 10 kunci nada. Semakin banyak kunci nada pada kalimba, akan semakin sulit untuk memainkan. Dengan begitu kamu bisa mempelajari dan mengerti nada-nada pada alat musik ini, setelah sudah mahir kamu bisa mencoba memainkan kalimba dengan 17 kunci nada.

2. Pahami Note

Memahami atau membaca note adalah hal yang sangat penting dalam memaikan alat musik kalimba. Pahami dan terus belajar agar kamu bisa membaca note kalimba, manfaatkan internet atau bisa juga bertanya dengan orang yang sudah ahli, pada dasarnya semua alat musik memiliki perbedaan note satu sama lain.

Itulah beberapa jenis alat musik kalimba dan cara memainkan kalimba yang bisa kamu jadikan referensi dalam memilih kalimba. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan berkomentar.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Alat Musik Kalimba dan Cara Memainkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel