Bengkulu Gempa, BMKG Pastikan Tidak Terjadi Tsunami

Rabu (19/08/2020) dua gempa bumi melanda Bengkulu, gempa bumi tersebut masing-masing bermagnitudo 6,9 dan 6,8 yang terjadi sekitar pukul 05.23 WIB dan 05.29 WIB.

Gempa pertama dengan kedalaman 10 kilometer, yakni di 169 km Barat Daya Bengkulu, 177 km Barat Laut Enggano Bengkulu dan 185 km Barat Daya Bengkulu Utara. Kemudian, 188 km Barat Daya Bengkulu Tengah serta 682 km Barat Laut Jakarta.

Gempa kedua berlokasi di 78 kilometer Barat Daya Bengkulu Utara, 78 kilometer Barat Laut Bengkulu, dan 94 kilometer Barat Daya Lebong Bengkulu. Kemudian, 96 kilometer Barat laut Bengkulu Tengah, 644 kilometer Barat Laut Jakarta.

Bengkulu Gempa, BMKG Pastikan Tidak Terjadi Tsunami

Kepala pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, saat dikonfirmasi membenarkan adanya gempa di Bengkulu tersebut. Rahmat juga berkata, dua gempa bumi tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Provinsi Bengkulu sering terjadi Gempa

Sejak bulan mei hingga juni 2020, Provinsi Bengkulu telah digunjang gempa sebanyak 96 kali. Kepalaa BMKG Kepahiang, Litman mengatakan, rincian 96 gempa yang terjadi di bengkulu tersebut sebanyak 65 kali terjadi pada bulan mei, dan 31 kali terjadi pada bulan juni 2020.

Dengan angka tersebut, dapat disimpulkan bahwa Provinsi Bengkulu diguncang dua sampai tiga kali gempa setiap harinya.

Namun, gempa-gempa tersebut terjadi dengan magnitudo yang kecil sehingga tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Penyebab Provinsi Bengkulu sering Gempa

Ada dua kategori yang menyebabkan Provinsi Bengkulu sering dilanda gempa, yakn patahan lempeng Mentawai dan di daratan terdapat dua segmen dari patahan Sumatera yakni segmen Ketahun dan segmen Musi.

Kepalaa BMKG Kepahiang, Litman mengatakan "Kita ini memang daerah rawan gempa yang berasal dari pergerakan patahan lempeng Mentawai, kalau istilahnya jalur subduksi pertemuan dua lempeng".

Dengan kondisi tersebut, Litman menghimbau kepada seluruh masyarakat Bengkulu agar selalu wasapada dan berhati-hati, sebab gempa dapat terjadi kapan saja.

Belum ada Komentar untuk "Bengkulu Gempa, BMKG Pastikan Tidak Terjadi Tsunami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel