5 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik agar Terhindar Hutang

Bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan baik agar Anda selalu happy dan terhindar dari masalah? Kartu kredit sendiri bisa kita ibaratkan seperti pisau, dimana penggunaannya harus tepat, hati-hati dan disiplin agar Anda tidak terluka. Begitu pula dengan kartu kredit, panggunaannya harus tepat agar Anda tidak terjerumus dalam hutang yang besar.

Sebagian banyak masyarakat pada dasarnya belum paham benar dalam mengelola kartu kredit dan bagaimana cara menggunakan dengan bijaksana. Hanya memahami dengan mempunyai kartu kredit artinya memiliki fasilitas sejumlah dana pinjaman yang bisa digunakan untuk belanja, gesek, selesai transaksi.

Memang terlihat lebih mudah tanpa harus membawa uang cash. Namun, hal inilah yang justru membuat orang terlena sehingga mudah terjerat hutang. Untuk itu, Anda bisa membaca cara menggunakan kartu kredit dengan baik dibawah ini agar Anda terhindar dari hutang.

5 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik agar Terhindar Hutang

5 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik agar Terhindar Hutang

1. Jangan Gunakan untuk Bisnis

Kartu kredit dan segala fitur yang diberikan pada dasarnya untuk kebutuhan konsumsi. Sehingga bunga bulanan yang dibebankan cukup tinggi. Namun, sebagian orang, kartu kredit digunakan untuk kegiatan usaha atau bisnis. Sebenarnya boleh-boleh saja sepanjang arus kas yang dihasilkan dari usaha lancar dan cepat berputar, sehingga mampu menutupi pembayaran bulanan.

Jika Anda baru saja ingin memulai usaha atau bisnis, lebih baik jangan pernah menggunakan kartu kredit terlebih dahulu. Karena akan banyak masalah yang terjadi yang diakibatkan oleh penggunaan seperti ini.

2. Hindari Pinjaman KTA

Kredit Tanpa Agunan / KTA sering juga ditawarkan kepada pengguna kartu kredit, namun berbeda dengan tagihan kartu kredit, tagihan pinjaman KTA ini lebih kecil karena jangka waktu yang ditawarkan cukup panjang.

Namun, jangan tergiur dengan angsuran yang lebih ringan, karena bunga yang ditetapkan luamayan besar dan Anda akan dikenakan denda jika ingin melakukan pelunasan dipercepat.

3. Gunakan 60% dari Limit Kartu Kredit

Jika penggunaan kartu kredit Anda melebihi 60%, itu artinya Anda tergolong orang yang butuh uang. Hati-hati, jangan sampai terlena dan sebisa mungkin segera lakukan pengurangan pemakaian.

4. Hindari Tarik Tunai Kartu Kredit di ATM
Jangan pernah melukan tarik tunai mengunakan kartu kredit di ATM, selain biaya tarik tunai yang cukup besar per sekali tarik, bunga tagihan untuk tarik tunai ATM ini cukup tinggi.

5. Hindari Penawaran Asuransi

Hapir semua pengguna kartu kredit akan ditawarkan asuransi melalui telepon oleh pihak penerbit kartu, baik dalam perlindungan, proteksi jiwa dan kecelakaan. Lalu pembayaran premi akan dibebankan melalui kartu kredit setiap bulannya.

Jika Anda tidak membutuhkan asuransi ini atau tidak terlalu penting untuk Anda, katakan "Tidak" dengan cara yang sopan kepada mas/mba yang menawarkan asuransi.

Itulah tadi beberapa tips dalam mengelola atau menggunakan kartu kredit dengan baik. Penggunaan kartu kredit secara bijak, dijamin Anda akan terhindar dari hutang dan gagal bayar alias kredit macet. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik agar Terhindar Hutang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel